20 February 2018

5 Cara Melancarkan Menstruasi

5 Cara Melancarkan Menstruasi

Halodoc, Jakarta – Telat datang bulan beberapa hari saja sudah bisa membuat wanita jadi was-was. Apalagi jika menstruasi datang hanya sekali dalam dua bulan atau tiga bulan. Telat datang bulan tidak selalu menandakan kehamilan. Nyatanya, sebagian wanita mengalami siklus haid yang tidak teratur karena berbagai hal. Jangan dibiarkan saja ya, ini cara melancarkan menstruasi.

Siklus menstruasi yang normal umumnya adalah 28-35 hari. Tiap wanita bisa mengalami siklus menstruasi yang berbeda-beda, bisa lebih pendek atau lebih panjang. Biasanya wanita akan mengalami menstruasi yang tidak teratur pada tahun pertama saat mulai menstruasi dan menjelang menopause. Tapi ada juga sebagian wanita yang sering mengalami menstruasi yang tidak teratur, bahkan di luar kedua waktu tersebut. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti stres berkepanjangan, penurunan berat badan, penyakit, dan lain-lain. (Baca juga: Ini 7 Penyebab Siklus Haid Tidak Teratur). Siklus menstruasi yang tidak teratur bukanlah kondisi yang normal. Karena itu, segera lakukan tindakan untuk mengatasinya.

  1. Minum Jus Wortel

Enggak hanya baik untuk mata, tapi wortel yang kaya akan kandungan vitamin A, C, kalsium dan iron juga bermanfaat menjaga agar hormon-hormon dalam tubuh tidak mengalami gangguan. Dengan minum jus wortel tanpa gula secara rutin, masalah siklus menstruasi yang tidak teratur pun bisa diatasi.  

  1. Ramuan Daun Pepaya

Rasa pahit daun pepaya tidak seberapa jika dibandingkan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Daun pepaya mengandung vitamin yang cukup lengkap yaitu A, B, C, D, dan E serta kalsium, sehingga berkhasiat melancarkan siklus menstruasi. Cara membuatnya adalah rebus daun pepaya dengan asam jawa dan garam, serta dua gelas air. Rebusan daun papaya juga efektif mengurangi nyeri haid lho.

  1. Jamu Kunyit

Jamu kunyit sudah dikenal akan kebaikannya untuk masalah kewanitaan. Hal ini karena kunyit mengandung kurkumin yang berkhasiat sebagai obat. Kunyit juga berguna sebagai zat anti-inflamasi dan anti-oksidan. Jadi, rutin lah meminum jamu kunyit agar menstruasi jadi lancar.

  1. Air Kelapa Hijau

Enggak hanya menyegarkan, air kelapa hijau juga baik untuk melancarkan haid. Di dalam air kelapa hijau, terdapat kandungan senyawa laurat yang berfungsi sebagai anti bakteri, anti jamur dan juga antivirus. Air kelapa juga mengandung berbagai macam gizi sehingga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh kamu.

  1. Gaya Hidup Sehat

Cara yang sangat efektif untuk melancarkan siklus menstruasi adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Enggak hanya makan makanan bergizi, banyak minum air putih dan berolahraga saja, tapi kamu juga perlu menghentikan kebiasaan-kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok, minum minuman beralkohol, begadang, dan mengonsumsi kafein berlebihan. Karena hal-hal tersebut sudah terbukti dapat mengganggu siklus haid wanita.

Jika siklus menstruasi kamu masih belum teratur setelah melakukan cara-cara di atas, kamu disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Kamu juga bisa bertanya seputar masalah mesntruasi kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat untuk meminta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Di Halodoc jkamu juga bisa membeli produk kesehatan dan vitamin yang dibutuhkan. Tinggal order melalui aplikasi dan pesanan akan diantar dalam satu jam. Ingin melakukan tes kesehatan? Halodoc kini memiliki fitur Lab Test yang memudahkan untuk melakukan berbagai macam tes kesehatan. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.