• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Gaya Hidup Sehat untuk Cegah Stroke di Usia Muda

5 Gaya Hidup Sehat untuk Cegah Stroke di Usia Muda

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
5 Gaya Hidup Sehat untuk Cegah Stroke di Usia Muda

“Penyakit stroke juga berisiko dialami oleh kelompok usia muda. Kabar baiknya penyakit ini dapat dicegah dengan melakukan beberapa gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat, rajin berolahraga, menghentikan kebiasaan merokok, serta tidak berlebihan dalam mengonsumsi alkohol.”

Halodoc, Jakarta – Penyakit stroke menjadi salah satu penyakit yang identik dengan usia lanjut. Padahal, siapa saja bisa mengalami penyakit stroke, termasuk kamu yang masih berusia muda. Stroke adalah gangguan kesehatan yang terjadi akibat pasokan darah ke otak berkurang akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah.

Kabar baiknya penyakit stroke menjadi salah satu penyakit yang dapat dicegah. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, salah satunya menjalani gaya hidup sehat. Nah, simak lebih banyak mengenai gaya hidup sehat yang bisa kamu lakukan untuk cegah stroke di usia muda.

Baca juga: Harus Tahu 4 Penyebab Stroke yang Terjadi di Usia Muda

Gaya Hidup Sehat Cegah Stroke di Usia Muda

Stroke merupakan kondisi darurat yang memerlukan perawatan secara medis dengan baik. Saat mengalami stroke suplai darah menuju otak berkurang dan terganggu. Kondisi ini menyebabkan jaringan pada otak tidak mendapatkan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan sehingga dapat memicu kerusakan bahkan kematian sel pada otak.

Ada beberapa gejala yang menjadi tanda awal dari penyakit stroke di usia muda, seperti kesemutan atau lemas pada tangan, wajah, kaki. Biasanya, kondisi ini dialami pada salah satu bagian saja. Kemudian, stroke juga ditandai dengan kesulitan berbicara, gangguan penglihatan, kehilangan keseimbangan, dan sakit kepala.

Beruntungnya, penyakit stroke menjadi penyakit yang bisa dicegah dengan melakukan gaya hidup sehat. Berikut ini gaya hidup sehat yang bisa kamu lakukan untuk cegah stroke di usia muda:

  1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Meskipun stroke rentan dialami oleh seseorang yang memiliki usia 55 tahun ke atas, tetapi usia muda juga berisiko mengalami hal yang serupa. Mulailah untuk mengonsumsi makanan sehat sejak dini agar kamu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, termasuk stroke.

Memperbanyak asupan buah dan sayuran menjadi cara tepat untuk menghindari penyakit stroke. Selain itu, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan dengan rendah lemak, kolesterol, dan membatasi asupan garam.

Baca juga: Masih Muda, Bisa Juga Kena Stroke

  1. Mengontrol Berat Badan

Jangan abai terhadap kondisi berat badan. Lakukan pengecekan berat badan secara rutin agar kamu bisa mengontrol berat badan dengan baik. Kelebihan berat badan atau obesitas menjadi salah satu pemicu kolesterol, tekanan darah tinggi, hingga diabetes. Ketiganya merupakan penyakit yang dapat memicu stroke.

  1. Rutin Berolahraga

Lakukan olahraga secara rutin. Selain dapat mengoptimalkan kondisi kesehatan tubuh, kamu juga bisa menurunkan risiko obesitas serta penyakit lain yang dapat memicu stroke.

Dalam satu hari minimal lakukan olahraga selama 30 menit secara rutin. Kamu bisa melakukan olahraga ringan, seperti berlari, jalan santai, bersepeda, atau berenang. 

  1. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok membuat kamu berisiko mengalami stroke dua kali lebih besar dibandingkan yang tidak merokok. Hal ini disebabkan berbagai kandungan kimia dalam rokok dalam memicu kerusakan sel dalam tubuh yang memicu penyakit stroke.

Kamu bisa bertanya langsung pada dokter mengenai cara tepat untuk menghentikan kebiasaan merokok. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

  1. Hindari Mengonsumsi Alkohol Terlalu Banyak

Risiko penyakit stroke akan semakin meningkat ketika kamu memiliki kebiasaan berlebihan dalam mengonsumsi alkohol. Sebaiknya perhatikan jumlah alkohol yang kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan tetap optimal.

Baca juga: Hati-Hati, 7 Keluhan Ini Bisa Menandai Stroke Ringan

Itulah gaya hidup sehat yang bisa kamu lakukan untuk cegah stroke di usia muda. Tidak ada kata terlambat untuk memulai gaya hidup sehat. Jadi, jangan ragu untuk mengubah pola makan serta pola hidup menjadi lebih baik agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi:

Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Stroke.

Healthline. Diakses pada 2021. Everything You Need to Know About Stroke.

CDC. Diakses pada 2021. Preventing Stroke: Healthy Living.

Stroke Association. Diakses pada 2021. Smoking and The Risk of Stroke.