13 August 2018

5 Cara Membuat Si Kecil Nyaman di Hari Pertama di Sekolah

masuk sekolah anak, agar anak nyaman di sekolah, mengenalkan anak dengan sekolah, mengenalkan anak dengan lingkungan baru

Halodoc, Jakarta – Memasuki usia sekolah, pasti ibu memiliki perasaan bangga terhadap anak karena sudah mulai bersekolah. Namun di sisi lain, pasti timbul kecemasan ibu terhadap lingkungan baru yang akan dikenal oleh Si Kecil.

Masuk dalam lingkungan baru terkadang membuat anak kecil merasa cemas. Beberapa anak terkadang bisa melakukan adaptasi dengan cepat, tapi beberapa anak terkadang sulit beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Baca juga: Waspada Dampak Negatif pada Anak Sekolah di Usia Terlalu Dini

Setiap anak tentu memiliki sifat yang berbeda dalam menghadapi masalah. Lalu, bagaimana jika Si Kecil menangis dan tidak merasa nyaman saat berada di kelas untuk pertama kalinya? Berikut adalah tips yang bisa ibu gunakan untuk membuat Si Kecil nyaman di hari pertama dia masuk sekolah.

1. Kunjungan Sebelum Sekolah

Sebelum masuk masa sekolah, tidak ada salahnya ibu mengajak Si Kecil untuk berkunjung ke sekolah barunya. Perkenalkan padanya bahwa ini adalah tempat yang menyenangkan untuk belajar bersama teman-teman. Berikan gambaran yang menyenangkan pada anak mengenai kegiatan di sekolah nanti. Ceritakan bahwa dia akan mendapatkan banyak teman baru di sekolah.

Ibu bisa mengajak anak saat pendaftaran atau menyelesaikan urusan dengan pihak sekolah sesekali. Biasanya, saat-saat seperti ini, orangtua lain juga akan membawa anaknya untuk mengenalkan sekolah barunya. Alangkah baiknya jika anak sudah bisa berteman dengan teman barunya sebelum masuk ajaran baru di sekolah.

2. Baca Buku atau Film Anak yang Menceritakan Mengenai Sekolah

Tidak ada salahnya menceritakan kegiatan mengenai sekolah melalui buku bacaan atau film anak-anak. Tidak ada salahnya orangtua bertanya pendapat anak-anak mengenai sekolah setelah mereka membaca atau melihat kegiatan di sekolah.

Hal ini bisa membuat orangtua lebih memahami apa yang dipikirkan oleh anak-anak mengenai sekolah. Orangtua bisa memberikan tambahan masukan hal-hal menarik yang bisa dilakukan di sekolah.

3. Latih Si Kecil untuk Bangun Pagi

Bila selama ini Si Kecil memiliki kebiasaan bangun siang, ibu bisa mencoba untuk melatih anak agar anak terbiasa bangun lebih pagi dari biasanya. Mulailah beberapa minggu sebelum anak masuk hari pertama sekolah. Dengan begitu anak akan lebih terbiasa dengan bangun pagi.

Buatlah suasana yang menyenangkan saat anak bangun pagi. Dengan menciptakan suasana yang menyenangkan tentu akan membuat suasana hati anak menjadi lebih baik dan anak tidak akan rewel seharian. Tentu hal ini juga akan lebih memudahkan orangtua saat mengantar anak ke sekolah.

4. Ajak Anak untuk Membuat Bekal di Sekolah

Hari pertama sekolah Si Kecil akhirnya tiba. Tanya pada anak apa yang ingin ia konsumsi di sekolah. Buatlah makanan yang simpel tapi menarik. Tidak ada salahnya mengajak anak untuk membuat menu bekalnya.

Ajarkan anak mengenai kebersihan dan kesehatan dengan mengonsumsi bekal dari rumah. Buatlah beberapa agar anak bisa berbagi dengan temannya. Selain hemat dan kebersihannya terjaga, anak juga bisa belajar untuk berbagi dengan teman-temannya di sekolah.

Baca juga: 5 Menu Sarapan untuk Hari Pertama Sekolah

5. Berikan Dukungan saat di Sekolah

Saat ibu akan meninggalkan ruangan kelas untuk menyediakan waktu anak dan guru berinteraksi, berikan padanya dukungan dan motivasi. Anak menangis pada awal masuk sekolah adalah hal yang biasa. Sebaiknya ibu juga jangan terlalu lama menunggu anak di dalam kelas. Pantau anak dari jauh agar anak juga bisa merasa nyaman dengan guru dan temannya.

Tidak hanya persiapan sekolahnya saja, ibu juga harus mempersiapkan kesehatan anak agar anak bisa sekolah dengan lancar. Jika memiliki keluhan di awal sekolah, ibu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store dan Google Play!