• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Ramuan Tradisional untuk Kecantikan yang Bisa Dicoba

4 Ramuan Tradisional untuk Kecantikan yang Bisa Dicoba

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
4 Ramuan Tradisional untuk Kecantikan yang Bisa Dicoba

“Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat wajah. Tidak harus mahal, nyatanya kamu bisa gunakan ramuan tradisional untuk kecantikan di rumah, loh. Mulai dari menggunakan kayu manis, putih telur, madu, hingga lemon. Semuanya bisa kamu gunakan sesuai dengan jenis kulit kamu dan digunakan sebagai masker wajah.”

Halodoc, Jakarta – Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat. Mulai dari mengunjungi dokter kecantikan, hingga melakukan perawatan secara mandiri di rumah. Tidak harus selalu mahal, nyatanya kamu bisa mencoba untuk menggunakan ramuan tradisional untuk kecantikan.

Biasanya, ramuan tradisional untuk kecantikan digunakan agar kondisi kesehatan kulit wajah menjadi lebih optimal. Tidak hanya asal menggunakan, kamu juga harus mengetahui kebutuhan dan jenis wajah agar manfaat dari ramuan tradisional yang kamu gunakan semakin optimal. Yuk, simak beberapa ramuan tradisional untuk kecantikan yang bisa dicoba!

Baca juga: Ingin Wajah Cerah? Coba Masker Alami Ini

Inilah Beberapa Ramuan Tradisional untuk Kecantikan

Tidak harus menggunakan produk-produk kecantikan dengan harga yang selangit, kamu juga bisa merawat kulit wajah dengan menggunakan ramuan tradisional. Selain lebih alami dan mengurangi risiko efek samping, beberapa ramuan tradisional ini juga bisa kamu dapatkan dengan mudah di rumah.

Berikut ini beberapa ramuan tradisional untuk kecantikan yang bisa kamu gunakan di rumah:

  1. Masker Madu dan Air Lemon

Tentunya sudah banyak yang tahu bahwa madu memiliki banyak manfaat bagi kecantikan. Madu memiliki kandungan alami yang berfungsi sebagai antibakteri, antioksidan, dan juga eksfoliasi. Selain madu, air perasan lemon juga dinilai memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk wajah. Mulai dari antioksidan, antijamur, bahkan dipercaya efektif untuk mencerahkan kulit wajah.

Kamu bisa menggunakan kombinasi antara madu dan air lemon sebagai masker wajah untuk beberapa kondisi wajah. Misalnya, wajah yang berjerawat dan kemerahan. Namun, pastikan sebelum menggunakan masker madu dan air lemon tidak ada luka pada wajah. Jangan terlalu banyak menggunakan air lemon karena dikhawatirkan dapat menimbulkan efek samping, seperti iritasi kulit.

Baca juga: Amankah Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami?

  1. Masker Putih Telur

Tidak ada salahnya mencoba gunakan putih telur sebagai masker wajah. Kandungan protein yang terdapat dalam putih telur dinilai efektif untuk mengencangkan kulit wajah dan mengatasi kulit wajah yang berminyak.

Caranya, kamu tinggal memisahkan putih telur dengan kuning telur. Setelah terpisah, oleskan putih telur secara perlahan dan merata pada wajah. Pastikan wajah telah dibersihkan dan kamu juga menggunakan alat yang steril untuk mengoleskan putih telur ke wajah. Biarkan mengering secara alami dan baru kamu bilas dengan air.

  1. Masker Oatmeal dan Pisang

Bukan hanya untuk sarapan, loh. Nyatanya menggunakan campuran oatmeal dan pisang sebagai masker wajah bermanfaat untuk kamu yang memiliki jenis kulit wajah kering. Campuran oatmeal dan pisang untuk masker wajah bisa membuat kulit wajah menjadi lebih halus dan lembap.

  1. Masker Kayu Manis dan Madu

Siapa bilang kayu manis hanya bisa kamu gunakan untuk membuat makanan atau minuman? Nyatanya, kayu manis bisa kamu gunakan sebagai masker wajah. Kamu bisa mengombinasikan kayu manis dengan madu. 

Manfaatnya? Kamu bisa mengatasi masalah jerawat karena adanya kandungan antibakteri dalam kayu manis. Tidak hanya itu, kandungan antioksidan dalam kayu manis membuat kulit menjadi lebih sehat dan mencegah munculnya tanda penuaan dini.

Baca juga: 6 Buah yang Bisa Disulap Menjadi Bahan Masker Wajah Alami

Apakah kamu tertarik menggunakan ramuan tradisional untuk kecantikan? Sebaiknya hentikan penggunaan ramuan tradisional ini jika kamu mengalami kemerahan atau iritasi pada kulit wajah.

Segera lakukan pemeriksaan pada dokter kulit menggunakan Halodoc dan ketahui penanganan yang tepat. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:

Health Shots. Diakses pada 2021. If You Haven’t Been Using Dalchini on Your Face, Then You’re Seriously Missing Out.

Get Inspired Everyday. Diakses pada 2021. Oatmeal Banana Facial Mask.

Medical News Today. Diakses pada 2021. Are Egg White Face Masks Good For Your Skin?

Healthline. Diakses pada 2021. Are There Benefits to Using Honey and Lemon on Your Face?