03 August 2018

4 Trik Ibu yang Bekerja agar Tetap Akrab dengan Anak

trik akrab dengan anak bagi ibu bekerja, manfaat kedekatan orangtua dan anak, dampak positif kedekatan orangtua

Halodoc, Jakarta - Rasa bersalah terkadang kerap hinggap pada wanita yang memilih untuk tetap bekerja setelah memiliki anak. Waktu yang banyak dihabiskan di kantor terkadang membuat perhatian pada anak menjadi berkurang. Selain berkurangnya waktu dengan anak, ibu yang bekerja terkadang harus melewatkan momen-momen bersama anak.

Baca juga: 5 Masalah yang Biasa Ditemui pada Anak dengan Ibu Bekerja

Bagaimana pun kondisinya, kedekatan antara orangtua dan anak adalah suatu hal yang penting. Salah satu tugas orangtua yang cukup penting adalah tetap membangun kedekatan dengan anak-anaknya. Kedekatan orangtua dan anak merupakan fondasi yang cukup penting untuk tumbuh kembang, pembentukan karakter, dan tingkat kecerdasan Si Kecil.

Manfaat Kedekatan Anak dengan Orangtua

Tidak hanya memengaruhi tingkat kecerdasan Si Kecil, kedekatan anak dengan orangtua akan memberikan dampak yang sangat positif untuk perkembangan anak. Misalnya, menjauhkan anak dari rasa depresi saat anak tumbuh dewasa dan mencegah perilaku nakal pada anak-anak.

Anak yang memiliki kedekatan dengan orangtua terbukti mampu memecahkan masalah lebih baik dan lebih kreatif. Selain itu, anak juga dapat mengendalikan emosi lebih baik. Ya, anak yang memiliki kedekatan dengan orangtua memiliki kesehatan mental yang lebih baik dibandingkan anak yang tidak akrab dengan orangtuanya.

Trik Ibu Bekerja Tetap Akrab dengan Anak

Nah, sebaiknya ibu bekerja melakukan beberapa hal ini agar kedekatan dengan anak tetap terjaga.

1. Tegas dalam Pengaturan Waktu

Ibu yang menghabiskan waktu untuk bekerja, sebaiknya tegas dalam pengaturan waktu untuk diri sendiri dan quality time dengan anak. Pengaturan waktu kerja di kantor nyatanya juga sangat diperlukan untuk membangun kedekatan dengan anak.

Atur waktu pekerjaan di kantor agar bisa pulang tepat waktu, sehingga dapat segera bertemu dengan anak di rumah. Saat di rumah, sebaiknya hentikan melakukan pekerjaan kantor. Habiskan waktu bersama anak dengan bercerita atau bermain bersama.

2. Menjadi Pendengar yang Baik

Saat anak bercerita mengenai kegiatannya seharian, tidak ada salahnya ibu menjadi pendengar yang baik untuk anak. Mendengarkan cerita anak akan membuat anak merasa dihargai dan menjadi dekat dengan orangtua.

Dengarkan setiap cerita dan berilah respon yang sesuai dengan penuh perhatian. Tidak ada salahnya sesekali ibu juga menceritakan apa saja yang ibu kerjakan di kantor dengan menggunakan bahasa yang sederhana agar anak mengerti.

3. Berkomunikasi dengan Anak

Tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk berkomunikasi dengan anak melalui teknologi yang semakin canggih. Ibu bisa menggunakan telepon atau gunakan video kamera untuk mengetahui kegiatan anak selama ibu bekerja di kantor. Dengan begitu, anak akan selalu merasa bahwa ibu selalu ada kapan pun di saat anak membutuhkan perhatian dan kehadiran ibu.

4. Minta Bantuan

Buatkan tanggung jawab untuk anak selama ibu bekerja. Misalnya, ibu bisa meminta bantuan pada anak untuk menyapu kamarnya saat ibu bekerja di kantor. Dengan begitu, anak akan selalu merasa memiliki tanggung jawab yang harus dikerjakan.

Jika anak sudah mengerjakan pekerjaannya dengan baik, berilah pujian agar anak merasa dihargai oleh ibu. Dengan begitu, ibu juga akan mengajarkan kepercayaan pada anak sejak dini.

Baca juga: Mythomania Jadi Penyakit Suka Bohong yang Perlu Orangtua Tahu

Selain membangun kedekatan dengan anak, ibu juga harus memperhatikan kesehatan anak. Jika ibu memiliki keluhan terhadap kesehatan anak, ibu bisa menanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!