• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Perawatan Wajah yang Penting Dilakukan Memasuki Masa Menopause

4 Perawatan Wajah yang Penting Dilakukan Memasuki Masa Menopause

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
4 Perawatan Wajah yang Penting Dilakukan Memasuki Masa Menopause

Halodoc, Jakarta - Jika kamu memasuki masa menopause, maka bersiaplah dengan beberapa gejala seperti hot flashes, keringat malam, insomnia, penambahan berat badan, sensitif, dan perubahan pada kulit wajah. Perubahan kulit wajah terjadi karena lapisan kulit paling tebal mulai sensitif terhadap perubahan hormon yang menyertai hormon. 

Biasanya memasuki masa menopause, kulit menjadi lebih kering dan lebih sensitif karena penurunan kadar estrogen, dan ini terjadi dalam lima tahun pertama menopause. Wanita menopause dapat kehilangan 30 persen kolagen, sehingga menjadi masalah besar karena kulit yang terlihat lebih tipis dan mulai menunjukkan garis dan kerutan yang lebih jelas. Bagaimana perawatan wajah yang harus dilakukan?

Baca juga: Kerutan di Bawah Mata Mengganggu? Ini Cara Mengatasinya

Perawatan Wajah Penting Memasuki Masa Menopause

Masa menopause juga mempengaruhi perubahan pada kulit. Reseptor estrogen di kulit yang berperan dalam produksi sebum, mengalami penurunan. Penurunan estrogen ini juga menyebabkan penurunan ketebalan kulit, sehingga kamu mungkin melihat banyak kulit yang mulai kendur dan volumenya berkurang.

Untuk itu, penting untuk melakukan perawatan wajah saat memasuki masa menopause, yaitu:

  • Lakukan Hidrasi pada Kulit Wajah

Kulit kering adalah gejala yang dikeluhkan oleh wanita yang memasuki usia menopause. Inilah saatnya kamu mulai beralih pada produk skin care yang lebih melembapkan.

Gunakan pembersih wajah yang berbentuk krim. Sebaiknya, hindari juga produk skincare yang berbentuk busa, gel, atau bahan aktif seperti asam alfa hidroksi, yang dapat mengeringkan kulit wajah. 

Gantilah pelembap harian dengan krim malam untuk diaplikasikan sebelum tidur. Krim malam lebih bekerja efektif dibanding lotion wajah harian yang ringan, di mana lotion dapat menahan air ke dalam kulit.

Saat menentukan krim malam, pilihlah produk yang mengandung ceramide, karena kandungan ini bermanfaat untuk melembapkan kulit wajah dan mengencangkan. 

Baca juga: Tips Mudah Untuk Selalu Tampil Awet Muda

  • Atasi Keriput dengan Kandungan Retinol

Retinoid atau retinol adalah kandungan yang perlu kamu perhatikan. Turunan vitamin A ini dapat kamu peroleh dari resep dokter atau tanpa resep. Retinol bermanfaat untuk mencerahkan kulit dan meningkatkan ketebalan kulit. Karena selama menopause, ketebalan kulit akan menurun. 

Retinoid adalah kandungan dalam skincare yang dibutuhkan saat memasuki masa menopause. Hanya saja yang perlu diperhatikan bahwa retinoid dapat membuat kulit semakin kering. Untuk itu, kamu cukup menggunakannya sedikit (sebesar kacang polong) sebanyak satu atau dua kali seminggu. Jangan lupa untuk menambahkan pelembap baik di malam hari, pagi, dan siang hari untuk mencegah kekeringan. 

Kamu juga bisa menggunakan kandungan retinoid yang lebih ringan yang biasanya diformulasikan untuk kulit sensitif. Jika kamu merasa retinoid atau retinol tidak bekerja dengan baik di kulit kamu, maka carilah produk skincare yang mengandung peptida, yaitu protein yang meningkatkan produksi kolagen. 

  • Wajib Pakai Sunscreen!

Sebenarnya setiap orang harus melindungi kulit dari sinar matahari sejak dini. Sunscreen penting untuk digunakan oleh setiap usia, terlebih lagi saat masa menopause.

Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 ke area kulit wajah dan kulit terbuka lainnya sebelum bepergian. Sebab, jumlah estrogen yang berfungsi melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan paparan sinar UV sudah menurun di masa menopause. 

Baca juga: Menopause, Ini 5 Hal yang Perlu Diketahui

  • Pilih Produk Perawatan Kulit yang Mengandung Antioksidan

Kandungan antioksidan juga perlu kamu pertimbangkan, karena ia dapat mengatasi bintik-bintik coklat yang bermunculan. Vitamin C adalah antioksidan yang teruji dan direkomendasikan oleh banyak dokter kulit. 

Itulah setidaknya perawatan wajah yang paling dasar dan penting untuk kamu lakukan saat memasuki masa menopause. Kemungkinan masih ada perawatan tambahan lainnya yang perlu dilakukan.

Kamu dapat berdiskusi dengan dokter kulit melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan saran yang tepat sesuai dengan kondisi kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga, ya!

Referensi:
American Academy of Dermatology. Diakses pada 2020. Caring for Your Skin In Menopause
Everyday Health. Diakses pada 2020. How to Care for Your Skin as You Approach Menopause
NCBI. Diakses pada 2020. Skin care during the menopause period: noninvasive procedures of beauty studies