4 Tips untuk Hindari Teman Kerja Bermuka Dua

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
4 Tips untuk Hindari Teman Kerja Bermuka Dua

Halodoc, Jakarta - Pertemanan yang baik memiliki dampak yang baik pula pada kesehatan mental. Itulah sebabnya seseorang perlu berteman, baik di sekolah, kampus, bahkan di tempat kerja. Meskipun pertemanan itu baik dan menyehatkan, sayangnya membangun dan mempertahankan pertemanan itu tidak selalu mudah. Hal ini berkaitan dengan karakter setiap orang. 

Karakter teman yang menyebalkan salah satunya adalah teman yang bermuka dua. Apalagi jika kamu menemuinya di tempat kerja. Teman bermuka dua justru perlu diwaspadai. Jangan sampai dia justru jadi merepotkan pekerjaan kamu atau mengganggu hubungan dengan teman kerja lainnya, apalagi atasan kerja. 

Baca juga: 9 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental 

Sebelum hubungan pertemanan kamu dengan teman kerja yang bermuka dua semakin merepotkan dan mengganggu kinerja kamu di tempat kerja, ada baiknya kamu fokus pada pekerjaan dan profesional dalam setiap pekerjaan dengan rekan kerja. Beberapa tips berikut ini juga bisa kamu lakukan supaya terhindar dari masalah yang muncul dari teman kerja yang bermuka 2:

1. Pastikan Kecurigaan

Sebelum kamu terlanjur memvonis karakter teman kerja kamu, tidak ada salahnya untuk mengkonfirmasi pada beberapa sumber atau beberapa teman kerja lainnya yang kamu percaya. Cari tahu apakah ada fakta dari teman kerja lainnya bahwa teman kerja kamu memiliki sikap jahat dan bermuka dua, entah ada yang menyaksikan atau mengalaminya sendiri. Konfirmasi ini perlu dilakukan supaya kamu tidak bertindak berdasarkan asumsi dan langsung mengambil kesimpulan, sebaiknya pastikan bahwa fakta itu benar. Tindakan sesederhana ini akan menghemat energi, pikiran, dan drama kantor yang tidak perlu. 

2. Beri Jarak yang Cukup

Oke, kamu mengetahui pasti bahwa teman kerja kamu memang bermuka dua. Meski dia terlihat ramah, besar kemungkinan ia “menjatuhkan” kamu di belakang. Untuk itu, penting untuk membuat sedikit jarak antara kamu dan dia. Sebab, kamu sudah mengkonfirmasi bahwa orang ini memang tidak tulus. Sebaiknya berusahalah sebaik mungkin untuk menjaga jarak. Tidak perlu bersikap kasar atau dingin. Namun, hindari menjadi teman dekat dan batasi waktu bertatap muka. 

Baca juga: Cara Sehat Menghadapi Rekan Kerja Toxic

3. Keep Record

Sikap paranoid mungkin tidak bisa dihindari setelah kamu mengkonfirmasi bahwa teman kerja kamu bermuka dua. Penting bagi kamu untuk tetap mendokumentasikan catatan penting mengenai hal negatif, kejahatan, atau kecurangan yang terjadi. Jika kamu sempat mengalami masalah dengan dia, maka kamu memiliki bukti yang terdokumentasikan. Sehingga, pernyataan “katanya” bisa terkalahkan dengan bukti-bukti yang telah kamu simpan. 

Coba pula untuk berkorespondensi atau menjadikan teman kerja lain sebagai saksi. Ini merupakan cara yang akurat untuk mengonfirmasi bahwa kamu memang memiliki bukti-bukti penting dan akurat. Mungkin ini bisa terlihat berlebihan. Namun, tidak ada salahnya untuk dilakukan sebagai antisipasi jika kamu akhirnya berurusan dengan orang yang membuat pekerjaan atau hidup kamu jadi lebih sulit. 

4. Jujur & To The Point

Ada kemungkinan kamu berurusan dengan teman kerja yang bermuka dua. Jika itu sampai terjadi, maka saatnya untuk berbicara jujur. Hal terbaik adalah berbicara langsung padanya. Mintalah waktu untuk berbicara berdua dengannya di suatu tempat yang tenang dan hanya kalian berdua agar masalah kalian bisa terselesaikan. 

Kemungkinan masih banyak cara lain yang dapat kamu lakukan. Kamu bisa mendiskusikannya dengan psikolog melalui aplikasi Halodoc mengenai cara menghadapi teman kerja yang bermuka dua. Ayo, download aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2019. Work-life Balance: Tips to Reclaim Control.
Inc. Diakses pada 2019. A Simple Step by Step Guide You Can Use to Deal With Two-Faced Person.