04 August 2017

4 Metode Cara Mendeteksi Gejala Awal Stroke

4 Metode Cara Mendeteksi Gejala Awal Stroke

Halodoc, Jakarta - Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah, sehingga terjadi kematian sel-sel pada sebagian area di otak. Stroke adalah kondisi kesehatan yang serius dan membutuhkan penanganan cepat. Ketika pasokan darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak terputus, maka sel-sel otak akan mulai mati.

Mengenal Gejala Awal stroke
Stroke merupakan gangguan fungsi otak yang terjadi karena terhentinya suplai darah ke otak, baik karena sumbatan (stroke iskemik) ataupun karena pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik). Stroke terjadi secara mendadak, kapanpun dan di manapun, saat beristirahat maupun saat beraktivitas. Untuk itu kamu harus mengenali gejala stroke sedini mungkin dengan langkah mudah. FAST (Face, Arms, Speech dan Time) untuk mendeteksi gejala awal stroke. Gejala stroke pada setiap orang bisa berbeda-beda dan biasanya muncul secara mendadak. Karena otak memiliki bagian tertentu untuk fungsi tertentu, maka gejala stroke akan tergantung pada bagian otak mana yang terkena, sehingga yang terganggu adalah fungsi bagian otak tersebut. FAST adalah metode mengenali gejala awal stroke dengan mudah agar cepat dapat ditangani. Berikut penjelasan FAST secara lebih lengkap:
 

  • FACE (Wajah) – Wajah bisa mengalami lumpuh sebelah, dapat diamati dan terlihat ketika tersenyum sudut bibir hanya mengangkat sebelah atau mata terlihat terkulai. Bedakan ini dengan lumpuh wajah sebelah.
  • ARMS (Lengan) – Seseorang yang mengidap stroke dicurigai ketika tidak mampu mengangkat salah satu atau kedua lengannya karena lemah, disamping itu lengan juga bisa mengalami hilang rasa, bisa juga mengalami kesemutan.
  • SPEECH (Bicara) – Bicara cadel atau pelo, bahkan tidak dapat berbicara sama sekali meski terlihat sadar.
  • TIME (Waktu) - Sangat penting untuk kamu selalu ingat tanda-tanda stroke di atas, terlebih lagi apabila saat ini kamu hidup bersama atau sedang merawat seseorang yang berisiko tinggi, jika kamu melihat 3 gejala tersebut, bawalah pengidap stroke tersebut ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan.


Berikut Adalah Beberapa Gejala Awal Stroke yang Perlu Diwaspadai :

1.  Hilang Rasa atau Lemah Pada Satu Sisi Tubuh

Perlu diwaspadai apabila orang yang dicurigai mengidap stroke akan mengalami kesulitan untuk menggerakkan lengan atau mengendalikan jari tangan atau pun kaki. Misalnya, ketika mengangkat kedua tangan, tangan yang satu akan menjadi lebih tinggi dibandingkan tangan yang lain.

2.  Kebingungan dan Kesulitan Berbicara
Seseorang yang mengalami stroke secara tiba-tiba akan mengalami masalah ketika berbicara. Bahkan, beberapa di antaranya juga mengalami penurunan pemahaman.

3.  Pengelihatan Mendadak Terganggu
Gangguan penglihatan yang datang secara tiba-tiba merupakan gejala stroke yang umum. Mereka mungkin tidak akan mampu melihat jelas dengan satu mata, atau mungkin mengalami kesulitan untuk melihat ke kanan atau kiri.

4.  Kesulitan Berjalan dan Kehilangan Keseimbangan
Terlihat seperti orang mabuk ketika berjalan, tersandung, atau bahkan jatuh adalah gejala stroke. Tanda-tanda serupa lainnya seperti berjalan dengan kaki terbuka lebar atau secara tiba-tiba kehilangan kemampuan motorik halus, seperti tidak mampu untuk menulis juga patut diwaspadai.

5.  Sakit Kepala Parah Secara Tiba-Tiba Tanpa Diketahui Penyebabnya
Sakit kepala tidak selalu identik dengan gejala stroke. Tetapi, jika sakit kepala menyerang tiba-tiba atau sangat intens, hal tersebut patut untuk diwaspadai. Jika leher kaku, nyeri pada wajah, atau muntah yang disertai sakit kepala bukan tidak mungkin akan menyebabkan terjadinya pendarahan intrakranial, juga dikenal sebagai stroke merah (red stroke).


Kamu ingin berbicara dengan dokter spesialis tentang gejala awal stroke? Kamu bisa melakukannya lewat aplikasi kesehatan Halodoc. Dengan aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya sekaligus berdiskusi mengenai gejala stroke bersama dokter spesialis terbaik dan kamupun bisa melakukan chat, video call atau voice call. Download aplikasi Halodoc pada Google Play dan App Store sekarang juga untuk menggunakannya.

Baca Juga: Cegah Sedari Dini Ketahui Penyebab Stroke Ringan