07 February 2018

4 Manfaat Tai Chi untuk Pernapasan

4 Manfaat Tai Chi untuk Pernapasan

Halodoc, Jakarta – Mirip seperti yoga, tai chi juga merupakan olahraga berbentuk meditasi yang sangat baik untuk melatih pernapasan. Dengan gerakan yang lembut, gemulai, lambat, dan beraturan, olahraga tai chi mengajarkan teknik pernapasan yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan meredakan penyakit yang berhubungan dengan pernapasan.

Pengertian Napas Tai Chi

Ada dua jenis cara bernapas, yaitu pernapasan perut atau diafragma dan pernapasan dada. Orang-orang bernapas umumnya dengan menggunakan pernapasan dada. Ciri-cirinya bisa dilihat dari tulang rusuk terangkat dan dada mengembang pada saat menghirup napas, serta tulang rusuk turun dan dada mengempis saat buang napas. Sedangkan ciri-ciri pernapasan perut dilihat dari perut mengembang dan diafragma berkontraksi ke bawah saat menghirup napas, serta perut mengempis dan diafragma melengkung ke atas saat buang napas.

Napas tai chi bukanlah jenis pernapasan di luar dari pernapasan dada dan perut, tapi napas tai chi menekankan pada prinsip-prinsip bagaimana kedua jenis pernapasan tersebut seharusnya dilakukan. Napas tai chi melatih agar pernapasan dapat dilakukan dengan prinsip-prinsip alamiah, secara panjang, dalam dan berirama. Menurut tai chi, pernapasan dada dan perut sama baiknya. Napas dada lebih bermanfaat untuk keseimbangan tubuh, dan napas perut lebih efektif untuk keseimbangan jiwa. Namun, jika kedua jenis pernapasan tersebut dilakukan dengan prinsip pernapasan tai chi, maka bisa memberikan manfaat yang optimal untuk kesehatan.

Prinsip pernapasan tai chi:

  • Secara alamiah. Setiap orang sudah bernapas secara alamiah, yaitu menghirup napas (inhale) dan menghembuskan napas (exhale). Lakukan pernapasan ini seperti biasanya, tanpa ditahan atau dimain-mainkan.
  • Panjang dan dalam. Kamu hanya perlu bernapas secara alami, tapi dalam waktu yang lebih lama dibanding yang biasa kamu lakukan sehari-hari. Inilah maksudnya napas yang panjang dan dalam.
  • Berirama. Yang dimaksud dengan napas berirama adalah menyesuaikan waktu yang diperlukan untuk menghirup napas dengan waktu yang diperlukan untuk membuang napas.  Jadi, jika kamu butuh waktu 10 detik untuk menghirup napas, maka kamu juga harus membuang napas selama 10 detik.

Manfaat Napas Tai Chi

Walaupun terkesan sepele, tapi berlatih pernapasan ala tai chi terbukti dapat memberikan sejumlah manfaat:

  1. Menyehatkan Paru-paru

Bernapas dengan prinsip pernapasan tai chi tidak hanya akan menyehatkan paru-paru, tapi juga memungkinkan paru-paru untuk mengoptimalkan fungsinya, sehingga bisa mencapai kapasitas vitalnya dengan maksimal. Dengan demikian, akan semakin banyak oksigen yang dapat diikat oleh hemagolobin dalam darah, sehingga metabolisme dalam tubuhmu akan semakin lancar. Sirkulasi darah dan cairan yang lancar dalam tubuh berkat napas tai chi pun bisa membuat rambutmu tumbuh subur dan berkilau dan kulit menjadi bercahaya.

  1. Meredakan Stres

Saat berlatih tai chi, kamu bisa memusatkan pikiran atau meditasi dengan melakukan gerakan yang lembut, lambat dan berirama sambil mempraktekkan prinsip pernapasan tai chi. Hasilnya, tubuh dan pikiranmu pun akan tenang dan rasa stres pun mereda.

  1. Meredakan Asma

Teknik pernapasan tai chi membuatmu bernapas dengan maksimal dalam waktu yang lama, sehingga otot-otot pernapasan yang lain, seperti otot leher pun akan ikut bekerja. Bagi pengidap asma, latihan pernapasan ini bermanfaat untuk meredakan asma.

  1. Bikin Awet Muda

Pada tahun 2015, para peneliti menemukan bahwa relawan yang berpartisipasi dalam tai chi memiliki sejumlah sel CD 34+ yang lebih tinggi dalam jumlah cukup signifikan dibanding kelompok relawan yang tidak berolahraga sama sekali. Dengan demikian, tai chi terbukti bermanfaat membuat kulit tetap awet muda, karena CD 34+ merupakan sel yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan sel baru dan pembaruan sel dalam tubuh.

Itulah manfaat melatih pernapasan dengan mengikuti olahraga tai chi. Jika kamu mengalami masalah pernapasan, kamu bisa langsung bertanya kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk meminta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Kini kamu juga bisa melakukan tes kesehatan melalui fitur Lab Service yang terdapat pada aplikasi Halodoc Jika kamu membutuhkan vitamin atau produk kesehatan tertentu, kamu tidak perlu repot-repot lagi keluar rumah. Tinggal order melalui Halodoc dan pesananmu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.