• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

4 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 02 Desember 2022

“Sama seperti buah citrus lainnya, jeruk nipis juga kaya akan vitamin C dan nutrisi lainnya yang penting untuk tubuh. Berkat kandungan tersebut, manfaat jeruk nipis bisa meningkatkan kekebalan tubuh hingga mengatasi gangguan pernapasan.”

4 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui4 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Halodoc, Jakarta – Punya rasa asam yang menyegarkan membuat jeruk nipis sering digunakan sebagai bahan pelezat makanan, terutama makanan berkuah, seperti soto, sop, mie ataupun sambal. Seperti buah jeruk lainnya, jeruk nipis juga kaya akan vitamin C dan nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan, lho.

Meskipun ukurannya kecil, tapi menambahkan perasan jeruk nipis ke dalam makanan atau minuman ternyata bisa membantumu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian. Hal itu karena jeruk nipis mengandung vitamin C, vitamin B1, B2, B3, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, tembaga dan masih banyak lagi. Berkat nutrisi tersebut, ada banyak manfaat jeruk nipis untuk kesehatan.

Sejumlah Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

Berikut beberapa mafaat mengonsumsi jeruk nipis untuk kesehatan:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C pada jeruk nipis yang tinggi bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut penelitian, mengonsumsi nutrisi tersebut bisa mempersingkat durasi dan tingkat keparahan pilek. Selain vitamin C, jeruk nipis juga merupakan sumber antioksidan yang bisa menjaga sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

meningkatkan kekebalan tubuh

2. Melancarkan pencernaan

Sifat asam dalam jeruk nipis bisa membantu air liur memecah makanan. Selain itu, kandungan flavonoid dalam air perasan buah tersebut juga bisa merangsang pengeluaran enzim-enzim pencernaan. Dengan begitu, mengonsumsi jeruk nipis bisa merangsang pergerakan usus yang membuat pencernaan menjadi lebih lancar, sehingga kamu pun bisa terhindar dari sembelit.

Melancarkan pencernaan

3. Membantu menurunkan berat badan

Selain memperlancar pencernaan, kandungan asam sitrat pada jeruk nipis juga bisa meningkatkan laju metabolisme tubuh. Hal ini berdampak pada pembakaran kalori yang lebih banyak. 

Metabolisme tubuh yang optimal juga bisa mengurangi penyimpanan di lemak. Itulah mengapa menurunkan berat badan menjadi manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang sudah dikenal banyak orang.

Menurunkan berat badan

4. Mengatasi gangguan pernapasan

Kamu mungkin pernah mendapat anjuran untuk meminum air jeruk nipis untuk mengatasi batuk atau sakit tenggorokan. Nyatanya, salah satu manfaat jeruk nipis untuk kesehatan adalah mengurangi rasa sakit pada tenggorokan akibat batuk. Hal itu berkat kandungan vitamin C dan minyak atsiri di dalamnya.

Gangguan Pernapasan

Bila kamu sakit atau memiliki masalah kesehatan tertentu, coba periksakan diri ke dokter dengan buat janji temu dokter di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi:
Kementerian Kesehatan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. Diakses pada 2022. 7 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Tubuh.
Healthline. Diakses pada 2022. Limes: A Citrus Fruit with Powerful Benefits.