• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Manfaat Ikan Dori Untuk Tumbuh Kembang Anak

4 Manfaat Ikan Dori Untuk Tumbuh Kembang Anak

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Sebagian besar masyarakat perkotaan pasti lebih akrab dengan daging ayam atau sapi untuk dijadikan makanan sehari-hari. Namun, pasti ada kalanya kamu merasa bosan dengan sajian yang itu-itu saja. Jika kamu sudah mulai bosan dengan daging ayam atau sapi, mengapa tidak mencoba varian lain seperti ikan dori?

Rasa dari ikan dori ini tidak kalah juga lho dengan daging ayam. Dengan pengolahan yang tepat, ikan dori pasti akan menjadi favorit semua kalangan. Harga ikan dori pun relatif murah, sehingga cocok dijadikan alternatif pengganti daging sapi yang harganya jauh lebih mahal.

Ikan dori juga mengandung banyak sekali nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Beberapa kandungan gizi dalam ikan dori antara lain omega 3, yodium, zat besi, magnesium, taurin, selenium, flourida, DHA, EPA, dan lain sebagainya. Dengan padatnya nutrisi di dalam ikan dori, maka manfaat ikan dori untuk tumbuh kembang anak tidak perlu diragukan lagi. Yuk, cari tahu manfaat ikan dori untuk tumbuh kembang anak berikut!

  1. Menyehatkan Mata

Ikan dori juga ternyata mengandung vitamin A serta kalsium yang sangat baik untuk merawat kesehatan mata. Penglihatan anak akan tetap tajam, sehingga dengan mengonsumsinya secara rutin, anak akan terhindar dari gangguan mata seperti mata minus atau silinder. Dengan penglihatan yang baik juga, maka proses belajar anak akan lancar. Sehingga, ia akan lebih mudah menyerap ilmu dan membuatnya semakin berprestasi.

Baca juga: Main di Taman Buat Mata Anak Sehat

  1. Meningkatkan Kecerdasan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kandungan nutrisi yang paling banyak dalam ikan dori adalah omega 3. Otak membutuhkan omega 3 selayaknya tulang membutuhkan kalsium. Penelitian yang dilakukan oleh Laval University dan dipublikasikan dalam Journal of Pediatric juga menyebutkan bahwa apabila sejak hamil ibu sering mengonsumsi omega 3, baik itu dari ikan dori atau makanan lain, darah akan mengalami kenaikan kadar DHA. Sehingga, bayi di dalam kandungan akan memiliki kemampuan yang lebih baik secara kognitif. Kebiasaan mengonsumi ikan dori pun akan sangat baik jika diteruskan saat bayi lahir lewat MPASI atau makanan sehari-hari lainnya.

  1. Memperkuat otot

Dengan mengonsumsi ikan dori secara rutin, maka otot anak akan menjadi semakin kuat.  Kandungan nutrisi dan vitamin yang ada pada ikan dori dapat memberikan manfaat yang besar dalam membentuk dan memelihara sel dan jaringan otot anak, sehingga ototnya akan jauh lebih kuat. Otot yang kuat ini akan mendukung anak dalam beraktivitas fisik yang biasanya ia lakukan setiap hari saat bermain dengan teman-teman sebayanya.

  1. Menyehatkan Pencernaan

Kesehatan pencernaan dalam tubuh anak adalah hal yang sangat penting untuk dijaga. Untuk itu, anak perlu mengonsumsi aneka bahan makanan yang mempunyai fungsi menjaga sistem pencernaan, salah satunya adalah ikan dori. Salah satu manfaat ikan dori untuk tumbuh kembang anak adalah menyehatkan sistem pencernaannya, sehingga menjadi lebih lancar.

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Bayi

Nha, jika anak bosan juga mengonsumsi ikan dori yang digoreng tepung, ibu dapat mengkreasikannya dengan cara menjadikannya sup atau dicampur dengan kentang dan digoreng menjadi bola-bola dori. Jika ibu memiliki masalah terkait kesehatan anak dan butuh saran dokter, gunakan segera aplikasi Halodoc! Lebih mudah menghubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan rekomendasi terbaik dan tips menjaga kesehatan dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!