27 April 2018

5 Ciri Emfisema yang Perlu Kamu Waspadai

5 Ciri Emfisema yang Perlu Kamu Waspadai

Halodoc, Jakarta – Informasi mengenai penyebab emfisema belum dikenal luas dibandingkan dengan informasi tentang gangguan paru-paru lainnya. Penyakit yang berkaitan dengan sistem pernapasan ini perlu kamu kenali ciri dan gejalanya.

  1. Napas Pendek dan Tidak Teratur

Ciri pertama penyakit emfisema adalah pernapasan yang pendek dan tidak teratur. Pengidapnya bisa secara tiba-tiba mengalami sesak napas. Ini terjadi akibat adanya infeksi di kantung paru-paru sehingga seseorang yang menderita penyakit ini akan mengalami kondisi pernapasan yang buruk. Nah, bagaimana dengan kamu? Apakah kamu merasakan napas yang pendek dan tidak teratur? Jika iya, segeralah bertanya pada dokter. Kamu bisa berdiskusi dengan dokter ahli lewat aplikasi Halodoc tentang penyebab emfisema.

(Baca juga: Sering Merasa Cepat Lelah? Mungkin Ini Sebabnya)

  1. Bibir Kering dan Berwarna Abu-abu

Ciri berikutnya dari penyakit emfisema adalah bibir yang kering dan berwarna abu-abu. Kelainan pernapasan bisa membuat bibir kekurangan cairan. Kekurangan cairan inilah penyebab bibir berubah warna menjadi keabu-abuan.

  1. Tubuh Terasa Lemas

Ciri ketiga adalah turunnya daya tahan tubuh yang membuat pengidapnya merasa lemas. Emfisema membuat aliran darah tidak lancar karena terjadinya pembekuan darah di sekitar paru-paru, sehingga pengidap efismema mudah mengalami kelelahan.

  1. Gangguan Seperti Benjolan dan Pembengkakan Dada

Ciri emfisema yang bisa dideteksi sejak dini adalah munculnya benjolan dan pembengkakan dada. Cara mendeksinya, perhatikan struktur dada kamu. Jika kondisinya tidak normal, segera lakukan upaya pengobatan dan penanggulangan ya.

  1. Denyut Nadi Melambat

Ini adalah ciri terakhir penyakit emfisema, yaitu denyut nadi melambat. Gangguan sistem pernapasan bisa membuat kerja jantung berkurang sehingga memperngaruhi pasokan oksigen.

(Baca juga: Emfisema Mengintai, Perlu Ketahui Hal Ini)

Jadi ketika kamu sudah menemukan beberapa gejala penyakit emfisema, jangan diam saja. Kamu harus segera memeriksakan diri ke dokter, salah satunya dengan menghubungi dokter ahli melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan diagnosis dan rekomendasi pengobatan. Selain bisa berdiskusi via Voice/Video Call dan Chat, kamu bisa membeli obat/vitamin yang langsung diantar ke tempat tujuan. Jika kamu membutuhkan cek lab, akan ada petugas yang langsung datang langsung ke rumah. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Play Store!