21 October 2017

5 Camilan Ini Bantu Tidur Lebih Nyenyak

5 Camilan Ini Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Halodoc, Jakarta – Sangat penting untuk memiliki waktu tidur yang berkualitas. Pekerjaan yang menumpuk bisa membuat rasa nyaman pada tubuh seperti mudah lelah bahkan badan terasa sakit jika kamu enggak punya cukup waktu untuk beristirahat. Oleh karena itu, istirahat dengan tidur sangat diperlukan.

Sayangnya, kualitas tidur bisa terganggu jika kamu susah nyenyak ketika tidur. Ada banyak penyebabnya, misalnya sulit tidur akibat kafein yang dikonsumsi seharian, kebiasaan bermain smartphone sebelum tidur, pekerjaan menumpuk sehingga menyebabkan stres.

Lalu bagaimana agar kualitas tidur tetap terjaga dan kamu bisa tetap prima beraktivitas? Kuncinya adalah memilih camilan tepat sebelum tidur. Memang, makan sebelum tidur bisa memberikan efek negatif namun ada alasan bagus kenapa kamu boleh melakukannya. Tentu saja, tidak sembarang makanan boleh dimakan sebelum tidur. Ada beberapa jenis makanan yang mengandung nutriti baik sehingga membantu kamu untuk tidur lebih nyenyak. Tubuh jadi rileks sehingga kamu tidak merasa “tertekan” saat tidur. Keesokan paginya pun kamu bisa beraktivitas dengan lebih semangat.

Keri Glassman, RD pendiri Nutritious Life menyatakan bahwa makan camilan sebelum tidur punya tujuan khusus. Yakni membuat tidur lebih nyaman, jadi kamu mesti membatasi kalorinya 150 hingga 200 kalori dan tidak lebih.

Ada lima jenis makanan yang bisa kamu jadikan camilan sebelum tidur agar waktu istirahat kamu tidak terganggu sepanjang malam. Yuk, cek berikut ini:

1.  Pisang
Menurut Keri Glassman, rasa manis dari pisang menjadi sumber melatonin yang baik, yakni hormon otak yang memberikan respon pada kegelapan. Tugasnya memberitahukan pada tubuh bahwa sudah saatnya untuk beristirahat dan tidur. Potasium dalam pisang juga membantu untuk menstabilkan denyut jantung, lho.

2.   Ceri
Bisa dikatakan bahwa ceri adalah “putri tidur” yang dapat membuat kamu terlelap tanpa terganggu. Buah mungil yang satu ini kaya akan hormon melatonin yang dapat membantu untuk membuat kamu lebih nyenyak saat tertidur. Jadi, jika ingin tidur nyenyak sepanjang malam tak ada salahnya menggigit tiga hingga lima buah ceri, ya.

3.  Kacang Almond
Jenis kacang-kacangan yang satu ini kaya akan magnesium serta mineral. Konsumsi kacang almond bisa membantu untuk membuat otot kamu jadi lebih rileks saat tidur. Menurut Jackie Newgent, RDN, penulis buku The All-Natural Diabetes Cookbook dan juru bicara KIND Snacks, jika otot rileks maka kamu akan lebih mudah tertidur lelap sehingga kualitas tidur pun membaik.

4.  Kefir
Karen Ansel, RD menyatakan bahwa penelitian membuktikan bahwa produk susu probiotik seperti kefir dapat mengurangi level hormon kortisol. Hormon stres ini jika berlebihan dapat membuat sulit tidur sehingga kamu sulit mendapatkan waktu tidur yang berkualitas.

5.   Jagung
Kaya akan serat membuat jagung dapat membantuk meningkatkan produksi serotonin. Kamu pun jadi merasa lebih rileks saat mencoba beristirahat. Kamu bisa mencoba jagung dalam bentuk popcorn atau jagung yang direbus lalu diparut sebelum tidur.


Jika kamu membutuhkan saran dari dokter seputar masalah kesehatan yang kamu alami, kini kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Tak perlu langsung datang ke rumah sakit karena kamu bisa mendapatkan rekomendasi saat bicara dengan dokter Halodoc. Kamu bisa menghubungi dokter spesialis yang dibutuhkan melalui Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga membeli produk kesehatan yang dibutuhkan melalui Halodoc dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.