26 June 2018

4 Khasiat Tea Tree Oil Untuk Kecantikan

manfaat tea tree oil, mengobati jerawat, tea tree oil

Halodoc, Jakarta – Para wanita yang rajin menggunakan produk kecantikan pasti sudah tidak asing dengan tea tree oil atau minyak pohon teh. Produk ini menjadi populer belakangan ini karena memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi yang cukup kuat. Tanaman ini sendiri berasal dari Australia dan dalam bahasa latin disebut Australia melaleuca alternifolia, dan sudah sejak lama diteliti untuk kesehatan.

Produk ini pun sangat ampuh untuk mengobati luka, membunuh bakteri, virus, dan jamur. Saat ini pun, tea tree oil sudah semakin populer dan digunakan sebagai bahan aktif tambahan dalam berbagai produk rumah tangga dan kosmetik, termasuk pembersih wajah, sampo, minyak pijat, krim kuku, krim tubuh, dan deterjen.

Nah, untuk kamu yang belum familiar dengan tea tree oil, berikut manfaat tea tree oil untuk kecantikan:

  1. Mengobati Jerawat

Apabila kamu memiliki masalah serius dengan jerawat di wajah, tea tree oil bisa menjadi solusi untuk menghilangkannya. Sebab, sebuah penelitian telah menemukan bahwa di dalam tea tree oil terdapat zat yang sama efektifnya dengan benzoil peroksida yang banyak ditemukan pada produk obat jerawat.

Berita baiknya lagi, apabila kamu menggunakan tea tree oil untuk menghilangkan jerawat, kamu akan terbebas dari efek samping seperti kulit kemerahan, kering, bahkan mengelupas. Kamu dapat mencampurkan 5 tetes minyak pohon teh dan dua sendok teh madu untuk digosok pada bagian kulit yang berjerawat. Tunggu selama 5 hingga 10 menit, agar cairan tersebut meresap sempurna. Lalu, kamu dapat membilasnya dengan air hangat.

Baca juga: Ketahui 5 Fakta Tentang Jerawat

  1. Menghilangkan Bau Badan

Untuk kamu yang merasa kurang percaya diri lantaran bau badan kadang terasa tidak sedap, kamu bisa mencoba menggunakan tea tree oil untuk menghilangkan bau tersebut. Langkah yang harus dilakukan sangatlah mudah, kamu hanya perlu mencampurkan tea tree oil, minyak kelapa, dan baking soda. Setelah tercampur rata, oleskan ke bagian tubuh yang menurutmu sering mengeluarkan bau yang tidak sedap seperti di ketiak atau kaki. Oleskan sebelum tidur dan bilas dengan air dingin saat pagi hari. Gunakan secara rutin agar kamu benar-benar terbebas dari bau badan.

  1. Menghilangkan Ketombe dan Menjaga Kesehatan Rambut

Manfaat tea tree oil yang selanjutnya ialah mampu mengusir ketombe yang ada di kepala. Kandungan dalam tea tree oil akan menenangkan kulit mati yang mengelupas pada rambut, bahkan membuat rambut terhindar dari kutu. Kamu dapat mencoba membuat sampo dengan bahan-bahan yaitu 10 tetes tea tree oil, gel lidah buaya, 3 sendok teh santan, dan minyak lavender sebagai pewanginya, campurkan bahan-bahan tadi dan gunakanlah untuk keramas dua hari sekali. Efeknya akan kamu rasakan setelah satu bulan pemakaian.

Baca juga: 5 Bahan Ampuh dan Mudah Usir Ketombe

  1. Meredakan Gatal

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sifat anti-inflamasi yang dimiliki tea tree oil akan meredakan gatal akibat eksim dan psoriasis kulit. Kamu cukup mencampurkan 1 sendok makan minyak kelapa, 5 tetes tea tree oil, dan 2 tetes ekstrak lavender. Campurkan bahan tersebut hingga memiliki tekstur seperti krim kulit. Simpan dalam wadah kecil agar bisa kamu bawa kemana pun kamu pergi.

Itulah keempat manfaat tea tree oil untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Untuk tips kesehatan dengan bahan alami lainnya, tanyakan langsung pada dokter yang sudah terdaftar dan terpercaya melalui aplikasi Halodoc. Kapan lagi bisa berinteraksi dengan ribuan dokter yang standby 24/7 untuk menjawab pertanyaan kamu secara GRATIS? Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang juga!