• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Ampuh Atasi Sakit Punggung Ketika Hamil

5 Cara Ampuh Atasi Sakit Punggung Ketika Hamil

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta – Kehamilan bisa membuat tubuh kamu mengalami perubahan yang dapat membuat kamu merasakan nyeri di beberapa bagian tubuh kamu. Biasanya, rasa nyeri atau ketidaknyamanan akan kamu rasakan saat usia kehamilanmu memasuki usia trimester kedua atau mulai dari kehamilan 4 bulan.  Biasanya bagian tubuh yang paling sering merasakan nyeri adalah bagian punggung. Sakit punggung sering terjadi biasanya pada sendi sakroiliaka di mana tulang panggul akan bertemu dengan tulang belakang.

Biasanya, untuk melindungi bagian sendi atau tulang punggung kamu saat kehamilan, kamu dilarang untuk mengangkat benda yang terlalu berat. Namun, sebaiknya ibu hamil tetap melakukan olahraga ringan agar kesehatan tubuhnya juga tetap terjaga. Jika ibu sudah merasakan sakit punggung saat hamil, ibu bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk mengatasinya:

 

  • Lakukan Peregangan pada Tulang Punggung

 

Dengan melakukan peregangan, kamu tetap menjaga postur tulang punggung kamu berada di jalurnya. Selain itu, melakukan peregangan juga bisa mengatasi rasa nyeri pada punggung saat sedang hamil.

Banyak gerakan-gerakan peregangan yang bisa kamu lakukan dengan aman tanpa mengganggu perkembangan janin kamu. Selain itu, gerakan ini juga termasuk mudah untuk dilakukan di rumah saat kamu sedang bersantai. Kamu bisa coba dengan gerakan merangkak, berlutut dilantai, dan membungkuk ke depan. Semuanya bisa ibu lakukan asal tidak terburu-buru dan selalu berhati-hati, ya.

 

  • Pijat

 

Proses pemijatan pada ibu hamil biasanya berpusat pada area tubuh yang mudah terasa pegal dan nyeri. Salah satunya adalah bagian punggung. Namun perlu diperhatikan, pemijatan harus dilakukan secara perlahan dan hati-hati. Ada beberapa bagian tubuh dari ibu hamil yang tidak boleh dipijat, salah satunya adalah bagian perut.

Ibu bisa melakukan pijat hamil dengan terapis terpercaya yang memang mengerti cara memijat ibu hamil dengan baik dan benar. Kombinasi pijatan memutar, menekan, mengusap dan menggosok pada sekitar panggul, bahu, dan tungkai sangat bermanfaat untuk ibu hamil sebagai salah satu cara untuk relaksasi dan mengatasi sakit punggung. Biasakan saat pijat, ibu menggunakan minyak zaitun, agar kelembapan tubuh tetap terjaga dan terhindari dari selulit.

 

  • Kompres Punggung

 

Saat sakit punggung ibu rasakan, ibu bisa minta kepada pasangan untuk mengompres bagian punggung dengan air dingin. Kompres selama 20 menit dan lakukan beberapa kali dalam satu hari. Ibu juga bisa mengompres punggung kamu dengan air hangat dan lakukan beberapa kali dalam satu hari. Namun ingat, jangan mengompres bagian perut kamu, hanya bagian punggung yang terasa nyeri saja yang boleh dikompres.

 

  • Olahraga

 

Rutin berolahraga nyatanya bisa memperkuat otot dan meningkatkan fleksibilitas atau kelenturan tubuh kamu. Dengan begitu, olahraga dapat mengurangi tekanan pada tulang belakang kamu. Olahraga yang aman dilakukan pada saat hamil adalah berjalan santai dan juga berenang.

 

  • Akupuntur

 

Pengobatan akupuntur mungkin bisa membantu ibu mengatasi rasa sakit pada punggung saat sedang hamil. Namun perlu kamu perhatikan, saat akan melakukan akupuntur sebaiknya pilih terapis yang berpengalaman dan terlatih.

(Baca juga: Tips Mengatasi Asma Kambuh pada Ibu Hamil)

Selain itu, biasanya pada masa kehamilan gunakan alas kaki yang nyaman untuk digunakan dalam beraktivitas sehari-hari. Usahakan untuk tidak menggunakan alas kaki yang tinggi, karena dapat memberikan dampak negatif bagi ibu hamil dan janin. Jika nyeri punggung yang ibu alami semakin parah, sebaiknya bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Dengan fitur Contact Doctor, ibu bisa bertanya pada dokter melalui Video Call, Voice Call, atau Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play.