• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Fakta Tentang Mood yang Perlu Diketahui

4 Fakta Tentang Mood yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Suasana hati atau yang disebut juga dengan mood, dapat berubah-ubah setiap saat. Mood sendiri adalah keadaan emosional yang timbul hanya untuk sementara. Pada dasarnya, perasaan ini terbagi menjadi dua, yaitu suasana hati yang baik (good mood) dan suasana hati yang buruk (bad mood). Saat merasa suasana hati sedang buruk, kebanyakan seseorang akan menghindari bertemu orang lain dan memilih sendiri agar lebih baik.

Saat seseorang sedang dalam keadaan bad mood, perasaan yang dirasakan menjadi lebih sulit untuk mengontrol emosi, perasaan yang tidak karuan, hingga tidak dapat berkonsentrasi saat melakukan sesuatu. Di sisi lain, ada juga orang yang kerap mengalami suasana hati yang berubah-ubah setiap saat yang biasa disebut "moody". Untuk mengetahui lebih lengkap tentang beberapa fakta dari mood, baca di sini!

Baca Juga: Mood Tidak Stabil Menandakan Gangguan Kepribadian Ambang

1. Mood Menular

Salah satu fakta tentang mood adalah perasaan ini terbilang menular. Hal ini terjadi karena adanya kecenderungan yang secara tidak sadar dan otomatis meniru emosi yang diekspresikan orang lain. Dengan begitu, perasaan yang sama juga mampu dirasakan saat kamu berdekatan dengan seseorang yang sedang mengalami bad mood. Bukan tidak mungkin perasaan ini akan terbawa tanpa alasan yang jelas. 

Disebutkan jika segala ekspresi dan mimikri yang berhubungan dengan emosional dapat memicu reaksi di dalam otak. Hal ini mampu membuat seseorang menafsirkan ekspresi yang dilihatnya sebagai perasaan yang dirasakan diri sendiri. Maka dari itu, disebut-sebut jika mood dapat menular antar orang, baik good mood maupun bad mood.

2. Cuaca Pengaruhi Mood

Fakta selanjutnya yang perlu diketahui tentang suasana hati adalah cuaca mampu memengaruhi hal tersebut. Suatu penelitian menyebutkan bahwa cuaca cerah berkaitan dengan good mood, sehingga menimbulkan suasana yang lebih riang, daya ingat yang lebih baik, dan pikiran yang lebih terbuka. Hal ini karena saat cuaca cerah, seseorang dapat menghabiskan banyak waktu di luar rumah untuk bertemu teman atau keluarga, serta melakukan aktivitas lainnya.

Namun, jika suasana sedang mendung dan hujan, hal ini biasanya dikaitkan dengan bad mood. Kamu mungkin akan mengingat masa-masa sedih dan suram yang akhirnya perasaan menjadi emosional dan sentimentil. Saat cuaca sedang hujan, ada baiknya menyibukkan diri dengan sesuatu yang positif.

Baca Juga: Mood Seseorang Bisa Diketahui dari Warna Pakaian?

3. Cokelat Memperbaiki Mood

Cokelat dipercaya dapat memperbaiki bad mood seseorang agar berubah menjadi good mood. Ada banyak jenis cokelat yang dapat dikonsumsi, tetapi yang paling ampuh untuk mengembalikan suasana hati menjadi lebih baik adalah cokelat hitam. Hal ini karena kandungan di dalamnya kaya akan antioksidan dan senyawa yang dapat mengembalikan suasana hati menjadi lebih baik, dibandingkan jenis cokelat lainnya.

Pada cokelat hitam, kandungan gulanya terbilang lebih rendah, sehingga cocok untuk kamu yang ingin mengembalikan suasana hati yang buruk atau bad mood, tetapi sedang diet. Namun, kamu tetap harus membatasi jumlah cokelat yang dikonsumsi per harinya untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Disebutkan jika kandungan kafein di dalamnya dapat menimbulkan insomnia apabila dikonsumsi berlebihan.

4. Musik Tertentu Dapat Memperbaiki Mood

Musik memang mampu memperbaiki bad mood, tetapi tergantung jenis musik yang didengarkan. Sebuah studi menyebut jika bad mood seseorang dapat membaik ketika mendengarkan musik klasik layaknya Mozart. Mendengarkan musik yang tepat akan menghasilkan dopamin di otak, sehingga perasaan senang timbul dan efektif meningkatkan mood seseorang.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat yang Bisa Menjadi Mood Booster

Itulah beberapa fakta tentang mood yang perlu kamu ketahui. Jadi, jika sedang merasakan bad mood, kamu bisa mengembalikan suasana hati dengan melakukan beberapa hal yang telah disarankan. Namun, jika suasana hati tidak kunjung membaik dalam waktu yang lama meski sudah melakukan segala hal, ada baiknya untuk mendiskusikannya dengan psikiater atau psikolog di aplikasi Halodoc, ya.


Referensi :
Psychology Today. Diakses pada 2021. Emotions Are Contagious—Choose Your Company Wisely.
WebMD. Diakses pada 2021. Quiz: Myths and Facts About Your Moods.
Science Direct. Diakses pada 2021. The benefits of knowing what you know (and what you don’t): How calibration affects credibility.
American Psychological Association. Diakses pada 2021. Good moods make some superstition-prone.