22 July 2018

5 Cara Menenangkan Pikiran Saat Bad Mood

cara menenangkan pikiran

Halodoc, Jakarta – Salah dua kunci penting dalam beraktivitas sehari-hari adalah pikiran dan perasaan. Ketika perasaan sedang senang, bahagia, atau berbunga-bunga, apapun yang dilakukan tentu saja akan menyenangkan. Sayangnya, hal ini tidak bisa berlangsung secara terus-menerus. Pikiran dan perasaan yang tidak karuan atau akrab disebut bad mood pun juga tidak jarang menghampiri. Jika ini terjadi, semua hal yang dikerjakan akan jadi tidak maksimal.

Baca juga: Kenali Tandanya, Ini 4 Cara Mudah Atas Stres

Untuk mengatasi hal ini, tidak sedikit orang yang membutuhkan mood booster atau penyemangat. Pasalnya, jika dibiarkan secara terus-menerus, bad mood tidak hanya berdampak pada diri sendiri, melainkan juga orang lain yang ada di sekitar. Tapi tenang saja, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menenangkan pikiran. Bagaimana  caranya?

1. Tarik Napas Dalam-dalam

Langkah pertama yang dapat dengan mudah ditempuh untuk memperbaiki suasana hati adalah dengan menarik napas dalam-dalam. Caranya, coba pejamkan mata dan tariklah napas melalui hidung, kemudian hembuskan melalui mulut. Lakukan cara ini dengan perlahan dan berulang-ulang hingga suasana hati (mood) kamu membaik.

Baca juga: 3 Jenis Latihan Pernapasan untuk Hilangkan Stres

Meskipun sering dilakukan saat yoga, teknik menarik napas ini dapat juga kamu lakukan sehari-hari guna membuat tubuh lebih rileks dan pikiran lebih tenang. Semoga dengan cara ini, perasaanmu dapat kembali membaik dan kamu bisa beraktivitas kembali.

2. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik merupakan salah satu cara untuk menenangkan pikiran. Tidak ada salahnya jika kamu memutar lagu-lagu kesukaan untuk menenangkan pikiran. Aktivitas ini pun secara tidak sadar akan meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, hingga membantu menurunkan tekanan darah. Bahkan, studi yang dipublikasikan dalam World Journal of Psychiatry menyebutkan bahwa terapi musik bisa mengurangi
depresi dan kecemasan, sehingga mampu memperbaiki mood, harga diri, serta
kualitas hidup.

3. Tidur dan Beristirahat

Ketika bad mood, pilihan terbaik yang dapat kamu ambil adalah dengan beristirahat dan tidur. Kedua hal ini tidak diragukan lagi dampaknya. Ketika tubuh tidur atau beristirahat, pikiran dan perasaan seperti dimulai lagi ke dalam fase tenang. Jika sudah terbangun, maka, perasaan pun akan semakin enak dan bad mood yang awalnya dirasakan bisa hilang dengan sendirinya.

4. Makan Cokelat

Cara lain yang bisa dilakukan adalah makan cokelat. Ini karena cokelat mengandung phenethylamine, sebuah zat yang mampu menghasilkan hormon endorfin. Endorfin adalah hormon yang bisa membuat seseorang merasa bahagia, seperti sedang jatuh cinta. Studi lain juga menyebutkan bahwa cokelat mengandung anandamie yang bisa membuat kerja otak lebih tenang, sehingga kamu bisa lebih rileks. Selain makan cokelat, kamu juga bisa mengurangi bad mood dengan minum teh.

5. Meditasi

Banyak studi yang menyebutkan bahwa meditasi berdampak positif pada suasana hati seseorang. Itu mengapa meditasi banyak digunakan sebagai salah satu cara untuk menangani gangguan fisik dan mental, seperti stres dan depresi. Praktik ini umumnya dilakukan dengan duduk tenang sambil mengatur napas secara perlahan dan teratur, setidaknya 15-20 menit.

Baca juga: Teh atau Kopi, Mana yang Lebih Sehat?

Itulah beberapa cara menenangkan pikiran yang bisa kamu coba. Jika perasaan kamu tidak kunjung membaik, sebaiknya segeralah berbicara dengan dokter Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa berbicara pada dokter kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga.