04 May 2018

5 Makanan Pengganti Produk Susu untuk Orang Dewasa

5 Makanan Pengganti Produk Susu untuk Orang Dewasa

Halodoc, Jakarta – Susu memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, seperti kalsium, protein, vitamin A dan vitamin D yang bisa digunakan untuk mendukung pertumbuhan tulang kamu. Sayangnya, tidak semua orang dapat mengonsumsi susu. Ada beberapa orang malah memiliki alergi terhadap susu, tidak menyukai susu atau mereka memang tidak mengonsumsi susu karena bervegetarian. Nah, kalau begini tentu jadi sulit mendapatkan nutrisi dari susu, bukan?

Kamu yang tidak mengonsumsi susu, bisa menemukan nutrisi dalam susu dengan mengonsumsi jenis makanan lain. Makanan-makanan ini jika dikonsumsi memberikan manfaat yang hampir sama baiknya dengan mengonsumsi susu itu sendiri.

  1. Susu Kedelai

Susu kedelai adalah susu yang terbuat dari biji kacang kedelai. Saat kamu mengonsumsi susu kedelai, pastikan kandungan pada susu kedelai mencukupi kebutuhan gizi yang kamu butuhkan. Susu kedelai memiliki kandungan protein hampir sama dengan susu sapi. Selain itu, susu kedelai juga baik untuk kesehatan jantung kamu karena mengandung sedikit lemak jenuh. Dan yang paling penting, susu kedelai tidak menyebabkan alergi karena bebas dri gluten, kasein dan MSG.

  1. Susu Almond

Susu yang berasal dari kacang almond ini juga memiliki kandungan yang serupa dengan susu sapi. Susu almond ini sangat disarankan bagi para vegan maupun vegetarian karena susu ini berbahan dasar kacang-kacangan sehingga sangat aman untuk dikonsumsi. Ditambah kandungan lemak pada susu almond lebih rendah dari susu sapi.

  1. Buah dan Sayuran

Tidak hanya dari susu sapi, kandungan kalsium juga bisa kalian dapatkan dari buah-buahan dan juga sayuran. Alpukat merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan kalsium, 100 gram buah alpukat ternyata mengandung 12 miligram kalsium. Sedangkan jeruk memiliki kandungan kalsium lebih tinggi dari alpukat, 100 miligram jeruk mengandung 50 miligram kalsium. Brokoli menjadi sayuran yang bisa menggantikan susu karena 100 gram brokoli mengandung 118 miligram kalsium untuk tubuh kamu.

  1. Keju

Keju sebenarnya terbuat dari susu yang ditambahkan bakteri atau asam. Banyak cara menikmati keju, kamu bisa menjadikan keju sebagai camilan atau dikombinasikan dengan bahan makanan yang lain. Bagi vegetarian, saat ini keju juga sudah banyak yang terbuat dari kacang-kacangan sehingga sangat aman untuk dikonsumsi. Kandungan nutrisi dan gizinya pun tidak kalah baik dengan keju yang terbuat dari susu sapi.

  1. Ikan

Jika kamu penyuka makanan laut, ternyata ikan juga bisa menjadi makanan pengganti susu. Pada beberapa produk ikan laut, seperti sarden, salmon dan tuna, kandungan kalsium pada makanan ini begitu tinggi. Ikan sarden bisa kamu dapatkan dalam bentuk kalengan atau panggang, biasanya pada 3 ons ikan sarden mengandung kalsium sebanyak 325 miligram. Begitu juga dengan ikan salmon, dalam 3 ons ikan salmon mengandung 180 miligram kalsium. Tidak hanya kalsium yang terdapat pada ikan salmon, kandungan vitamin D pada ikan salmon juga membantu penyerapan kalsium untuk tulang, lho.

(Baca juga: Apakah Orang Dewasa Masih Perlu Divaksin?)

Jangan khawatir asupan gizi kamu akan berkurang karena kamu jarang mengonsumsi susu, ganti saja jadwal minum susu kamu dengan mengonsumsi makanan di atas. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi dari susu bisa digantikan dengan makanan tersebut. Kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc untuk bertanya lebih lanjut. Kamu bisa melakukan Voice/Video Call atau Chat melalui fitur Contact Doctor. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga.