• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Tips Memilih Pembalut yang Sesuai Aktivitas

4 Tips Memilih Pembalut yang Sesuai Aktivitas

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta – Salah satu cara untuk menjaga kesehatan Miss V saat sedang menstruasi adalah dengan menggunakan pembalut yang tepat. Namun, masih banyak juga wanita yang tidak terlalu memedulikan soal pembalut yang mereka gunakan. Apalagi saat ini terdapat banyak pilihan pembalut mulai dari yang tipis, tebal, panjang, bersayap, sampai yang memiliki wangi. Memilih pembalut yang baik tidak sulit, kok. Ingat, pilihlah jenis pembalut yang sesuai dengan aktivitasmu agar kamu tetap bisa menjalani hari-harimu dengan aktif selama sedang menstruasi.

Tahukah kamu bahwa setiap wanita mengeluarkan volume darah menstruasi yang berbeda-beda? Biasanya darah menstruasi paling banyak keluar di hari kedua dan mulai berkurang di hari ketiga. Dalam satu periode menstruasi, volume darah yang keluar adalah sekitar 50-100 mililiter. Kegiatan yang kamu lakukan juga bisa memengaruhi jumlah darah yang keluar. Itulah sebabnya kamu dianjurkan untuk menggunakan pembalut yang sesuai dengan kegiatan yang akan kamu lakukan agar kamu tetap nyaman. Kini, sudah ada berbagai jenis pembalut yang bisa kamu temukan di pasaran. Berikut tips memilih pembalut sesuai aktivitas:

1. Pakai Pembalut Bersayap saat Aktivitas Padat

Buat kamu yang memiliki pekerjaan yang mengharuskanmu aktif bergerak, sebaiknya gunakan pembalut dengan sayap atau wing. Karena, pergerakan yang aktif akan memicu darah keluar dalam jumlah yang banyak. Nah, pembalut bersayap akan membantumu mencegah darah tembus ke celana dalammu.

2. Pembalut Non-wing untuk Aktivitas Berintensitas Rendah

Buat kamu yang bekerja di balik meja sepanjang hari, kamu tidak perlu memakai pembalut dengan wing. Pilihlah pembalut biasa dengan daya serap tinggi.

3. Pembalut Day Use dan Night Use

Jenis pembalut dibedakan menjadi day use dan night use bukan tanpa alasan. Agar tetap nyaman menjalani kesibukan yang padat di siang hari, kamu bisa menggunakan pembalut khusus siang hari atau day use. Sedangkan, pembalut night use biasanya berukuran lebih panjang daripada pembalut biasa dan berguna untuk menampung darah yang banyak keluar saat malam hari, sehingga kamu bisa tidur dengan nyaman tanpa perlu takut tembus.

4. Jenis Pembalut untuk Berolahraga

Agar kamu tetap bisa berolahraga dengan baik saat sedang menstruasi, kamu sebaiknya menggunakan pembalut yang lembut dan mempunyai daya serap tinggi. (Baca juga: Olahraga saat Menstruasi, Bolehkah?)

Selain memilih jenis pembalut sesuai aktivitas, kamu juga perlu tahu kriteria pembalut yang baik dan sehat berikut ini:

  • Berkualitas Baik

Sebaiknya jangan memilih pembalut karena harga murah atau promo, karena pembalut yang murah belum tentu cocok dengan kulitmu dan berisiko membuat Miss V iritasi. Jadi, pilihlah pembalut yang berkualitas baik. Kualitas pembalut bisa diuji dengan menggunakan cara ini:

  • Isilah air putih pada gelas transparan.
  • Sobek pembalut dan ambil bagian dalamnya.
  • Celupkan bagian dalam pembalut dan aduk.
  • Lihat perubahan warnanya.
  • Jika pembalut hancur dan berwarna keruh, berarti pembalut tersebut menggunakan bahan dengan kualitas yang buruk.
  • Mempunyai Daya Serap Tinggi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada saat-saat tertentu ketika volume darah menstruasi yang keluar banyak. Jadi, agar tidak tembus, pilihlah pembalut yang mempunyai daya serap tinggi. Kamu juga bisa menguji daya serap pembalut dengan cara ini:

  • Masukkan air sekitar 30-50 mililiter pada permukaan pembalut.
  • Diamkan beberapa saat dan tekan yang kuat dengan selembar tisu kering.
  • Jika tisu menjadi sangat basah, berarti daya serap pembalut kurang baik.
  • Hindari Memilih Pembalut yang Wangi

Untuk mengatasi bau tak sedap pada area Miss V saat menstruasi, kamu tidak perlu menggunakan pembalut dengan pewangi. Kamu cukup sering bersihkan Miss V saja dengan air. Pembalut yang mengandung parfum malah bisa menyebabkan iritasi pada Miss V. Pasalnya, bahan pewangi bisa mengandung zat-zat kimia yang berbahaya untuk organ intim.

Jadi, perhatikanlah ketujuh hal di atas saat memilih pembalut ya (Baca juga: 6 Tips Menjaga Kebersihan Miss V Saat Menstruasi). Kalau kamu punya masalah seputar menstruasi, segera periksakan diri ke dokter atau bicarakan dengan dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.