15 April 2018

5 Kesalahan Pilih Takjil Saat Berbuka

5 Kesalahan Pilih Takjil Saat Berbuka

Halodoc, Jakarta – Sebentar lagi, penganut agama islam akan mulai menjalankan salah satu kewajiban mereka, yaitu berpuasa selama satu bulan penuh di bulan ramadan. Momen berbuka puasa pun, entah itu di rumah atau di restoran, akan selalu dijadikan sebagai ajang berkumpul bersama keluarga, teman, atau pasangan.  Kenikmatan meneguk secangkir teh hangat dan mencicipi hidangan khas bulan ramadan adalah kenikmatan yang tidak ada duanya. Namun, terkadang banyak orang yang malah menjadikan buka puasa sebagai ajang balas dendam. Mereka akan memakan apapun yang sudah diidam-idam kan dari siang hari, padahal mengonsumsi sembarang makanan saat berbuka akan mengurangi manfaat puasamu.

Nah, tidak mau kan tubuhmu malah menjadi tidak sehat karena sembarangan mengonsumsi makanan saat berbuka puasa? Berikut ini adalah beberapa kesalahan memilih takjil saat berbuka yang bisa harus kamu hindari:

(Baca juga: Cicip Takjil Ala Timur Tengah untuk Berbuka Puasa)

  1. Terlalu Banyak Minum Air Putih

Banyak orang beranggapan saat berbuka puasa orang harus segera meminum air dalam jumlah banyak untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah seharian berpuasa dan menghilangkan haus. Padahal saat berbuka, tubuhmu juga membutuhkan nutrisi yang lain seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Apabila kamu minum air terlalu banyak, perutmu menjadi penuh, sehingga tidak mampu menampung makanan lain. Selain itu, air putih yang terlalu banyak akan membuatmu mual dan kembung. Maka dari itu, minumlah air putih secukupnya.

  1. Minum Air Dingin Untuk Membatalkan Puasa

Setelah seharian berpuasa, apalagi saat cuaca sedang panas, meneguk air dingin terlihat sangat enak dan pasti menyejukkan. Namun ternyata, meminum air dingin untuk berbuka puasa bukanlah hal yang baik. Air dingin akan mengacaukan perutmu dan membuatnya kram. Agar lebih aman, kamu dapat meminum air hangat untuk membatalkan puasa.

  1. Terlalu Banyak Makan Kurma

Kurma adalah pilihan tepat untuk berbuka puasa, kandungan nutrisi di dalamnya seperti karbohidrat akan mengembalikan energimu secara instan setelah seharian berpuasa. Namun, ada baiknya kamu mengonsumsinya secukupnya. Pasalnya, dalam satu buah kurma ukuran kecil tersimpan kalori sebanyak 30 – 50, sementara ukuran besar tersimpan 70 – 80 kalori. Tidak mau kan berat badanmu semakin naik? Maka dari itu, konsumsilah kurma secukupnya!

  1. Langsung Meminum Kopi, Makanan Pedas, atau Gorengan

Siapa yang tidak tergoda dengan kopi, makanan pedas, dan gorengan tersaji di meja makan saat berbuka puasa? Eitss, kamu harus menunda terlebih dahulu mengonsumsi makanan tersebut, ya. Sebab, ketiga jenis kudapan tersebut akan membuat asam lambungmu semakin naik. Ada baiknya kamu mengonsumsi terlebih dahulu makanan yang mudah dicerna, baru setelah itu kamu bisa memakan 3 jenis kudapan di atas.

  1. Langsung Makan Makanan Berat

Menahan lapar setelah seharian berpuasa kadang membuat banyak orang kalap makan saat berbuka. Mereka akan segera memakan makanan berat setelah menghabiskan takjil. Sistem pencernaanmu yang sebelumnya kosong dan tidak bekerja akan menjadi kaget apabila kamu langsung makan dalam porsi besar. Dampak buruknya, kamu akan kekenyangan dan mengganggu sistem pencernaan. Ada baiknya kamu mengambil jeda terlebih dahulu, dimulai dengan mengonsumsi teh manis hangat dan kurma saat azan magrib berkumandang, kemudian dilanjutkan dengan makan makanan yang lebih berat seusai salat magrib.

(Baca juga: Mual Setelah Makan, Kenapa?)

Nah, kini kamu sudah tahu hal-hal apa saja yang seharusnya dihindari saat berbuka? Selamat menjalankan ibadah puasa ya! Apabila  kamu mengalami gangguan kesehatan, kamu bisa bertanya kepada dokter favorit di aplikasi Halodoc. Kamu bisa menghubungi para dokter melalui layanan Video/Voice Call atau Chat. Ayo, download aplikasi Halodoc di App Store dan Google Play sekarang!