5 Akibat Minum Es Setelah Berolahraga

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
dampak minum es setelah olahraga, dampak minum es, olahraga

Halodoc, Jakarta – Setelah melakukan berbagai gerakan saat berolahraga, tubuh akan terasa panas dan tenggorokan pun terasa kering. Melihat air dingin pasti begitu menyegarkan. Kabar menyebutkan bahwa menenggak air dingin setelah berolahraga mampu mempercepat proses peluruhan lemak, sehingga tubuh menjadi lebih cepat kurus. Padahal, tidak demikian.

Memang, kalori dalam tubuh akan terbakar ketika kamu minum air es setelah berolahraga. Namun, tidak seluruhnya, karena setidaknya dibutuhkan dua gelas air es untuk bisa melarutkan 15 kalori. Jika kamu ingin menurunkan berat tubuh hingga satu kilogram, maka dibutuhkan kira-kira 400 gelas air es. Selain tidak efektif untuk menurunkan berat badan, berikut dampak minum es setelah berolahraga lain yang akan kamu rasakan:

Sering Buang Air Kecil

Kandung kemih terletak tepat di depan usus halus. Saat kamu terlalu banyak mengonsumsi air es, suhu usus halus akan menjadi lebih dingin. Akibatnya, kandung kemih akan lebih sulit dalam menahan rasa ingin buang air kecil. Namun, bukan di situ letak bahayanya.

Terlalu sering buar air kecil membuat tubuh akan kehilangan potasium dan sodium dalam jumlah yang cukup banyak. Agar tidak terjadi, tambahkan sedikit garam pada air mineral yang kamu minum untuk menjaga keseimbangan elektrolit yang terbuang saat kamu berolahraga.

Baca juga: Es dari Air Mentah atau Matang: Apa Bedanya?

Tidak Mudah Diserap Oleh Tubuh

Tubuh akan lebih sulit menyerap air es selepas berolahraga. Akibatnya, air akan lebih cepat melewati lambung dan menuju usus halus agar penyerapannya lebih maksimal. Padahal, tubuh membutuhkan banyak cairan untuk mengurangi risiko dehidrasi. Sulitnya tubuh menyerap air es justru membuat kamu semakin haus dan risiko terjadinya dehidrasi pun semakin meningkat.

Kepala Menjadi Pusing

Dampak minum es setelah olahraga yang paling terasa adalah kepala yang tiba-tiba menjadi pusing. Ini disebabkan karena saraf pusat tubuh yang tidak siap untuk menerima perubahan suhu yang mendadak. Jika kamu tetap ingin mengonsumsi air es setelah berolahraga, sebaiknya berikan jeda selama beberapa menit hingga suhu tubuh kamu kembali normal.

Kepala pusing ini juga bisa terjadi akibat menyempitnya pembuluh darah karena gangguan metabolism ketika kamu minum air es setelah berolahraga. Pada akhirnya, aliran darah ke seluruh tubuh tidak akan maksimal, termasuk ke otak, sehingga memicu terjadinya sakit kepala.

Perut Jadi Semakin Buncit

Perut buncit bukan karena seseorang banyak makan. Kondisi ini ternyata juga bisa terjadi akibat mengonsumsi air es secara berlebihan. Saat selesai olahraga, air es yang kamu minum akan mengalami proses penghangatan oleh bantalan lemak yang terdapat di perut. Bantalan lemak ini diperoleh dari makanan yang kamu konsumsi. Semakin sering kamu minum air es, maka tubuh akan memerlukan bantalan lemak lebih banyak untuk menetralkan suhu tubuh.

Melemahnya Detak Jantung

Studi menunjukkan bahwa terlalu banyak minum air es akan memengaruhi kinerja saraf vagus dalam mengontrol berbagai aktivitas yang terjadi tanpa disadari, seperti denyut jantung. Semakin banyak konsumsi air es, maka pengaruhnya terhadap melemahnya detak jantung akan semakin terasa.

Baca juga: Ketahui Dampak Ibu Hamil Minum Air Dingin

Itu tadi lima dampak minum es setelah olahraga yang akan terjadi pada tubuh kamu jika kamu tidak membatasi konsumsinya. Apabila kamu mengalami gejala lain yang tidak biasa pada tubuh, segera tanyakan pada dokter untuk mendapatkan solusi penanganan terbaik. Download segera aplikasi Halodoc di ponsel kamu dan pilih layanan Tanya Dokter untuk tanya jawab. Aplikasi Halodoc juga bisa kamu gunakan untuk cek lab di mana saja dan kapan saja, lho!