08 June 2017

5 Cara Turunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

5 Cara Turunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Halodoc, Jakarta Perubahan fisik setelah melahirkan sering kali mengganggu kepercayaan diri seseorang. Terutama saat kamu harus menghadapi berat badan yang meningkat drastis. Peningkatan berat badan ini terutama disebabkan oleh pola makan yang tidak terkendali sewaktu hamil yang kemudian terakumulasi hingga setelah persalinan. 

Menurunkan berat badan pasca persalinan seharusnya dilakukan secara bertahap, mengingat adanya masa nifas selama 40 hari dan kewajiban kamu para ibu untuk memberikan ASI pada anak. Biasanya ketika nifas, kamu belum diperbolehkan untuk berolahraga. Menurunkan berat badan saat masih menyusui pun tak boleh sembarangan. Lantas, bagaimana cara turunkan berat badan setelah melahirkan yang aman dan efektif?

1.  Menyusui
Cara diet setelah melahirkan yang paling sederhana adalah menyusui. Proses ini tanpa disadari tak hanya berdampak positif untuk bayi, namun ternyata juga mampu mengembalikan berat badan seperti sedia kala. Hal ini dikarenakan saat kamu memberikan ASI secara eksklusif, maka timbunan lemak dalam tubuh otomatis akan berkurang akibat produksi ASI itu sendiri. Jadi teruslah menerapkan ASI eksklusif agar bayi tumbuh sehat. Bonusnya, berat badan kamu pun kembali ideal.

2.  Konsumsi Makan “Superfood”
Keuntungan lain dari menyusui, kamu mau tak mau harus mengonsumsi makanan serba sehat. Tak boleh sembarangan, karena apa yang kamu konsumsi akan mempengaruhi asupan gizi anak melalui ASI. Konsumsi makanan “Superfood” yang tinggi protein seperti daging, ayam, dan kacang-kacangan. Kamu juga perlu kalsium yang bisa didapat dari susu, yogurt, dan keju. Ikan salmon adalah salah satu jenis superfood yang baik karena mengandung DHA, suatu jenis asam lemak omega 3 yang baik untuk bayi. Cara turunkan berat badan setelah melahirkan ini tentu aman, baik bagi kesehatan kamu maupun sang buah hati.

3.  Merawat Anak Sendiri
Tergolong cara turunkan berat badan setelah melahirkan yang alami, merawat anak tanpa bantuan baby sitter juga bisa membuat kamu memperoleh bentuk tubuh kembali normal. Mengerjakan sendiri segala keperluan bayi mulai dari memandikan bayi, mengganti popok, menggendong bayi, menidurkan bayi, menyusui  hingga mengajak bayi bermain akan banyak membakar kalori yang tertimbun.

4.  Olahraga Ringan
Sediakan sedikit waktu saat anak sedang tidur dengan berolahaga ringan di kamar. Ini merupakan kegiatan yang efektif untuk mengembalikan berat badan jika dilakukan secara rutin. Mulai dengan gerakan kecil seperti sit up, lunges, atau squats. Lakukan masing-masing 10 kali dalam minimal 3 set dalam sehari. Jika ingin olahraga yang lebih bervariasi, kamu juga bisa mencoba yoga dengan mengikuti tutorialnya di Youtube. Namun pastikan saat berolahraga, masa nifas kamu telah berakhir.

5.  Perbanyak Minum Air Putih
Melangsingkan tubuh setelah melahirkan juga bisa kamu tempuh dengan perbanyak minum air putih. Air putih yang diminum minimal 8 gelas per hari  akan membuat kamu merasa lebih kenyang. Dengan begitu, kamu pun enggan mengonsumsi cemilan yang rata-rata berkalori tinggi dan menggemukkan.


Itulah kelima tips sederhana yang dapat dicoba agar tubuh kembali langsing seperti saat masih gadis dulu. Mau tahu cara turunkan berat badan setelah melahirkan lainnya? Tanyakan langsung pada yang ahli melalui aplikasi Halodoc. Halodoc akan menghubungkan kamu dengan ribuan dokter spesialis yang telah standby 24/7 untuk menjawab apapun pertanyaan seputar kesehatan, termasuk cara turunkan berat badan setelah melahirkan yang aman dan efektif. Nikmati layanan tanya-jawab dengan pilihan metode komunikasi lewat chat, video call atau voice call secara GRATIS. Yuk, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang juga!

BACA JUGA: 5 Tips Mudah Usir Lemak Perut