• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Bayi yang Baru Lahir

4 Tips Menjaga Kesehatan Kulit Bayi yang Baru Lahir

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Ibu harus menjaga kesehatan bayi yang baru lahir secara keseluruhan, termasuk juga bagian kulitnya. Hal ini karena kulit bayi masih terbilang sensitif dan rentan terserang berbagai penyakit. Maka dari itu, ibu harus tahu beberapa cara yang efektif untuk menjaga kesehatan kulit bayi, terutama pemilihan produk yang kerap bersentuhan dengan kulitnya Untuk lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini!

Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Kulit Bayi

Bayi lahir dengan kulit yang sangat lembut dan rapuh, sehingga kerap membuat orangtuanya khawatir. Kulit bayi sangat sensitif dan mungkin saja Si Kecil tiba-tiba mengalami ruam atau alergi jika perawatan kulit yang benar tidak dilakukan. Maka dari itu, setiap orangtua wajib berhati-hati pada berbagai produk yang alami dan bebas dari kandungan bahan kimia yang mungkin membahayakan kulit.

Baca juga: 3 Masalah Kulit Bayi yang Umum Terjadi & Cara Penanganannya

Hal ini karena sistem kekebalan bayi yang baru lahir dalam tahap berkembang, sehingga lebih berisiko untuk mengalami komplikasi serius akibat penyakit. Kuman dan bakteri yang tidak berbahaya bagi orang dewasa bisa menjadi sesuatu yang serius pada bayi. Selain itu, serangan yang terjadi dapat terjadi sangat cepat, sehingga penanganan segera perlu dilakukan.

Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan kulit bayi yang baru lahir? Berikut ini beberapa caranya:

1. Mandi

Kebanyakan orangtua sangat suka memandikan anaknya setiap hari. Maka dari itu, ibu disarankan untuk menggunakan sampo dan sabun yang tidak menimbulkan reaksi alergi pada bayi. Cobalah untuk membersihkan kulit bayi dengan air hangat dan sabun yang lembut. Pastikan produk yang digunakan cocok dengan kulit bayi yang sudah teruji secara klinis tanpa coba-coba. Jangan gunakan sabun antibakteri karena mungkin terlalu keras untuk kulit bayi yang sensitif.

2. Bedak

Setelah mandi, kebanyakan orangtua akan mengoleskan bedak ke tubuh Si Kecil. Ibu perlu memastikan produk yang digunakan memang khusus untuk bayi dan hindari penggunaan produk yang memiliki pewangi, serta bahan kimia yang mampu menimbulkan iritasi pada kulit bayi yang sensitif. Selain itu, sebaiknya hindari penggunaan bedak di area popok karena dapat menyebabkan berbagai masalah pada anak di masa mendatang.

Baca juga: Kulit Bayi Lebih Rentan Dermatitis Atopik, Benarkah?

3. Popok

Popok adalah salah satu produk yang vital digunakan oleh bayi untuk menjaga kebersihan. Namun, popok juga dapat mengiritasi kulit bayi dan menyebabkan ruam. Setiap orangtua disarankan untuk segera mengganti popoknya jika dirasa anak sudah pipis beberapa kali dan buang air besar. Lalu, jika ibu menemukan kulit anak mengalami iritasi pada area popok, cobalah untuk mengganti produk lainnya. Jangan biarkan popok yang penuh terlalu lama digunakan anak karena berisiko menyebabkan infeksi.

4. Kulit Kering

Jika anak memiliki kulit yang kering, ada baiknya ibu menggunakan pelembap alami agar kulitnya tetap terhidrasi, lembut, dan kenyal. Pilihan yang paling umum diberikan pada anak adalah minyak kelapa. Beberapa hal yang perlu ibu perhatikan, antara lain hindari memandikan bayi terlalu sering dan gunakan spons beberapa kali dalam seminggu saat memandikan untuk menjaga kebersihannya. Ibu harus sering memperhatikan semua produk anak yang digunakan apakah dapat menyebabkan alergi atau tidak.

Itulah beberapa tips yang dapat ibu lakukan untuk menjaga kesehatan kulit bayi yang baru lahir. Dengan melakukan semua hal ini, diharapkan Si Kecil terhindar dari gatal, ruam, hingga infeksi yang mungkin berdampak buruk pada anak. Terapkan semua hal tersebut, diharapkan kulit bayi tetap bersih dan sehat.

Baca juga: Kenali Milia yang Dapat Terjadi pada Kulit Bayi

Ibu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait beberapa cara yang baik untuk menjaga kesehatan kulit bayi. Cukup dengan download aplikasi Halodoc, ibu bisa mendapatkan segala kemudahan dalam akses kesehatan tanpa perlu bertatap muka. Maka dari itu, unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Mom Junction. Diakses pada 2021. 7 Most Helpful Tips To Keep Your Baby's Skin Healthy.
First Cry. Diakses pada 2021. Baby Skin Care – Easy Tips for Keeping Your Baby’s Skin Healthy.