08 May 2017

4 Manfaat Alpukat yang Perlu Diketahui

tips, tips dokter, manfaat alpukat, diet, kecantikan, ibu hamil

Halodoc, Jakarta – Teksturnya yang lembut serta warna hijau yang terlihat segar membuat alpukat menjadi buah yang banyak menjadi favorit. Di balik rasa yang lezat dan bisa diolah menjadi berbagai jenis sajian ini, alpukat menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Dilansir dari Medical Daily, menurut Franci Cohen, ahli gizi dari New York, Amerika Serikat, apabila alpukat dikonsumsi dengan cara tepat, maka buah yang satu ini dapat memberikan manfaat besar bagi seseorang yang sedang diet. Bagi ibu hamil, alpukat juga sangat  baik  dikonsumsi karena buah yang satu ini merupakan satu-satunya buah mengandung asam folat tinggi.

Nah berikut ini adalah 4 manfaat alpukat yang perlu diketahui:

1. Alpukat yang Kaya Vitamin
Buah yang satu ini mengandung banyak vitamin, seperti vitamin A, K, D, dan E yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu, alpukat juga mengandung antioksidan karotenoid dan asam lemak omega 3 yang dapat membantu mengatasi inflamasi.

2. Alpukat untuk Diet
Manfaat alpukat berikutnya adalah bagi Anda yang sedang menjalani diet untuk mencapai berat badan ideal. Alpukat dapat diolah menjadi jus segar, dijadikan salad, hingga disantap langsung. Dengan konsumsi alpukat, perut akan terasa kenyang lebih lama.  Selain tiu, dengan rutin mengonsumsi alpukat juga dapat membantu mengurangi kolesterol yang ada di dalam tubuh. Dengan kurangnya kolesterol dalam darah, maka juga akan membuat jantung jadi lebih sehat.

3. Alpukat untuk Ibu Hamil
Manfaat alpukat erat hubungannya dengan ibu hamil. Ini karena dalam satu porsi alpukat dengan berat 3,5 ons memiliki 177 kalori yang dapat membantu membran sel pada janin untuk tumbuh. Dengan bantuan lemak jenuh ini, jutaan sel baru pun akan tumbuh seiring berjalannya waktu. Selain itu, manfaat alpukat untuk ibu hamil pun dapat berguna untuk mencegah terjadinya deformitas pada janin. Deformitas adalah susunan gigi tetap yang tidak teratur yang diakibatkan oleh gangguan rahang pada masa perkembangan janin. Jika ini terjadi akan menyebabkan terlambatnya gigi susu untuk tanggal saat anak semakin bertumbuh.

Selain itu, alpukat pun kaya zat besi yang bermanfaat untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan risiko keguguran semakin tinggi. Untuk itu, penting bagi ibu untuk memenuhi kebutuhan asupan zat besi setiap hari.

Untuk janin, manfaat yang bisa diambil dari alpukat adalah mencegah disabilitas pada bayi setelah lahir. Menurut dokter anak dari University of Louisville School of Medicine, Joseph Hersh, M.D, asam folat telah terbukti menurunkan risiko cacat lahir. Ini karena kandungan asam folatnya dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan otak di dalam kandungan. Untuk itu, disarankan untuk mengonsumsi alpukat setidaknya setengah cangkir untuk mencegah disabilitas pada bayi.

4. Alpukat untuk Kesehatan
Tahukah Anda jika manfaat alpukat lainnya adalah untuk mengurangi peradangan pada lambung. Selain itu, alpukat juga bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena beberapa jenis kanker seperti kanker mulut, kanker kulit, dan kanker prostat.

Oleh karena itu, bicarakan selalu masalah kesehatan Anda dan keluarga dengan dokter yang tepat. Gunakan aplikasi Halodoc untuk dapat menggunakan fitur Contact Doctor. Anda dapat menghubungi dokter kandungan atau obgyn melalui Chat, Voice Call, dan Video Call pada aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang dan rasakan kemudahan berinteraksi dengan dokter.