21 June 2018

5 Ciri Awal Kanker Kulit yang Perlu Diwaspadai

ciri awal kanker kulit, gejala kanker kulit, ciri kanker kulit

Halodoc, Jakarta – Tidak ada penyakit kanker yang tidak mematikan. Meski begitu, semua penyakit ini tak akan mengancam nyawa jika mendapatkan penanganan sejak dini, termasuk kanker kulit. Penyakit ganas ini ternyata tak hanya menyerang kulit. Pada stadium akhir, penyebaran penyakit ini akan turut menyerang beberapa organ tubuh lainnya, seperti mata. Inilah mengapa beberapa pengidap penyakit kanker kulit akan turut kehilangan kemampuan melihat.

Penyebab Penyakit Kanker Kulit

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang terkena penyakit kanker kulit. Beberapa di antaranya adalah kelainan kromosom, keturunan atau faktor genetika, hingga virus yang mematikan. Inilah yang membuat gejala kanker kulit akan berbeda pada setiap pengidap.

Tak hanya itu, paparan sinar matahari secara langsung pada kulit secara terus-menerus juga bisa memicu seseorang terkena kanker kulit. Kamu perlu tahu, matahari menjadi sumber utama sinar ultraviolet. Ada tiga jenis sinar ultraviolet, yaitu A, B, dan C. Dari ketiganya, sinar UVC adalah yang paling berbahaya. Meski begitu, UVC akan hilang terserap oleh atmosfer sebelum mampu sampai ke kulit kamu. Namun, kamu tetap perlu waspada, karena sinar UVA dan UVB juga berpotensi besar terhadap kerusakan kulit.

Ciri Awal Kanker Kulit

Nah, berikut ini adalah beberapa ciri awal kanker kulit dan gejalanya yang bisa kamu cermati:

Permukaan Kulit Menjadi Gatal dan Nyeri

Sebagian besar orang menganggap rasa gatal yang muncul pada permukaan kulit hanyalah karena gigitan serangga. Padahal, bisa saja kamu sedang mengalami gejala awal penyakit kanker kulit. Saat permukaan kulit kamu terasa gatal dan nyeri, ini tanda bahwa sel kanker sedang mulai menyerang sel kulit tubuh yang sehat. Biasanya, rasa gatal akan muncul pada permukaan kulit yang tampak lebih kasar dan lecet.

Baca juga: Tips Merawat Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

Muncul Bercak-Bercak pada Kulit

Ciri awal kanker kulit selanjutnya yang bisa kamu amati adalah munculnya bercak yang tidak biasa pada permukaan kulit. Semakin lama, bercak ini akan semakin melebar. Oleh karena itu, jangan sepelekan jika terdapat bercak seperti lingkar berwarna kecoklatan atau hitam pada kulit kamu, karena ini adalah tanda awal terjadinya penyakit kanker kulit.

Kulit Berubah Warna

Dari banyak jenis kanker kulit yang ada di dunia, melanoma adalah jenis yang paling banyak terjadi di Indonesia. Tanda yang bisa kamu amati adalah terjadi perubahan warna pada kulit di bagian tubuh tertentu. Kondisi ini disebabkan karena sel yang memproduksi melanin atau pigmen kulit bermutasi dan berubah menjadi sel kanker.  pigmen kulit yang rusak akibat sel kanker. Perubahan ini disebabkan karena tingginya paparan radiasi dari sinar UV pada kulit.

Kulit Bersisik

Selain perubahan warna dan munculnya bercak pada permukaan kulit yang disertai rasa gatal serta nyeri, kulit yang terkena kanker juga akan bersisik laiknya ketika kamu terkena penyakit kadas. Rusaknya sel kulit akibat sel kanker membuat kulit tidak mampu mengalami regenerasi, sehingga akan muncul sisik pada permukaannya.

Baca juga: 6 Tips Merawat Kulit Sensitif

Adanya Benjolan pada Permukaan Kulit

Munculnya benjolan pada bagian tubuh tertentu sudah menjadi salah satu indikasi umum seseorang mengidap kanker. Tak terkecuali dengan kanker kulit. Kamu akan menemukan benjolan pada salah satu bagian tubuh. Benjolan ini umumnya akan muncul pada bagian tubuh atau kulit yang lebih sering terpapar sinar matahari langsung.

 

Itu tadi lima ciri awal kanker kulit dan gejalanya yang perlu diwaspadai. Jangan ragu untuk langsung bertanya pada dokter jika kamu menemukan adanya perubahan yang tidak biasa pada kulit kamu. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc dan memilih layanan Tanya Dokter. Ada banyak dokter ahli kulit yang akan membantu kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc di smartphone kamu sekarang juga!