• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Makanan Kaya Vitamin D untuk Tingkatkan Kesehatan Tulang

5 Makanan Kaya Vitamin D untuk Tingkatkan Kesehatan Tulang

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
5 Makanan Kaya Vitamin D untuk Tingkatkan Kesehatan Tulang

“Manfaat vitamin D adalah meningkatkan kesehatan tulang, otot, dan saraf tubuh. Vitamin D tidak hanya bisa didapatkan dari paparan sinar matahari, banyak makanan yang kaya akan vitamin D. Mengonsumsi jamur dan telur bisa membantu mencukupi kebutuhan vitamin D harianmu.”

Halodoc, Jakarta – Vitamin D adalah jenis nutrisi yang diproduksi tubuh ketika kulit terpapar sinar matahari. Manfaat vitamin D baik untuk meningkatkan kesehatan tulang. Kandungan vitamin D tersedia dalam beberapa makanan, terutama pada ikan berminyak dan beberapa jenis jamur. 

Manfaat utama vitamin D adalah membantu menjaga kesehatan tulang, otot, dan saraf tubuh. Ia juga berkontribusi pada sistem kekebalan tubuh yang sehat. Bagi seseorang yang menjalani pola makan vegetarian atau vegan, dan orang yang tidak bisa menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, akan sulit untuk mendapatkan cukup vitamin D.

Pilihan Makanan yang Kaya Vitamin D

Jika kamu khawatir tidak mendapat cukup vitamin D dari sinar matahari langsung, mengonsumsi makanan berikut akan membantu meningkatkan kebutuhan tubuhmu.

  1. Ikan Salmon
ikan salmon

Salmon tidak hanya mengandung protein yang bagus, tapi juga kaya akan vitamin D. Ikan salmon juga mengandung dua omega-3 penting, yaitu asam eicosapentaenoic dan asam docosahexaenoic, yang harus kamu dapatkan melalui makanan. Ikan lainnya, seperti makarel dan sarden, juga memiliki kadar vitamin D yang sama tingginya dengan salmon.

  1. Jamur
jamur

Jika kamu tidak menyukai ikan, atau jika kamu seorang vegetarian atau vegan, jamur tertentu bisa jadi pilihan. Selain itu, beberapa jenis jamur mengandung vitamin D dalam jumlah tinggi.

Baca juga: Ketahui 4 Manfaat Vitamin D untuk Tubuh

  1. Yogurt
Yogurt

Yogurt adalah cemilan yang enak dan nyaman di perut. Jenis susu ini adalah sumber probiotik yang baik untuk usus. Namun, pastikan untuk menghindari varietas yang diperkaya, karena justru mengurangi kebutuhan vitamin D harian sekitar 10 hingga 20 persen. 

  1. Sereal dan Oatmeal
Sereal dan Oatmeal

Sebungkus oatmeal tanpa pemanis yang diperkaya bisa menambahkan dosis kebutuhan vitamin D yang padat ke dalam makanan kamu. Sereal yang diperkaya siap saji biasanya mengandung 40 IU vitamin D per porsi.

Sereal yang diperkaya bisa menjadi makanan yang kaya nutrisi dan berserat tinggi, terutama jika kamu menambahkan susu rendah lemak atau bebas lemak ke mangkuk sereal. Kandungan vitamin D akan bertambah 60 IU per setengah cangkir susu.

Baca juga: Begini Cara Memenuhi Asupan Vitamin D

  1. Telur
telur

Telur tidak hanya mengandung protein dan mineral seperti seng dan selenium. Kuning telur mengandung vitamin D. Satu kuning telur memiliki 41 IU, 10 persen dari nilai harian yang dibutuhkan tubuh. Kamu bisa menjadikan telur sebagai menu sarapan. Namun, pastikan tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Itulah beberapa makanan kaya vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang. Jika kamu masih merasa makanan di atas belum mencukupi kebutuhan vitamin D tubuh, sebaiknya diskusikan dengan dokter melalui aplikasi Halodoc tentang solusi lainnya. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:

Everyday Health. Diakses pada 2021. 10 Vitamin D–Rich Foods to Add to Your Diet

Medical News Today. Diakses pada 2021. What are the best dietary sources of vitamin D?