• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Jenis Makanan Agar Bisa Hamil Anak Laki-laki

5 Jenis Makanan Agar Bisa Hamil Anak Laki-laki

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc

Halodoc, Jakarta – Selain menentukan berapa jumlah anak yang ingin dimiliki, sebagian besar pasangan suami istri juga menginginkan anak dengan jenis kelamin tertentu. Biasanya untuk anak pertama, cukup banyak pasangan yang menginginkan anak laki-laki. Selain dengan meminta saran dari dokter, cara agar dapat mendapatkan anak laki-laki adalah dengan memenuhi asupan makanan yang dibutuhkan. 

Memahami Proses yang Menentukan Jenis Kelamin
Gabungan tipe kromosom dari sperma laki-laki dengan tipe kromosom dari sel telur wanita yang menentukan jenis kelamin bayi yang akan dilahirkan nanti. Kombinasi yang membentuk jenis kelamin laki-laki adalah kromosom X dan kromosom Y, sedangkan kombinasi dua kromosom X membentuk jenis kelamin wanita. 

Tiap sel sperma mengandung antara satu kromosom X atau satu kromosom Y. Sementara tiap sel telur wanita mengandung satu kromosom X. Ketika proses pembuahan berlangsung, baik sperma yang mengandung kromosom X maupun Y sama-sama bergerak secepatnya menuju sel telur. Namun hanya ada satu sperma dengan salah satu tipe kromosom yang akan bersatu dengan sel telur dan menjadi janin.

(BACA JUGA: Pengaruh Kromoson Terhadap kemiripan Anak)

Beberapa jenis makanan tertentu dipercaya dapat mengurangi kadar keasaman tubuh dan membuat tubuh lebih bersuasana basa sehingga ramah terhadap sperma berkromosom Y. Yuk, cari tau 5 jenis makanan agar bisa mengandung anak laki-laki:

1.     Sarapan Sereal
Sebuah penelitian dilakukan terhadap 740 orang wanita yang baru hamil. Hasil penelitian tersebut, yang diterbitkan dalam Proceedings of the Royal Society B, menemukan bahwa para wanita hamil yang memakan sereal sebagai sarapan, dan makanan yang kaya akan kalium, serta mengonsumsi lebih banyak kalori perharinya, melahirkan lebih banyak anak laki-laki daripada wanita hamil yang sering tidak sarapan dan mengonsumsi lebih sedikit kalori. 

2.     Buah-buahan yang Asam
Walaupun banyak orang yang beranggapan buah-buahan ini terlalu asam, nyatanya justru bermanfaat untuk memberikan efek alkalizing dalam tubuh, sehingga lebih berpotensi melahirkan bayi laki-laki. Kupas buah-buahan, seperti jeruk, anggur, lemon, dan jeruk nipis yang kaya akan vitamin dan makan buahnya. Atau kamu juga bisa membuat jus dari buah-buahan tersebut, tapi jangan minum jus yang tidak alami yang sering ditemukan di toko-toko minuman.

3.     Pisang
Selain buah-buahan yang asam, buah lainnya yang juga enak dan baik untuk dikonsumsi adalah pisang. Kandungan mineral dan vitaminnya yang tinggi sangat baik untuk tubuh. Pisang juga mengandung potasium, nutrisi yang paling dibutuhkan untuk membantu menjaga agar sperma pria tetap hidup.

(BACA JUGA: Mitos Tanda Hamil Anak Laki-Laki)

4.     Makanan Ringan yang Asin
Makanan yang asin juga bisa meningkatkan kemungkinan hamil bayi laki-laki. Inilah kesempatanmu untuk menikmati seafood, ham, sup kaleng, biskuit asin dan keju jika kamu menginginkan anak laki-laki. Namun, jangan sampai kalap dan mengonsumsi makanan asin secara berlebiha ya, karena dapat membahayakan janin. 

5.     Jamur
Jamur bisa menjadi tambahan makanan yang bergizi, karena merupakan sumber terbaik untuk selenium, kalium, vitamin D dan vitamin B. Nutrisi ini, khususnya kalium dan vitamin D, sangat baik bagi wanita hamil untuk mendapatkan anak laki-laki.

Akan tetapi, jangan batasi makananmu hanya pada makanan-makanan di atas saja. Karena wanita hamil tetap butuh mengonsumsi berbagai jenis makanan bernutrisi lainnya agar tetap sehat dan proses pembuahan terjadi dengan baik.

(BACA JUGA: Fakta Penentuan Jenis Kelamin)

Jika kamu ingin mengetahui seputar kesehatan ibu dan kandungan, jangan ragu untuk membicarakannya dengan dokter di Halodoc. Kamu bisa dengan nyaman bertanya kepada dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Kamu juga bisa membeli suplemen dan vitamin yang kamu butuhkan di Halodoc dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc di App Store dan Google Play sekarang.