04 May 2018

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Saat Hamil Tua

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ibu Saat Hamil Tua

Halodoc, Jakarta – Ketika usia kehamilan sudah memasuki trimester ketiga, ibu pastinya senang karena tidak lama lagi sang buah hati tercinta akan lahir ke dunia. Meskipun di usia kehamilan ini kondisi janin sudah semakin kuat di dalam rahim, tapi bukan berarti ibu boleh cuek dan tidak berhati-hati ketika melakukan kegiatan sehari-hari. Ibu dianjurkan untuk tetap menjaga kandungan dengan sebaik-baiknya dengan menghindari 5 hal berikut saat hamil 9 bulan.

1. Melakukan Aktivitas Berat

Walaupun ibu masih diperbolehkan melakukan aktivitas seperti biasanya saat usia kehamilan sudah 9 bulan, sebaiknya tidak terlalu menyibukkan diri. Hindari melakukan kegiatan yang melelahkan seperti membersihkan rumah, mengangkat beban terlalu berat atau berdiri terlalu lama di kantor. Mintalah suami untuk membantu mengerjakan pekerjaan rumah dan mintalah bantuan rekan kerja saat di kantor. Ibu yang sedang hamil tua dianjurkan untuk mengisi waktunya dengan berbagai kegiatan yang ringan saja seperti bersantai di rumah, membaca buku atau berolahraga ringan.

2. Makan Sembarangan

Sejak awal kehamilan, dokter kandungan tentunya sudah memberitahu ibu tentang makanan apa saja yang perlu dihindari selama hamil. Nah, pantangan tersebut tetap perlu ibu patuhi di trimester ketiga ini. Jangan sampai lengah atau tergoda mengonsumsi makanan yang bisa membahayakan janin seperti seafood mentah, ikan bermerkuri, minuman beralkohol maupun yang mengandung kafein. Jadi, perhatikanlah dengan seksama asupan makanan yang ibu konsumsi dan perbanyak makan makanan yang dapat memberi manfaat untuk janin. (Baca juga: 5 Makanan yang Perlu Dihindari Ibu Hamil)

3. Makan Durian

Buah yang harum dan memiliki rasa yang sangat enak ini memang disukai banyak orang termasuk ibu hamil. Bisa saja saat sedang hamil tua, ibu ngidam makan durian. Bila hal itu terjadi, sebaiknya tahan dan lupakan saja rasa ngidam tersebut. Durian sangat berbahaya bagi ibu hamil karena mengandung kolesterol tinggi, alkohol dan asam arachidonat. Bila ibu mengonsumsi buah ini di trimester ketiga, maka dapat menimbulkan risiko perkembangan janin terganggu bahkan menyebabkan keguguran.

4. Melakukan Perjalanan Panjang

Mengingat waktu persalinan sudah semakin dekat dan bayi bisa lahir kapan saja, ibu yang sedang hamil tua sebaiknya menghindari melakukan perjalanan jauh, meskipun dengan naik pesawat sekalipun. Selain itu, perjalanan jauh juga bisa membuat ibu kelelahan sehingga membuat kondisi ibu serta janin menjadi tidak baik.

5. Stres

Menjelang hari melahirkan, wajar saja bila ibu memiliki kekhawatiran tentang kondisi kesehatan janin yang akan dilahirkan sebentar lagi maupun mental yang belum siap untuk menghadapi proses persalinan nanti. Namun, jangan sampai kekhawatiran tersebut membuat ibu jadi stres, ya. Emosi yang ibu rasakan akan sampai juga ke janin, sehingga ketika ibu stres, hal ini bisa berdampak pada kondisi kesehatan janin. Jadi, coba hilangkanlah beban pikiran yang mengganggu ibu dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan dan menenangkan. (Baca juga: 6 Cara Mengatasi Stres Saat Hamil)

Nah, itulah 5 hal yang harus dihindari ibu ketika usia kehamilan sudah memasuki 9 bulan. Ibu dianjurkan untuk menjaga kehamilannya sehingga proses persalinan nanti dapat berjalan lancar. Ibu juga bisa membicarakan kondisi kehamilan dengan dokter lewat aplikasi Halodoc. Hubungi dokter untuk meminta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.