• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Tips Diet Sehat untuk Anak dengan Sindrom Down

4 Tips Diet Sehat untuk Anak dengan Sindrom Down

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
4 Tips Diet Sehat untuk Anak dengan Sindrom Down

Halodoc, Jakarta – Normalnya, bayi lahir dengan memiliki 46 kromosom. Namun, pada mereka yang lahir dengan sindrom Down memiliki salinan tambahan dari salah satu kromosom, yakni kromosom 21. Hal ini dapat memengaruhi perkembangan otak dan tubuh bayi. Beberapa individu dengan sindrom Down tetap bisa menjalani hidup yang relatif sehat. Namun, beberapa diantaranya juga rentan mengidap penyakit kronis.

Anak dengan sindrom Down lebih rentan mengalami obesitas daripada anak-anak lainnya karena tubuh mereka cenderung membakar lebih sedikit kalori. Mereka juga lebih mungkin mengembangkan hipotiroidisme yang bisa menyebabkan penambahan berat badan. 

Baca juga: 3 Tipe Sindrom Down yang Perlu Diketahui

Tips Diet Sehat untuk Anak Sindrom Down

Anak yang mengalami obesitas tentu berisiko mengalami perkembangan penyakit lain. Oleh karena itu, untuk memastikan kesehatannya, penting untuk memperhatikan pilihan nutrisi Si Kecil. Berikut tips diet sehat untuk anak yang mengidap sindrom Down:

1. Pastikan Tetap Terhidrasi

Anak-anak dengan sindrom Down cenderung mengalami sembelit. Jika anak tidak cukup terhidrasi, usus besarnya akan menyerap semua air dari makanan saat dicerna. Hal ini membuat kotoran lebih sulit untuk keluar. Asupan air harian yang direkomendasikan untuk anak-anak bervariasi tergantung pada usianya. Sampai usia delapan tahun, mereka harus minum setidaknya satu liter air. 

Jumlahnya dapat meningkat menjadi 1,5 liter hingga usia 12 tahun dan hingga dua liter saat mereka menginjak remaja. Anak juga harus mengonsumsi lebih banyak air saat berolahraga atau bila cuaca sedang panas. Hidrasi tidak hanya bisa diperoleh dari air minum saja kok, anak bisa tetap terhidrasi dengan mengonsumsi buah-buahan terutama yang memiliki kandungan air tinggi, seperti semangka, nanas, jeruk, dan berry. 

2. Makan Lebih Banyak Serat

Makanan tinggi serat juga dapat menurunkan risiko sembelit. Namun, sangat penting untuk memperhatikan berapa banyak serat yang dikonsumsi oleh Si Kecil, karena jumlah yang berlebihan justru dapat menyebabkan diare. Sumber serat yang baik diantaranya apel, beri, alpukat, lentil, pisang, quinoa, oat, popcorn, dan ubi jalar.

Kalau sembelit yang dialami Si Kecil tidak kunjung membaik, ibu dapat menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan solusi yang lebih tepat. Melalui aplikasi ini, ibu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call.  

Baca juga: Jangan Malu Punya Anak Sindrom Down

3. Hindari Minuman Manis

Soda, susu cokelat, dan jus buah mengandung gula yang sangat tinggi. Minuman tinggi gula seperti ini dapat menambah berat badan dan membuat anak rentan terkena diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Penting bagi ibu untuk memperhatikan berapa banyak gula yang diminum anak. Sebagai gantinya, pilih air soda, air infus buah, air kelapa, dan smoothie yang dibuat sendiri.

4. Hindari Gluten

Anak-anak dengan sindrom Down juga lebih berisiko mengembangkan penyakit celiac, intoleransi terhadap gluten yang menyebabkan sistem kekebalan menyerang usus kecil. Kondisi ini dapat membuat lapisan dalam usus menjadi meradang, sehingga menyebabkan malabsorpsi nutrisi, kembung, kelelahan, dan diare. Makanan bebas gluten yang bisa ibu pilih contohnya buah-buahan, sayuran, telur, quinoa kacang-kacangan, ikan, unggas, dan biji-bijian.

Selain memilih makanan yang sehat, hal lain yang perlu dicatat adalah ibu harus suportif dan sabar dalam mengajarkan anak belajar makan sendiri. Mereka mungkin akan lebih sering menumpahkan cairan karena kurangnya koordinasi. 

Baca juga: Anak Sindrom Down Juga Bisa Berprestasi

Untuk mempermudah prosesnya, sediakan minuman dalam cangkir dengan tutup terlebih dahulu, lalu minta mereka duduk tegak saat minum cairan dengan konsistensi yang lebih kental, seperti smoothies atau milkshake. Pada akhirnya, mereka akan mampu mengatasi kesulitan makan dan dapat menikmati makanan dengan nyaman.

Referensi:
Sonas Home Health Care. Diakses pada 2020. Nutrition Tips for Children with Down Syndrome.
National Down Syndrome Society. Diakses pada 2020. Healthy Eating Habits in Children with Down Syndrome.