• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Mengatasi Rasa Takut saat Turbulensi Pesawat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara Mengatasi Rasa Takut saat Turbulensi Pesawat

5 Cara Mengatasi Rasa Takut saat Turbulensi Pesawat

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 02 Juni 2022

“Turbulensi dalam pesawat menjadi kondisi yang mengkhawatirkan. Namun, kamu bisa mengatasi rasa takut saat turbulensi pesawat dengan melakukan teknik pernapasan dan mengetahui lebih banyak mengenai fakta turbulensi.”

5 Cara Mengatasi Rasa Takut saat Turbulensi Pesawat

Halodoc, Jakarta – Video turbulensi pesawat viral di media sosial. Dalam unggahan tersebut, menggambarkan detik-detik pesawat mengalami guncangan hebat karena puting beliung. Kejadian tersebut dialami oleh sebuah maskapai penerbangan yang akan berangkat dari Makassar menuju Palu pada Minggu (29/5/2022) lalu. 

Kejadian ini tentu tidak menyenangkan dan membuat khawatir. Bukan bagi para penumpangnya saja, kita yang mengetahui kondisi tersebut juga demikian. Lalu, bagaimana sebaiknya mengatasi rasa takut saat turbulensi pesawat? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Lakukan Ini untuk Mengurangi Rasa Takut Ketika Turbulensi Pesawat

Pesawat menjadi salah satu alat transportasi yang efektif untuk digunakan ketika bepergian jarak jauh. Namun, tidak semua orang nyaman pergi menggunakan pesawat. 

Khawatir terjadi turbulensi ketika penerbangan berlangsung adalah satu dari sekian banyak faktor buat sebagian orang menolak menggunakan pesawat. Tapi, untuk mengurangi rasa takut saat turbulensi pesawat, lakukan beberapa hal berikut ini:

1. Cari Tahu Lebih Banyak Mengenai Turbulensi Sebelum Menggunakan Pesawat

Tidak ada salahnya untuk mengetahui apa itu turbulensi dan penyebab kamu takut menggunakan pesawat. Jika kamu khawatir akan turbulensi yang kerap terjadi saat penerbangan, kamu bisa mencari tahu lebih banyak mengenai turbulensi. 

FYI saja, turbulensi terjadi akibat adanya perubahan aliran udara. Kondisi ini bukan terjadi akibat adanya kerusakan pada pesawat.

Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu mengenai fakta-fakta turbulensi. Banyak kecemasan bahwa turbulensi dapat menyebabkan kecelakaan pada pesawat. Faktanya, risiko turbulensi menyebabkan kecelakaan pesawat sangatlah kecil. Dikutip dari America’s Federal Aviation Administration, turbulensi memiliki risiko bahaya yang sangat kecil.

2. Gunakan Sabuk Pengaman

Saat terjadi turbulensi tetap gunakan sabuk pengaman dengan tepat. Kencangkan sabuk pengaman agar guncangan yang terjadi pada pesawat tidak menyebabkan kamu mengalami cedera. Meski tidak akan membuat kamu terlempar dari kursi pesawat, tetapi kondisi turbulensi memungkinkan kamu untuk jatuh.

3. Tetap Tenang

Tarik napas secara perlahan melalui hidung dan keluarkan melalui mulut. Saat mengatur napas, lakukan dengan mata tertutup agar kamu merasa lebih tenang dan rileks. 

4. Lakukan Aktivitas Lain untuk Menghilangkan Kecemasan

Kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas yang bisa membantu kamu untuk menurunkan rasa cemas dan takut. Seperti, mendengarkan musik, bermain game, atau membaca buku. Dengan membuat pikiran untuk fokus pada aktivitas lain, hal ini akan membuat kamu bisa melewati turbulensi dengan baik.

5. Tanyakan Langsung pada Pihak Maskapai Mengenai Kondisi yang Sedang Dialami

Jika kamu merasa rasa takut atau gangguan cemas semakin memburuk, kamu bisa bertanya pada awak kabin mengenai kondisi yang sedang dialami. Dan yang perlu kamu ingat, pilot dan seluruh awak kabin yang berada dalam pesawat adalah pekerja profesional yang akan menjamin keselamatan dan kenyamanan penumpang. Mestinya, kamu tak harus merasakan kondisi ini lagi.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa takut saat turbulensi pesawat. Jangan lupa untuk menjaga kesehatan sebelum bepergian menggunakan pesawat. Jika kamu merasakan adanya keluhan kesehatan sebelum melakukan perjalanan jauh, sebaiknya lakukan pemeriksaan di rumah sakit untuk memastikan kondisi kesehatan. 

Kamu bisa buat janji di rumah sakit terdekat menggunakan aplikasi Halodoc agar pemeriksaan yang dilakukan berjalan dengan baik. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store dan Google Play!

Referensi:

Alternative Airlines. Diakses pada 2022. How to Deal With Turbulence.
Huffpost. Diakses pada 2022. How To Calm Anxiety During Turbulence, According To Flight Attendants.
NHS Inform. Diakses pada 2022. How to Deal With Panic Attacks.
Healthline. Diakses pada 2022. 12 Ways to Stop a Panic Attack.