• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Tips Mencegah dan Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

4 Tips Mencegah dan Mengatasi Bau Mulut Saat Berpuasa

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta - Menjalankan ibadah puasa bagi umat muslim merupakan kewajiban. Salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi saat bulan Ramadan ini adalah halitosis atau dikenal dengan bau mulut.

Nah, agar ibadah puasa berjalan lancar yuk ikuti tips untuk mencegah dan mengatasi bau mulut saat berpuasa. Kamu hanya perlu empat langkah mudah, agar bisa terhindar dari masalah kesehatan yang satu ini, lho.

Tips Mencegah Bau Mulut:

  1. Saat sahur dan berbuka, hindari makanan yang berbau menyengat seperti jengkol atau keluarga bawang-bawangan.
  2. Hindari makanan atau minuman dengan kadar gula tinggi karena dapat memicu perkembangan bakteri dalam mulut.
  3. Banyak minum air putih saat sahur maupun berbuka agar mulut tidak kering.
  4. Berkumur dengan air garam terutama sebelum tidur. Garam bersifat antiseptik sehingga dapat mencegah bau mulut.

Tips Mengatasi Bau Mulut:

  1. Rutin sikat gigi dua kali sehari terutama setelah sahur dan sebelum tidur malam. Sikat gigi secara menyeluruh, pastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal.
  2. Berkumur dengan mouthwash. Sebaiknya pilih mouthwash yang tidak mengandung alkohol. Mouthwash berguna untuk membunuh bakteri di mulut dan menghilangkan bau mulut.
  3. Sikat juga lidah anda saat menyikat gigi. Lidah juga dapat menjadi sarang bakteri yang menyebabkan timbulnya masalah bau mulut. Bersihkan lidah dengan menggunakan sikat gigi atau alat khusus yang banyak tersedia di pasaran.

Nah, kalau ingin tahu lebih banyak mengenai cara mencegah dan mengatasi bau mulut selama puasa, yuk tanyakan pada dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc! Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja, dimana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play!