15 March 2018

5 Cara Persiapkan Si Kecil untuk Bersekolah

5 Cara Persiapkan Si Kecil untuk Bersekolah

Halodoc, Jakarta – Hari pertama sekolah bukanlah hari yang mudah bagi anak-anak. Ini karena mereka belum terbiasa dengan lingkungan baru tanpa ditemani orangtua. Jadi, enggak heran jika anak jadi rewel dan tidak mau melepaskan gandengan saat memasuki hari pertama sekolah. Tapi, tenang saja. Ibu bisa kok mencegah “keributan” tersebut dengan lima cara persiapkan anak untuk sekolah berikut ini. Intip sekarang, yuk!

1. Ceritakan Tentang Kegiatan Sekolah

Sekolah adalah dunia baru untuk Si Kecil. Karena itu, ibu perlu menjelaskan kepada Si Kecil tentang sekolah. Ceritakan kepada Si Kecil tentang hal seru  yang bisa ia temui dan lakukan di sekolah. Mulai dari kegiatan yang menyenangkan, teman baru, guru-guru, dan keseruan lainnya. Jelaskan juga tentang apa yang harus Si Kecil lakukan di sekolah, seperti duduk diam dan mendengarkan guru yang sedang berbicara. Ibu bisa menjelaskan secara lisan dengan bahasa yang sederhana, atau menggunakan gambar agar Si Kecil lebih mudah memahaminya. Dengan melakukan ini, Si Kecil akan punya bayangan yang menyenangkan tentang sekolah. Jadi, Si Kecil tidak perlu takut jika harus berada di sekolah.

2. Ajarkan Si Kecil Sosialisasi

Di sekolah nanti, Si Kecil akan bertemu banyak orang baru. Itu mengapa ibu perlu mengajarkan Si Kecil tentang sosialisasi. Ibu bisa menjelaskan kepada Si Kecil tentang pentingnya punya teman saat di sekolah. Ajarkan juga mengenai etika yang baik dalam berteman, baik dengan teman seusianya atau teman yang lebih tua. Ini dilakukan agar Si Kecil bisa bersosialisasi dan berkomunikasi dengan baik. Ibu bisa mulai mengajarkan Si Kecil tentang sosialisasi dengan membiarkan Si Kecil bergaul dengan teman-teman seusianya di lingkungan rumah.

3. Ajarkan Si Kecil untuk Mandiri

Agar Si Kecil tidak kaget saat sudah sekolah, ibu bisa mengajarkannya tentang kemandirian. Ini karena saat di sekolah, Si Kecil akan dibiarkan melakukan apapun sendiri, termasuk buang air, makan, memakai sepatu, dan aktivitas lain yang biasanya didampingi ibu. Untuk mengajarkan Si Kecil tentang kemandirian, ibu bisa membiarkan ia melakukan aktivitas sederhana yang bisa ia lakukan sendiri, seperti makan, memakai pakaian, sepatu, dan lainnya. Ibu hanya perlu mengawasi aktivitas Si Kecil dan jangan lupa untuk memberikannya pujian.

4. Mengunjungi Sekolah Si Kecil

Untuk membantu Si Kecil beradaptasi, ibu bisa mengajaknya berkunjung ke sekolah beberapa hari sebelum hari pertama sekolah. Kenalkan kepada Si Kecil tentang lingkungan sekolahnya, mulai dari ruang kelas, kantin, taman bermain, dan bangunan lain yang ada di sekolah. Jika ibu berkunjung saat hari aktif sekolah, ibu bisa sekaligus memperlihatkan Si Kecil tentang aktivitas yang ada di sekolah termasuk memperlihatkan guru-guru yang akan mengajarnya di sekolah.

5. Mengantar Si Kecil di Hari Pertama Sekolah

Hari pertama anak sekolah adalah hari yang banyak ditunggu oleh para orangtua. Karena itu, ibu enggak boleh kehilangan momen berharga ini. Jangan lupa untuk memeluk dan mencium Si Kecil untuk membuatnya yakin bahwa hari pertama sekolah akan berlangsung menyenangkan. Jika perlu, antarkan Si Kecil sampai ke ruang kelasnya, tunggu sampai ia mendapatkan tempat duduk dan berkenalan dengan teman barunya.

Selama Si Kecil berada di fase pertumbuhan dan perkembangan, jangan lupa juga untuk perhatikan kondisi kesehatan Si Kecil ya, bu. Jika Si Kecil butuh suplemen atau vitamin tambahan, sekarang ibu enggak perlu lagi repot ke luar rumah. Tinggal di Halodoc dan pesanan ibu akan diantar dalam satu jam. Jadi, ayo download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.