• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Makanan Pemicu Kolesterol Tinggi yang Harus Dihindari
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Makanan Pemicu Kolesterol Tinggi yang Harus Dihindari

5 Makanan Pemicu Kolesterol Tinggi yang Harus Dihindari

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 12 Mei 2022

Cara mencegah terjadinya kolesterol tinggi, yaitu dengan menghindari makanan pemicunya. Disarankan untuk menghindari seafood, jeroan, dan daging bebek.

5 Makanan Pemicu Kolesterol Tinggi yang Harus Dihindari

Halodoc, Jakarta – Konsumsi makanan tertentu bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi. Maka dari itu, orang dengan riwayat penyakit ini harus lebih waspada. Dengan menghindari jenis makanan penyebab kolesterol, risiko munculnya gejala penyakit juga bisa dikurangi. Jenis makanan yang diketahui bisa menyebabkan kolesterol adalah makanan cepat saji dan keju. 

Jenis makanan ini juga harus dibatasi, bahkan dihindari, oleh orang dengan riwayat penyakit diabetes, stroke, dan penyakit jantung. Secara umum, kolesterol sebenarnya merupakan lemak yang dibutuhkan tubuh. Fungsinya adalah menjaga sel dan jaringan tubuh. Namun, jumlah kolesterol dalam darah tidak boleh melebihi batas normal, terutama kadar “kolesterol jahat”. 

Hindari Makanan Pemicu Kolesterol Tinggi 

Seseorang dikatakan mengalami kolesterol tinggi jika kadar “kolesterol jahat” alias LDL lebih dari 100mg/dL. Faktanya, ada beberapa jenis makanan yang menjadi pemicu kolesterol tinggi, sehingga harus dihindari. Jika memiliki riwayat kolesterol tinggi, sebaiknya batasi atau hindari jenis-jenis makanan berikut: 

  1. Makanan Cepat Saji 

Makanan cepat saji menjadi salah satu penyebab kadar kolesterol meningkat. Jumlah kolesterol yang masuk ke dalam tubuh bisa menjadi lebih tinggi jika konsumsi makanan cepat saji dibarengi dengan minum soda. 

  1. Seafood  

Seafood alias makanan laut juga harus dibatasi. Sebab, beberapa jenis makanan laut, seperti lobster, bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi. Sebagai gantinya, cobalah untuk mengonsumsi jenis makanan laut lainnya, seperti ikan. 

  1. Jeroan 

Pengidap kolesterol tinggi juga harus menghindari konsumsi jeroan atau bagian isi perut dan organ hewan. Ada beberapa jenis makanan yang masuk dalam kelompok jeroan, yaitu otak, usus, dan babat. 

Jika dikonsumsi secara berlebihan, risiko meningkatnya jumlah kolesterol dalam darah akan lebih tinggi, dan bisa menjadi pemicu naiknya asam urat.

  1. Daging Bebek

Makanan penyebab kolesterol selanjutnya adalah daging bebek. Jumlah kolesterol pada daging bebek jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan daging ayam. Dalam 100 gram daging bebek, disebut terkandung hingga 80 mg kolesterol. 

Bagi pencinta daging bebek, tips untuk menurunkan kadar kolesterolnya adalah dengan membuang bagian kulitnya. Pengidap kolesterol tinggi sebaiknya juga tidak mengonsumsi daging sapi secara berlebihan. 

  1. Keju dan Susu 

Kandungan lemak dan kolesterol pada kedua jenis makanan ini harus diwaspadai. Jika dikonsumsi secara berlebihan, keju dan susu dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Namun jangan khawatir, kamu bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi susu dan keju yang rendah lemak. 

Waspada, Ini Gejala Kolesterol Tinggi

Kabar buruknya, kolesterol tinggi sering muncul tanpa disertai gejala apapun. Pengidap penyakit ini terkadang tidak menyadari kondisinya, sampai melakukan pemeriksaan kesehatan. Utamanya, yaitu pemeriksaan kolesterol. Hal ini bisa berbahaya karena kolesterol tinggi yang tidak ditangani dengan tepat bisa memicu terjadinya komplikasi. 

Lantas, kapan harus ke dokter? Ada baiknya, lakukan pemeriksaan kesehatan rutin setiap tahun, atau saat dibutuhkan. Hal ini membantu mengetahui kondisi tubuh dan mendeteksi segera risiko penyakit. Pemeriksaan lebih dianjurkan pada orang yang memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit tertentu, termasuk kolesterol tinggi. 

Cari tahu lebih lanjut seputar makanan pemicu kolesterol tinggi dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call atau Chat. Sampaikan keluhan yang dialami dan dapatkan informasi akurat dari ahlinya. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022.Where Does Cholesterol Come From?
MedicineNet. Diakses pada 2022.Which Seafood Is Highest in Cholesterol?
WebMD. Diakses pada 2022. Foods to Eat and Avoid for High Cholesterol.
Healthline. Diakses pada 2022. Everything You Need to Know About High Cholesterol.