05 April 2018

5 Cara Merawat Diri Saat Tipes

5 Cara Merawat Diri Saat Tipes

Halodoc, Jakarta – Suka makan sembarangan di tempat yang belum tentu terjamin kebersihannya bisa membuat kamu berisiko mengalami tipes. Walaupun tipes merupakan penyakit umum yang sering dialami banyak orang, tapi bukan berarti kondisi ini bisa disepelekan. Karena bila tidak ditangani segera dan dengan cara yang tepat, tipes bisa membahayakan nyawa.

Mengobati tipes sebenarnya bisa dilakukan di rumah sakit maupun sendiri di rumah. Bila gejala yang ditimbulkan tipes masih ringan, kamu bisa menjalani perawatan di rumah. Pastikan kamu melakukan hal-hal berikut jika memutuskan untuk merawat diri sendiri di rumah untuk mengobati tipes:

  1. Minum Obat Secara Rutin

Umumnya dokter akan meresepkan tablet antibiotik bila kamu terdiagnosis tipes pada stadium awal. Tablet antiobiotik tersebut perlu kamu konsumsi sesuai anjuran selama 1-2 minggu. Meski tubuh akan mulai membaik setelah 2-3 hari mengonsumsi antibiotik, tapi kamu dianjurkan untuk terus mengonsumsi antibiotik sampai habis. Hal ini bertujuan agar bakteri penyebab tipes benar-benar hilang dari tubuh.

  1. Istirahat Total

Biarkan tubuh beristirahat total selama beberapa minggu sampai kondisimu benar-benar pulih, karena gejala tipes umumnya akan membuat badan terasa lemas. Ini adalah cara paling ampuh selain pengobatan untuk mengobati tipes.

  1. Minum Air Putih

Selain istirahat total, kamu juga perlu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum banyak air putih. Karena gejala tipes bisa saja menyebabkan kamu mengalami diare, muntah dan banyak mengeluarkan keringat, sehingga jika cairan yang hilang tidak segera digantikan, kamu berisiko mengalami dehidrasi.

  1. Jaga Pola Makan

Usakan untuk makan secara teratur tiga kali sehari tepat waktu. Kalau kamu tidak nafsu makan saat tipes, kamu bisa menyiasatinya dengan makan dalam porsi yang sedikit tapi sering. Kamu juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lunak dan bergizi, seperti bubur, sup, nasi tim, dan lain-lain untuk memulihkan kondisi tubuh kamu.

  1. Jaga Kebersihan

Menjaga kebersihan tangan sebelum makan juga sangat penting. Cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air hangat untuk mengurangi risiko penyebaran infeksi. Bila setelah satu minggu, gejala tipes belum membaik juga, dan malah menyebabkan muntah-muntah, diare, hingga pembengkakan pada bagian perut, maka sebaiknya kamu menjalani perawatan di rumah sakit. Anak-anak dan balita yang mengalami gejala tipes juga sebaiknya dirawat inap di rumah sakit.

Pengobatan Tipes di Rumah Sakit

Di rumah sakit, umumnya kamu akan diberi antibiotik dalam bentuk suntikan. Jika diperlukan, kamu juga akan diberikan asupan cairan dan nutrisi yang disuntikkan ke dalam pembuluh darah melalui infus. Pengobatan antibiotik di rumah sakit ini perlu dilakukan sampai hasil tes terhadap tinja dan urinmu benar-benar bersih dari bakteri penyebab tipes.

Bila kamu mengalami gejala tipes yang cukup parah, seperti muntah terus menerus, diare yang parah, serta perut kembung, dokter akan memberikan infus berisi cairan untuk mencegah kamu mengalami dehidrasi akibat diare.

Tipes juga bisa menyebabkan komplikasi yang sangat serius dan dapat membahayakan nyawa. Pengidap tipes yang mengalami pendarahan di dalam tubuh atau sistem pencernaannya rusak akan diitangani dengan cara operasi. Namun, kondisi ini jarang terjadi.

Hampir semua pengidap tipes kondisinya akan berangsur pulih setelah 3-5 hari dirawat di rumah sakit. Namun, kamu dianjurkan untuk tetap menjaga kondisi tubuh dengan mengonsumsi makanan yang bersih dan bergizi setelah sembuh dari tipes.

Kalau kamu mengalami gejala-gejala seperti gejala tipes, tanyakan saja langsung kepada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk memastikan kondisi kamu. Halodoc juga memiliki fitur Lab Service yang memudahkan melakukan berbagai macam tes kesehatan. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.