• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Makanan Super yang Baik Dikonsumsi di Awal Kehamilan

5 Makanan Super yang Baik Dikonsumsi di Awal Kehamilan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
5 Makanan Super yang Baik Dikonsumsi di Awal Kehamilan

Halodoc, Jakarta – Pada masa awal kehamilan, sangat penting bagi calon ibu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, salah satunya melalui makanan. Nyatanya, ada beberapa jenis makanan super yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Bukan tanpa alasan, jenis makanan ini disebut bisa menjaga kesehatan ibu hamil dan membantu perkembangan janin yang dikandung. 

Tidak dapat dimungkiri, masa-masa awal kehamilan merupakan saat yang paling penting sekaligus mengkhawatirkan. Pada beberapa calon ibu, kehamilan pada setidaknya tiga bulan pertama mungkin lemah dan rentan mengalami keguguran. Maka dari itu, penting untuk selalu memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian selama hamil.

Baca juga: Ini Bahaya dari Kekurangan Nutrisi Selama Kehamilan

Nutrisi yang Dibutuhkan saat Hamil 

Selama hamil, terutama pada masa awal kehamilan, ada beberapa jenis asupan nutrisi yang penting untuk dipenuhi calon ibu. Tidak hanya untuk memperkuat kandungan, asupan nutrisi tersebut juga bisa membantu perkembangan janin. Ada beberapa jenis nutrisi dalam makanan yang dibutuhkan calon ibu pada masa awal kehamilan, di antaranya: 

1.Sumber Asam Folat 

Salah satu asupan zat gizi yang dibutuhkan ibu hamil adalah asam folat. Kandungan asam folat bisa membantu menurunkan risiko cacat tabung saraf seperti spina bifida, menghindari kelahiran prematur, serta mengurangi risiko terjadinya keguguran. Ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi secara rutin untuk memenuhi asupan asam folat, di antaranya bayam, asparagus, kacang merah, brokoli, wortel, kacang polong, alpukat, dan jagung. Ibu juga bisa memenuhi asupan asam folat dengan mengonsumsi suplemen khusus. 

2.Kalsium 

Ibu hamil juga perlu mendapat asupan makanan yang kaya akan kandungan kalsium. Nutrisi yang satu ini dibutuhkan untuk mendukung perkembangan gigi dan tulang sang buah hati. Ibu bisa mendapatkan asupan kalsium dengan mengonsumsi susu atau produk susu, seperti susu, keju, dan yoghurt. Bayam dan ikan salmon juga bisa menjadi pilihan sumber kalsium untuk ibu hamil. 

Baca juga: 5 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil dan Janin

3.Zat Besi 

Saat hamil, kelelahan menjadi gejala yang umum dialami. Namun hati-hati, hal ini ternyata juga bisa menjadi tanda calon ibu mengalami anemia. Kondisi ini biasanya terjadi karena kurangnya asupan zat besi sehingga menurunkan kadar hemoglobin. Untuk mencegah anemia pada masa awal kehamilan, cobalah untuk mengonsumsi makanan sumber zat besi, seperti daging, kacang-kacangan, dan bayam. 

4.Sumber Serat 

Calon ibu juga membutuhkan asupan serat pada masa awal kehamilan. Asupan nutrisi ini bisa membantu menurunkan risiko ibu hamil mengalami konstipasi alias susah buang air besar. Serat juga bisa membantu menurunkan risiko wasir saat hamil. Ibu bisa mendapatkan asupan serat dengan mengonsumsi makanan seperti buah segar, sayur-sayuran, nasi merah, dan kacang-kacangan. 

5.Protein 

Makanan sumber protein tidak kalah penting dan sebaiknya dimasukkan dalam menu makan harian calon ibu. Protein berperan penting dalam pertumbuhan bayi selama berada di dalam kandungan. Biar kehamilan sehat, cobalah untuk mengonsumsi dua hingga tiga porsi makanan yang kaya akan kandungan protein setiap hari, seperti daging tanpa lemak, telur, daging unggas, atau ikan.

Baca juga: Bumil Wajib Hindari 4 Makanan Ini di Trimester Pertama

Cari tahu lebih lanjut seputar asupan nutrisi dan makanan yang baik dikonsumsi di awal kehamilan dengan bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc. Ibu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call atau Chat. Sampaikan juga keluhan yang dialami selama hamil dan dapatkan rekomendasi terbaik dari ahlinya. Ayo, download aplikasinya sekarang!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Pregnancy diet: Focus on these essential nutrients.
Healthline. Diakses pada 2021. 13 Foods to Eat When You’re Pregnant.
Parents. Diakses pada 2021. Your First Trimester Diet.
Healthline. Diakses pada 2021. The First Trimester of Pregnancy.