04 July 2018

4 Tips Merawat Rambut yang Diwarnai

tips merawat rambut,merawat rambut,rambut diwarnai

Halodoc, Jakarta – Untuk menunjang penampilan, kamu pasti sudah tidak asing dengan tren mewarnai rambut. Selain itu, wanita yang pada akhirnya memilih untuk mewarnai rambut biasanya sudah sangat bosan dengan gaya rambut dan warnanya yang itu-itu saja. Kamu pun kini tidak perlu untuk pergi ke salon untuk mewarnai rambut, karena sekarang sudah banyak produk pewarna rambut instan yang dapat kamu lakukan di rumah. Hasilnya pun tidak kalah dengan kualitas salon.

Namun, apa gunanya jika sudah memiliki rambut dengan warna-warna yang indah dan kekinian tapi kondisinya kotor dan tidak terawat? Ada beberapa hal mendasar yang perlu kamu pahami dalam merawat rambut berwarna. Nah, berikut ini tips merawat rambut berwarna yang sangat mudah dilakukan:

  1. Ubah Jadwal Keramas

Jika ini kali pertama kamu mewarnai rambut, keramas yang dilakukan di salon sudah cukup. Kamu tidak perlu kembali mencucinya setelah sampai dirumah karena dapat menyebabkan overwashing. Hal ini juga untuk mencegah warna rambut cepat pudar.

Beberapa pengalaman orang yang mewarnai rambut, warna rambut akan memudar hingga 50 persen setelah 10 hingga 12 kali keramas. Maka dari itu, ada baiknya kamu yang memiliki rambut berwarna disarankan untuk mencucinya 2 hingga 3 hari sekali. Selain itu, kamu juga harus menggunakan sampo khusus, yakni clarifying shampoo agar warnanya tahan lama.

Baca juga: Kesalahan Umum pada Perawatan Rambut

  1. Hindari Aktivitas Tertentu

Saat memiliki rambut berwarna, ada beberapa jenis aktivitas yang harus kamu hindari, atau setidaknya tidak terlalu sering dilakukan. Aktivitas tersebut antara lain berenang, beraktivitas tanpa pelindung kepala, dan menggunakan catokan dengan suhu terlalu panas. Nah, apabila kamu ingin beraktivitas di luar ruangan dalam waktu lama, coba gunakan topi atau scarf di kepala.

Jika kamu hobi berenang, maka usahakan untuk segera mengeramasi rambut setelahnya, sebab klorin yang terdapat di air kolam renang akan membuat rambutmu semakin kering. Jika perlu, gantilah conditioner yang biasa kamu gunakan dengan deep conditioning. Sementara untuk kamu yang gemar menggunakan catokan rambut, hair dryer, atau curling wand, gunakan selalu protection spray setelah menggunakan alat-alat yang tadi disebutkan.

  1. Keramas Menggunakan Air Dingin

Selalu keramas dengan air dingin untuk memastikan warna rambut masih terjaga dengan baik. Sebab, air panas akan membuat rambutmu kehilangan minyak dan kelembapan alami, sehingga menjadi kering dan memudarkan warna cat rambut lebih cepat. Keramas dengan air panas setiap saat juga dapat menjadi penyebab rambut rontok parah, karena akar rambut kehilangan kelembapannya.

  1. Gunakan Serum dan Masker Rambut

Salah satu risiko dari rambut yang diwarnai adalah rambut yang menjadi kering. Karena itu, serum rambut sangat bermanfaat. Serum dapat menjadi cara merawat rambut kering dan cara mengurangi rambut rontok dengan memberi vitamin pada rambut agar tidak kehilangan nutrisinya karena terkena bahan kimia dari cat rambut. Selain itu, kamu juga butuh menggunakan masker rambut untuk mengatasi berbagai masalah seperti rontok, kering, ketombe, berminyak, dan mencegah memudarnya warna rambut.

Baca juga: Kurang Vitamin Pengaruhi Kesehatan Rambut

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat rambut berwarna. Kalau kamu masih punya pertanyaan seputar perawatan rambut berwarna, gunakan saja aplikasi Halodoc. Sebab melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter kapan saja dan di mana saja melalui Chat dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!