• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Melancarkan Menstruasi

5 Cara Melancarkan Menstruasi

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Siklus menstruasi yang normal umumnya adalah 28-35 hari. Tiap perempuan bisa mengalami siklus menstruasi yang berbeda-beda, bisa lebih pendek atau lebih panjang. Biasanya seseorang akan mengalami menstruasi yang tidak teratur pada tahun pertama saat mulai menstruasi dan menjelang menopause.

Namun, ada juga sebagian perempuan yang sering mengalami menstruasi yang tidak teratur, bahkan di luar kedua waktu tersebut. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti stres berkepanjangan, penurunan berat badan, penyakit, dan lain-lain. Informasi lebih lengkap mengenai cara melancarkan menstruasi bisa diperoleh di bawah ini!

Makanan Berpengaruh Terhadap Siklus Menstruasi

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Karolinska Institute, pola makan dapat berpengaruh terhadap kelancaran menstruasi. Berikut ini makanan dan minuman yang direkomendasikan untuk dikonsumsi untuk melancarkan menstruasi:

  1. Minum Jus Wortel

Ternyata tidak hanya baik untuk mata, tetapi wortel yang kaya akan kandungan vitamin A, C, kalsium, dan zat besi yang bermanfaat menjaga agar hormon-hormon dalam tubuh tidak mengalami gangguan. Dengan minum jus wortel tanpa gula secara rutin, masalah siklus menstruasi yang tidak teratur pun bisa diatasi.  

  1. Air Rebusan Daun Pepaya

Rasa pahit daun pepaya tidak seberapa jika dibandingkan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Daun pepaya mengandung vitamin yang cukup lengkap, yaitu A, B, C, D, dan E serta kalsium, sehingga berkhasiat melancarkan siklus menstruasi. Cara membuatnya adalah rebus daun pepaya dengan asam jawa dan garam, serta dua gelas air. Rebusan daun papaya juga efektif mengurangi nyeri haid.

  1. Jamu Kunyit

Kenapa tidak mencoba kembali ke tradisional? Jamu kunyit sudah dikenal akan manfaatnya untuk masalah kewanitaan. Hal ini karena kunyit mengandung kurkumin yang berkhasiat sebagai obat. Kunyit juga berguna sebagai zat anti-inflamasi dan anti-oksidan. Jadi, rutinlah meminum jamu kunyit agar menstruasi lancar.

  1. Air Kelapa Hijau

Tidak hanya menyegarkan, air kelapa hijau juga baik untuk melancarkan haid. Di dalam air kelapa hijau, terdapat kandungan asam laurat yang berfungsi sebagai antibakteri, antijamur, dan juga antivirus. Air kelapa juga mengandung berbagai macam gizi, sehingga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh kamu.

  1. Gaya Hidup Sehat

Cara yang sangat efektif untuk melancarkan siklus menstruasi adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Ini tidak hanya melalui konsumsi makanan bergizi, tetapi juga memperbanyak asupan air putih, dan berolahraga.

Untuk itulah, kamu perlu menghentikan kebiasaan-kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok, minum minuman beralkohol, tidur larut malam, dan mengonsumsi kafein berlebihan. Informasi lebih lengkap mengenai siklus menstruasi yang lancar, bisa ditanyakan saja langsung ke Halodoc.

Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja.

Pun begitu, mengonsumsi terlalu sedikit makanan atau tidak mendapatkan asupan nutrisi yang tepat dapat meningkatkan stres pada kelenjar hipotalamus, hipofisis, dan adrenal. Kelenjar ini mengatur keseimbangan hormon tubuh yang dapat memengaruhi menstruasi.

Tidak mendapatkan karbohidrat yang cukup dapat menyebabkan siklus yang tidak teratur, bahkan terlewat (amenore). Diet rendah karbohidrat dapat mengganggu fungsi tiroid dan menurunkan kadar leptin dalam tubuh. Leptin diproduksi oleh sel-sel lemak dan membantu mengatur hormon reproduksi.

Referensi:

Karolinska Institute. Diakses pada 2020. How menstruation affects women's health.

Healthline. Diakses pada 2020. 8 Science-Backed Home Remedies for Irregular Periods.

Medicinenet. Diakses pada 2020. Menstruation (Menstrual Cycle, Period).