14 November 2016

4 Mitos & Fakta Diabetes yang Harus Diketahui

diabetes, mitos fakta diabetes, gejala diabetes

HaloDoc, Jakarta – Pernahkah Anda mengonsumsi sayuran kangkung? Kalau iya, kemungkinan Anda pernah dengar kalau mengonsumsi kangkung dapat menyebabkan ngantuk.

Jadi Anda harus menghindari makan makanan ini di siang hari kalau tidak ingin konsentrasi Anda terganggu saat bekerja. Benarkan demikian? Ternyata itu cuma mitos lho, karena belum ada penelitian yang menunjukan kalau kangkung bisa membuat Anda mengantuk.

Lalu bagaimana dengan diabetes? Ada banyak mitos dan fakta tentang diabetes, yuk cari tahu berikut ini.

 
 

Mitos 1: Penderita diabetes sebaiknya menghindari makanan yang mengandung gula.

Faktanya, penderita diabetes diperbolehkan mengonsumsi makanan manis favorit dengan syarat tidak berlebihan. Artinya, jika memang ingin mengonsumsi makanan penutup yang manis, diskusikan dengan dokter terlebih dulu. Jika dokter sudah memberikan lampu hijau, Anda boleh memasukkannya dalam daftar menu makanan setiap harinya.

 
 
 

Mitos 2: Diet tinggi protein dipercaya sangat baik bagi penderita diabetes.

Faktanya, penelitian justru menemukan konsumsi protein berlebihan terutama yang berasal dari hewani dapat menyebabkan resistensi insulin yang merupakan inti dari diabetes. Oleh karena itu lebih baik menjalani pola makan yang terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak secara seimbang. Tubuh kita membutuhkan ketiga nutrisi tersebut, sehingga pola makan seimbang adalah yang terbaik bagi penderita diabetes.

 
 
 

Mitos 3: Mengurangi besar-besaran konsumsi karbohidrat dianggap baik bagi penderita diabetes.

Faktanya, pola makan seimbang adalah yang terbaik. Oleh karena itu konsumsi karbohidrat pun harus diatur dengan tepat sesuai porsinya, bukan diberhentikan sama sekali. Jika terlalu fokus mengurangi karbohidrat justru memangkas sumber serat yang dibutuhkan tubuh. Akibatnya kadar gula darah justru dapat meningkat.

 
 
 

Mitos 4: Jika terkena diabetes, Anda tidak akan bisa makan seperti orang normal.

Faktanya, makanan yang sehat bagi penderita diabetes maupun bagi yang tidak adalah sama. Anda tetap bisa makan menu yang sama dengan keluarga dan teman, hanya saja pola makannya sedikit berbeda. Anda harus mulai memperhatikan pola asupan berimbang antara karbohidrat, protein, dan lemak. Yang terpenting adalah berolahraga untuk menstabilkan gula darah.

 
 

Mencegah diabetes lebih baik daripada mengobati. Saat Anda merasa perlu bicara dengan dokter, gunakan HaloDoc dan temui dokter Anda sekarang juga. Download aplikasinya sekarang sekarang di App Store dan Google Play.