31 March 2017

4 Risiko Diabetes Pada Wanita Hamil

risiko diabetes pada wanita hamil

HaloDoc, Jakarta - Memiliki buah hati tentu menjadi idaman bagi pasangan yang sudah berkeluarga. Untuk sampai pada titik ini, setiap pasangan wanita harus melalui proses kehamilan selama waktu yang tidak sebentar. Meskipun setiap wanita hamil memiliki risiko tersendiri pada kehamilannya. Namun bagi pengidap diabetes, kehamilan memiliki risiko yang lebih tinggi karena dapat berdampak pada kesehatan ibu dan janin.

Berikut ini adalah 4 risiko diabetes pada wanita hamil:

1. Gula Darah Tinggi
Diabetes pada wanita hamil dapat menimbulkan kesulitan mengontrol kadar gula dalam darah. Penyebabnya adalah karena wanita hamil tidak dianjurkan mengonsumsi obat-obatan karena dapat membahayakan kondisi janin. Oleh karena itu kesehatan pengidap diabetes pada wanita hamil akan bergantung pada pola makan sehari-hari.

2. Rentan Infeksi
Perlu diwaspadai bahwa pada ibu hamil pengidap diabetes lebih rentan terhadap infeksi dan peningkatan gula darah yang sulit dikendalikan. Untuk itu pola makan yang tepat akan membantu ibu hamil mengendalikan kadar gula darahnya. Selain itu perlu diperhatikan bahwa asupan makanan juga memenuhi kebutuhan janin dalam kandungan.

3. Diabetes Pada Janin
Penyakit diabetes bukan penyakit menular yang dapat menular pada janin dalam kandungan. Namun begitu, penyakit ini dapat diturunkan secara genetis pada janin, sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa janin yang dilahirkan juga dapat mengidap diabetes.

4. Gangguan Janin
Risiko lain yang dialami ibu hamil pengidap diabetes antara lain keguguran, gangguan pertumbuhan janin, pertumbuhan janin yang amat besar (makromosomi) hingga hilangnya nyawa sang janin dalam kandungan. Risiko ini ditimbulkan akibat dari kadar gula darah yang tidak terkendali pada ibu hamil.

Untuk menghindari risiko diabetes pada wanita hamil, disarankan pada calon ibu untuk bicarakan pada dokter untuk mengontrol kadar gula darah tanpa konsumsi obat. Cara lain dengan melakukan diet dan berolahraga secara teratur. Disarankan pula untuk berdiskusi dengan ahli gizi untuk menyusun pola makan yang tepat, sehingga dapat mempersiapkan kecukupan gizi pada masa kehamilan.

Jika Anda membutuhkan saran dan panduan dari dokter, tak usah ragu untuk menggunakan pilihan chat, video call, dan voice call di Halodoc. Download aplikasi Halodoc sekarang di App Storedan Google Play.