17 May 2018

5 Buah yang Direkomendasikan Dimakan saat Puasa

5 Buah yang Direkomendasikan Dimakan saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Bulan puasa adalah bulan yang penuh berkah. Namun, jangan sampai kamu dehidrasi dan kehilangan nutrisi, sehingga tubuh lemas dan puasanya jadi batal. Salah satu cara untuk menjaga agar tubuh tetap fit saat menjalani bulan puasa adalah dengan memperhatikan asupan makanan. Termasuk buah yang baik dikonsumsi saat puasa.

Ada beberapa buah yang yang sangat disarankan dikonsumsi saat puasa karena mengandung banyak air dan kaya akan vitamin, sehingga mampu mengembalikan cairan tubuh yang hilang dan dapat meningkatkan imunitas tubuh. Kalau kamu ingin tahu buah apa saja yang baik dikonsumsi saat puasa, simak ulasannya di bawah ini.

  1. Jeruk

Kandungan vitamin C pada 100 gram buah jeruk mampu mencukupi 90 persen kebutuhan vitamin C harianmu. Seperti yang kamu ketahui, vitamin C dapat meningkatkan imunitas tubuh dan sangat baik untuk mencegah flu atau mengembalikan kekebalan tubuh. Makan buah jeruk saat sahur dan berbuka dapat menjaga agar tubuh senantiasa fit selama menjalani puasa. (Baca juga: 5 Buah-buahan Pengganti Kurma)

  1. Semangka

Semangka terbukti dapat menjaga tubuh agar tetap terhidrasi, sehingga sangat baik direkomendasikan dimakan saat menjalankan ibadah puasa. Serat yang tinggi dapat membantu pencernaan dan antioksidan yang baik bagi tubuh. Biasanya, karena puasa kulit menjadi kering karena kekurangan cairan. Nah, peran semangka adalah menghidrasi tubuh dari dalam, sehingga kulit tetap cerah dan kenyal plus penampilan jadi cerah tidak terlihat kuyu walaupun sedang menjalani puasa.

Cobalah memasukkan semangka sebagai salah satu menu saat berbuka. Supaya tidak bosan, kamu bisa mengkreasikan menunya, misalnya dengan menjadikan semangka sebagai salah satu bahan es buah. Pastinya sangat menarik!

  1. Air Kelapa

Sudah bukan rahasia lagi kalau air kelapa adalah salah satu buah yang kaya manfaat. Minum air kelapa murni saat berbuka puasa dapat seketika mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Daging buah kelapa juga cukup mengeyangkan. Kalau kamu sedang menjalani diet, minum air kelapa beserta dagingnya sedikit banyak dapat mengenyangkan dan memberikan nutrisi pada tubuh. (Baca juga: Aturan Minum Air Putih Saat Puasa)

  1. Pisang

Pisang juga bisa menjadi pilihan buah yang baik dikonsumsi saat puasa. Makan buah pisang saat sahur dapat memberikan tenaga untukmu menjalani kegiatan sepanjang hari. Selain itu, kandungan Kalium pada pisang dapat melindungi sistem pencernaan dan melapisi dinding usus, sehingga meminimalisir terjadinya peradangan dan maag.

  1. Apel

Dalam setiap 100 gram buah apel, mengandung karbohidrat, gula, serat, air, lemak, protein, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, dan folat. Begitu banyaknya kandungan vitamin dan mineral pada apel, menjadikan buah ini baik untuk dikonsumsi saat puasa. Lebih jauh lagi, apel bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mengenyangkan perut, menghidrasi, dan menjaga ketahanan tubuh. Selain manfaat yang diperoleh selama menjalani puasa, apel juga punya manfaat tambahan lain, seperti menurunkan risiko diabetes, penyakit kanker, melawan asma, menjaga kesehatan jagung, dan menjaga berat badan tetap stabil.

Menikmati berbagai penganan maupun makanan saat berbuka puasa adalah baik, tapi penting juga buat kamu untuk lebih menjaga asupan makanan sehat ketimbang hanya bikin kenyang atau sekadar enak saja. Kalau Ingin tahu lebih banyak mengenai buah yang direkomendasikan untuk dimakan selama bulan puasa serta tips sehat lainnya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.