• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Jenis Pantangan Makanan Penyakit Jantung
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Jenis Pantangan Makanan Penyakit Jantung

5 Jenis Pantangan Makanan Penyakit Jantung

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 29 September 2022

“Pengidap penyakit jantung sebaiknya menghindari berbagai pantangan makanan. Seperti misalnya mentega, alkohol, hingga daging merah.”

5 Jenis Pantangan Makanan Penyakit Jantung5 Jenis Pantangan Makanan Penyakit Jantung

Halodoc, Jakarta – Penyakit jantung adalah berbagai gangguan kesehatan yang berkaitan dengan sistem kardiovaskuler, utamanya jantung. Kondisi ini bisa terkait dengan gangguan pembuluh darah menuju jantung, gangguan detak jantung, penyakit jantung bawaan, penyakit otot jantung, hingga gangguan katup jantung.

Selain mengelola stres dan rutin berolahraga, kamu juga perlu menjaga asupan makanan yang dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Bahkan, pengidap penyakit jantung memiliki beberapa pantangan makanan yang perlu dihindari agar kesehatan jantung tetap terjaga dengan baik.

Pantangan Makanan bagi Pengidap Penyakit Jantung

Penyakit jantung disebabkan oleh pemicu yang berbeda-beda dan disesuaikan dengan jenis penyakit jantung. Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan seseorang mengalami penyakit jantung. Seperti misalnya tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, kebiasaan merokok, obesitas, hingga kurangnya melakukan aktivitas fisik.

Penyakit jantung dapat menyebabkan berbagai keluhan kesehatan, seperti:

  • Pusing.
  • Napas menjadi lebih pendek.
  • Gangguan irama jantung.
  • Menjadi lebih cepat lelah.
  • Nyeri dada.
  • Pembengkakan pada lengan dan tangan.

Segera lakukan pemeriksaan jika kamu mengalami keluhan kesehatan terkait dengan penyakit jantung. Jika kamu didiagnosis mengalami gangguan pada jantung, sebaiknya perbaiki pola hidup agar kondisi ini tidak semakin memburuk.

Pengidap penyakit jantung pun perlu memerhatikan asupan nutrisi dan vitamin yang dikonsumsi setiap hari. Sebaiknya batasi berbagai jenis makanan yang perlu dihindari agar kondisi kesehatan membaik. 

Berikut ini pantangan makanan bagi seseorang yang mengidap penyakit jantung, yaitu:

  1. Makanan dengan Kandungan Garam dan Gula Tinggi

Asupan gula dan garam yang terlalu tinggi dapat memicu berbagai gangguan kesehatan yang menyebabkan penyakit jantung. Jika kamu didiagnosis mengalami penyakit ini, sebaiknya hindari asupan makanan dengan kandungan tersebut agar kesehatan kamu tetap terjaga dengan baik. 

  1. Daging Merah

Sebaiknya batasi pengonsumsian daging merah, seperti daging sapi, daging kambing, hingga daging babi. Daging merah memiliki kandungan kolesterol lebih tinggi dibandingkan dengan jenis lainnya. Jadi, sebaiknya hindari pengonsumsian daging merah secara berlebihan. 

Selain itu, jika kamu ingin mengonsumsi daging merah, pastikan porsinya tidak berlebihan dan pilihlah daging tanpa lemak.

  1. Makanan yang Diolah dengan Digoreng

Berbagai jenis makanan yang digoreng memang sangat menarik dan sayang untuk dilewatkan. Namun, jika kamu mengalami penyakit jantung, sebaiknya hindari berbagai makanan yang diolah dengan cara digoreng. 

Selain memiliki kandungan lemak jahat yang sangat tinggi, makanan yang digoreng juga memiliki kandungan kolesterol yang berbahaya untuk kesehatan jantung. Kedua kandungan tersebut berisiko menyebabkan penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah akibat munculnya plak.

  1. Alkohol dan Soda

Sebaiknya hindari berbagai makanan dan minuman yang mengandung alkohol di dalamnya. Alkohol dapat menyebabkan gangguan pada otot jantung yang memicu berbagai penyakit. 

Sedangkan, terlalu banyak mengonsumsi berbagai makanan dan minuman yang mengandung soda meningkatkan penyakit diabetes. Penyakit diabetes yang tidak diatasi dengan baik dapat menyebabkan komplikasi pada jantung.

  1. Mentega

Mentega memiliki kandungan lemak jahat yang sangat tinggi sehingga berisiko memicu kolesterol. Kondisi ini tentunya dapat membahayakan penyakit jantung yang sudah kamu alami. Untuk itu, sebaiknya batasi makanan yang mengandung mentega atau butter.

Itulah berbagai jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh pengidap penyakit jantung. Segera tanyakan langsung pada dokter ketika kamu mengalami perburukan gejala pada jantung menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. Everything You Need to Know About Heart Disease.
Healthline. Diakses pada 2022. What Foods Should I Eat and Avoid with Coronary Heart Disease?
Web MD. Diakses pada 2022. Foods That Are Bad for Your Heart.
Penn Medicine. Diakses pada 2022. Avoid These Foods if You Have Heart Failure.