23 October 2017

5 Gerakan Yoga Tingkatkan Mood Seharian

5 Gerakan Yoga Tingkatkan Mood Seharian

Halodoc, Jakarta – Suasana hati sedang tidak menentu? Rasa lelah dan bosan akibat rutinitas yang monoton bisa membuat kamu merasa enggak mood melakukan kegiatan. Kalau sudah begini, tentu saja bisa menganggu pekerjaan yang sedang kamu jalani, bukan?.

Biasanya, untuk meningkatkan mood orang akan mencari “pelarian” agar suasana hatinya berubah. Bisa dengan makan, minum, atau melakukan hal yang disukai seperti traveling. Namun kebiasaan makan atau minum bisa membuat kamu menambah berat badan. Sedangkan traveling tidak bisa langsung dilakukan jika kamu terikat dengan pekerjaan.

Cara mudah dan sehat agar suasana hati tetap oke adalah dengan yoga. Kamu hanya perlu matras, musik dari penyanyi idola, dan tempat yang cukup. Dana Trixie Flynn, pendiri, direktur, sekaligus instruktur di Laughing Lotus pun memberikan tips gerakan yoga untuk meningkatkan mood seharian.

Menurut Dana, kata-kata saja bisa mengubah suasana hati dan energi dalam tubuh secara cepat. Semudah bertepuk tangan yang bisa meningkatkan kerja jantung dan membuat tubuh jadi semangat. Dengan menarik nafas sebanyak mungkin, maka paru-paru bisa bekerja dengan lebih baik sehingga darah bisa mendapatkan lebih banyak oksigen. Inti dari yoga adalah melakukan latihan pernapasan, jika kamu melakukannya dengan baik maka bisa mengubah suasan hati kamu seharian, bahkan sepanjang usia, lho.

Untuk melakukan gerakan ini, Dana menyarankan untuk melewati kebiasaan minum kopi di pagi hari dan langsung menggelar matras yoga. Cobalah gerakan yang menurut Dana bisa membantu membuat mood kamu dalam kondisi yang okay seharian.

  • Wild Warrior

Pertama berdiri dengan kaki terbuka lebih lebar dari bahu. Telapak kaki kanan menghadap ke depan dan kaki kiri mengarah ke kiri. Tumpukan berat badan ke kaki kiri kemudian rentangkan tangan ke samping dengan tubuh bagian atas menghadap ke depan. Setelah itu lakukan tepukan tangan dengan menyatukan telapak tangan dan lengan ke arah tangan kiri.

Ketika tangan terbuka tarik nafas dalam kemudian keluarga dan tepukkan tangan. Ulangi gerakan ini 10 kali lalu berganti dengan ke arah sebaliknya (kanan).

  • Powered By Love

Pertama buka kaki selebar bahu (mirip posisi awal squat). Lalu tekuk lutut sedikit sambil menurunkan pinggul. Kemudian liriskan kaki dan silangkan tangan di dada (telapak tangan kanan di bahu kiri dan telapak tangan kiri di bahu kanan). Kemudian angkat kedua tangan ke atas sambil mengucapkan, “POWERED BY LOVE”.

  • Thunder Bolt Twist

Pertama tarik nafas sambil berdiri tegak dan tangan ke atas. Kemudian buang nafas sambil menekuk lutut dan menyatukan tangan (seperti berdoa) menghadap ke kiri membentuk posisi Utkatasana (pose kursi). Ulangi gerakan ini selama 10 kali bergantian menghadap ke kanan.

  • Magic Takes Guts

Pertama, berjongkok dengan kaki lebar seperti posisi squat kemudian angkat tumit sedikit sambil menyatukan tangan seperti berdoa. Kemudian buka lengan, satu ke atas dan satu ke bawah, ulangi bergantian. Jangan lupa mengatur nafas, ya.

  • Breath of Joy

Pertama duduk dengan kaki bersila dan tarik nafas dengan lengan terbuka lebar. Kemudian buang nafas sambil seakan memeluk badan. Ulangi gerakan ini 10 kali.

Yang terpenting dari gerakan yoga dari Dana seperti dikutip dari Prevention ini adalah bagaimana kamu menyesuaikan tarikan nafas sesuai dengan kemampuan kamu. Jadi nikmati gerakannya dan tarik serta buang nafas secara perlahan namun dalam agar tubuh terasa lebih rileks dan nyaman.

Jika kamu mengalami gangguan masalah kesehatan, kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk bicara dengan dokter. Kamu bisa menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa membeli produk kesehatan yang dibutuhkan melalui Halodoc dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.