4 Makanan yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi Pengidap Multiple Sclerosis

4 Makanan yang Dianjurkan untuk Dikonsumsi Pengidap Multiple Sclerosis

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu pernah mendengar penyakit multiple sclerosis? Ya, penyakit ini disebabkan oleh kondisi imun yang memengaruhi sel saraf dalam otak serta tulang belakang. Pada kondisi ini, imun menyerang selaput pelindung saraf atau myelin. Saraf yang rusak mengeras dan membentuk sclerosis. Kerusakan selaput pelindung saraf dapat menghalangi sinyal persyarafan, sehingga komunikasi antara otak dengan bagian tubuh yang lainnya terganggu.

Sebaiknya kenali beberapa jenis multiple sclerosis agar kamu mengerti penanganan yang tepat untuk setiap kondisi. Multiple sclerosis dibagi menjadi 3 jenis yang berbeda, yaitu multiple sclerosis kambuhan, multiple sclerosis progresif sekunder, dan multiple sclerosis progresif primer. Jenis yang paling umum terjadi adalah multiple sclerosis kambuhan.

Baca juga: 6 Fakta tentang Kerusakan Saraf Multiple Sclerosis

Penyakit multiple sclerosis memiliki gejala yang berbeda tiap pengidapnya. Gejala umum seperti kebas atau lemas pada satu kaki, mengalami kelelahan yang parah, gangguan motorik, pusing, cara bicara yang tidak jelas, gangguan mental, dan masalah seksual.

Ada beberapa cara yang dapat meringankan kondisi multiple sclerosis, salah satunya menjaga pola makan. Nah, sebaiknya ketahui jenis makanan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi pengidap multiple sclerosis:

1. Makanan Sumber Vitamin D

Sebaiknya konsumsi ikan salmon, ikan tuna, minyak ikan cod, dan susu yang merupakan makanan sumber vitamin D. Tidak hanya untuk kesehatan tulang, vitamin D dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatur pertumbuhan dan perkembangan jumlah sel dalam tubuh. Hal ini bermanfaat untuk menjaga kekebalan tubuh pengidap multiple sclerosis karena vitamin D dapat membuat jumlah antibodi dalam tubuh bertambah.

2. Biotin

Biotin adalah vitamin yang termasuk dalam kelompok vitamin B kompleks. Ada berbagai makanan yang bisa dikonsumsi untuk menambah asupan biotin dalam tubuh seperti telur, ragi, dan hati.

Baca juga: Benarkah Minum Susu saat Hamil Bisa Mencegah Multiple Sclerosis?

3. Serat

Makanan dengan kandungan serat yang tinggi nyatanya baik dikonsumsi oleh pengidap multiple sclerosis. Serat berfungsi untuk membantu meningkatkan kesehatan, menjaga kesehatan pencernaan dan jantung pengidap multiple sclerosis. Makanan yang menjadi sumber serat adalah sayur, buah, dan kacang-kacangan.

4. Asam Lemak Tak Jenuh Ganda

Kandungan ini bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi tubuh bagi pengidap multiple sclerosis. Diet rendah lemak yang dilakukan oleh pengidap multiple sclerosis bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan gejala pada tubuh. Konsumsi lemak baik untuk tubuh seperti yang terkandung pada ikan salmon, ikan tuna, minyak zaitun dan minyak kedelai.

Jika kamu memiliki keluhan terhadap kesehatan tubuh, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: Multiple Sclerosis Bisa Buat Pengidapnya Sulit Bergerak