15 May 2018

4 Masalah Kecantikan yang Muncul Saat Puasa

Masalah Kecantikan yang Muncul Saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Puasa merupakan salah satu kegiatan yang diyakini bisa berguna untuk kesehatan. Meski begitu, tidak jarang saat berpuasa kamu merasakan kekurangan tenaga, sehingga membatasi kegiatan termasuk dalam hal merawat kecantikan dan memperhatikan penampilan. Terkadang, kurangnya waktu untuk merawat dan memperhatikan diri dapat membuat kamu mengalami masalah kecantikan saat puasa.

Tidak mengonsumsi makanan dan minuman dalam waktu yang cukup lama memang akan membuat kulit kamu terlihat lebih kering dan kusam. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Ya, untuk itu sangat penting untuk memperhatikan asupan-asupan nutrisi yang kamu konsumsi saat berbuka dan sahur.

Tidak ada salahnya kamu menyempatkan waktu untuk melakukan perawatan agar kesegaran dan kecantikan tubuh kamu terjaga. Selain itu, dengan menjaga dan merawat kecantika, saat hari raya nanti kamu akan terlihat lebih segar dan terhindar dari beberapa masalah kecantikan yang kerap muncul saat puasa.

  1. Kulit Kering

Kurangnya asupan air pada tubuh tentu akan membuat kulit kamu menjadi lebih kering. Perhatikan kebutuhan air yang dibutuhkan oleh tubuhmu, sebab kelembapan kulit juga harus dijaga untuk kesehatan kulit kamu. Pastikan kamu mengonsumsi air yang cukup pada saat sahur dan berbuka puasa. Kurangi konsumsi soda dan kafein pada malam hari, sebab soda dan kafein dapat menyerap mineral yang ada dalam tubuh, sehingga menyebabkan kulitmu akan semakin terasa kering.

Tidak hanya memperhatikan asupan air pada tubuh, pada saat mandi atau cuci muka, sebaiknya gunakan air dingin. Usahakan untuk menghindari air hangat. Pasalnya, air hangat dapat mengakibatkan hilangnya lapisan lemak pada epidermis kulit, sehingga membuat kulit semakin kering.

  1. Jerawat

Masalah kecantikan saat puasa lainnya yang sering muncul adalaah jerawat. Kekurangan cairan tubuh selama berpuasa bisa menimbulkan jerawat pada tubuh khususnya pada wajah. Selain itu, kurangnya waktu istirahat juga bisa semakin memicu jerawat untuk tumbuh di bagian tubuh dan wajah kamu. Oleh karena itu, pastikan kebutuhan cairan tubuhmu terpenuhi selama berpuasa dengan cara meminum 2 gelas air putih ketika sahur, 2 gelas ketika berbuka puasa, dan 3 gelas sebelum tidur.

Saat berbuka puasa, kurangi juga makanan yang mengandung minyak berlebih. Selain itu, jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung santan. Sebab, dikhawatirkan akan membuat jerawat kamu semakin parah. Mengonsumsi buah-buahan yang mengandung manis alami dan mengandung banyak air juga sangat dianjurkan untuk menu berbuka puasa ataupun sahur kamu, sehingga badan tetap sehat dan wajah kamu terhindar dari jerawat.

  1. Mata Sembap

Terkadang saat menjalankan ibadah puasa, rasa kantuk akan terasa sangat menyiksa. Mata pun akan sering terlihat sayu dan sembap. Nah, salah satu cara untuk menghilangkan mata sembap adalah dengan beristirahat yang cukup.

Tidurlah lebih cepat agar keesokan harinya wajahmu terlihat lebih segar dan mata sembap juga akan memudar. Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih yang cukup untuk kebutuhan cairan tubuh. Jangan lupa juga saat sahur dan berbuka puasa untuk mengonsumsi sayur dan buah yang mengandung vitamin A untuk meningkatkan kesehatan mata kamu.

  1. Kulit Wajah Kusam

Terbiasa berbuka puasa dengan makanan yang mengandung minyak berlebih seperti gorengan, nyatanya bisa membuat kulit wajah kamu terlihat kusam, lho. Kurangi berbuka dengan makanan yang mengandung minyak berlebih dengan cara mengganti menu berbuka kamu dengan sayuran. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi air secukupnya. Selain itu, perhatikan waktu istirahat kamu. Sebab, kurangnya waktu istirahat ternyata juga mampu memicu kulit wajah menjadi kusam. Waktu tidur sangat penting bagi sel kulit untuk memperbaiki diri. Pada saat kita tidur, proses regenerasi kulit akan berjalan dengan optimal.

(Baca juga: 6 Tips Atasi Kulit Kering & Kusam Selama Berpuasa)

Jangan lupa mengonsumsi makanan yang bernutrisi saat menjalankan ibadah puasa, ya. Jika kamu ingin bertanya mengenai masalah kesehatan kulit saat puasa, kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.