22 March 2018

4 Mitos Hamil Muda yang Perlu Diketahui Calon Ibu

4 Mitos Hamil Muda yang Perlu Diketahui Calon Ibu

Halodoc, Jakarta – Ada banyak larangan yang sebenarnya hanyalah mitos hamil muda saja. Justru sebagian yang dilarang tersebut malah menyehatkan atau malah disarankan untuk dilakukan ibu, seperti 4 hal yang diuraikan di bawah ini. Nah, supaya tidak salah informasi lagi, yuk cari tahu 4 mitos hamil muda yang salah kaprah berikut ini:

  1. Minum Air Kelapa Bisa Bikin Bayi Terlahir dengan Kulit Bersih

Sebenarnya tidak ada hubungan antara minum air kelapa selama masa awal kehamilan supaya bayi terlahir dengan kulit bersih. Ya, memang air kelapa punya banyak manfaat untuk ibu hamil, antioksidan pengganti elektrolit yang terbuang karena muntah-muntah di awal kehamilan, melancarkan sirkulasi darah dan mencegah infeksi saluran kemih. Segudang manfaat dari air kelapa tidak ada satupun yang terkait dengan bayi terlahir dengan kulit bersih, itu hanya mitos hamil muda saja.

  1. Kalau Lagi Ngidam Harus Dituruti Kalau Tidak Anaknya Bakal “Ngeces”

Sebenarnya tidak ada penelitian yang benar-benar pasti yang menjelaskan kenapa ibu bisa menginginkan sesuatu dengan sebegitunya. Kondisi ini hormonal, sama seperti kalau wanita menjelang menstruasi pasti nafsu makannya gila-gilaan ataupun senang dengan makanan manis.

Begitu juga dengan ibu hamil, ngidam jadi semacam sinyal, kalau ibu hamil sedang membutuhkan makanan dengan kandungan tertentu. Misalnya tiba-tiba pengin makan burger, berarti memang sedang membutuhkan makanan dengan kandungan protein. Jadi, soal nantinya anak jadi “ngeces” jelas tidak ada keterkaitannya dengan kesehatan ibu saat hamil. (Baca juga 6 Trik Melakukan Treatment Kecantikan Saat Hamil)

  1. Jangan Terlalu Sering Melakukan Hubungan Intim

Ada banyak pasangan yang takut melakukan hubungan intim saat usia kandungan masih muda. Takutnya janin akan terkena Mr P atau kontraksi orgasme menyebabkan keguguran, kedua hal ini tidak perlu dirisaukan. Hubungan intim dapat dilakukan seperti biasa. Tapi ada baiknya penetrasi dilakukan pelan-pelan dan biasanya payudara menjadi sensitif ketika disentuh. Ada beberapa posisi berhubungan intim yang tiba-tiba jadi favorit pasangan setelah sebelum-sebelumnya tidak, ini terjadi karena perubahan hormonal dan wajar. Intensitas berhubungan intim tetap bisa dilakukan seperti biasa, malahan bisa jadi lebih sering. Wanita yang hamil seolah tampil glowing dan bikin pasangan makin turn on.

  1. Tidak Boleh Makan Seafood

Ini adalah mitos hamil muda yang tidak sepenuhnya benar. Ibu hamil boleh mengonsumsi seafood karena beberapa ikan mengandung omega 3 yang menyehatkan demikian juga protein dan kalsium. Tapi, tidak semua ikan baik untuk dikonsumsi karena ada juga ikan yang mengandung merkuri dan berbahaya untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Apalagi di masa-masa awal kehamilan, harus benar-benar diperhatikan asupan makanannya untuk menghindari janin terindikasi penyakit tertentu karena kandungan berbahaya yang dimakan ibu. Seafood yang dimakan sebaiknya dimasak dengan cara yang benar alias matang.

Kalau ibu hamil punya pertanyaan lain seputar mitos hamil muda, makanan dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan kesehatan kandungan selama masa kehamilan, bisa ditanyakan langsung Halodoc. Cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor orangtua bisa memilih ngobrol lewat Video/Voice Call atau Chat dan langsung terhubung dengan dokter-dokter spesialis di bidangnya.