05 June 2018

5 Makanan yang Bisa Bikin Asam Lambung Naik Saat Puasa

5 Makanan yang Bisa Bikin Asam Lambung Naik Saat Puasa

Halodoc, Jakarta – Naiknya asam lambung adalah hal yang paling sering dikeluhkan saat berpuasa. Bukan tanpa alasan, terkadang masalah ini terjadi karena pola makan sembarangan dan kebiasaan mengonsumsi makanan yang bisa memicu naiknya asam lambung.

Nyatanya ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari bagi orang-orang yang mengidap sakit mag maupun gastroesophageal reflux disease (GERD). Sebab jika dikonsumsi, makanan tersebut mungkin akan memancing produksi asam lambung yang berlebih. Alhasil, kamu mungkin akan merasakan gejala naiknya asam lambung, seperti nyeri ulu hati, kembung, hingga perasaan seperti terbakar di bawah dada.

Gejala-gejala tersebut biasanya menjadi tanda bahwa adanya produksi asam lambung yang berlebih. Gejala lain dari naiknya asam lambung adalah mulut terasa pahit atau asam, mulai dari tenggorokan dan bertahan selama beberapa waktu. Lantas, apa saja jenis makanan yang bisa menyebabkan naiknya asam lambung?

(Baca juga: Trik Aman Berpuasa untuk Pengidap Gangguan Lambung)

 

  • Gorengan

 

Salah satu pemicu naiknya asam lambung adalah kebiasaan mengonsumsi makanan yang digoreng. Sayangnya, jenis makanan ini masih menjadi favorit untuk menu berbuka puasa. Padahal, kandungan lemak yang tinggi di dalam gorengan bisa menyebabkan refluks asam lambung ke kerongkongan.

Untuk mencegahnya, sebaiknya hindari terlalu banyak mengonsumsi gorengan saat berbuka puasa. Sebagai gantinya, kamu bisa memilih untuk menyantap potongan buah-buahan atau air kelapa murni. Selain lebih sehat, pilihan makan tersebut juga bisa membantu mengganti cairan tubuh yang hilang saat puasa.

 

  • Buah asam

 

Meski dianjurkan, kamu tetap harus memilih jenis buah yang sesuai untuk dikonsumsi saat sahur atau berbuka puasa. Sebaiknya, hindari jenis buah-buahan yang memiliki rasa asam seperti jeruk, atau olahan lain dari buah ini.

Kandungan asam yang terdapat pada buah-buah ini bisa memicu terjadinya rasa mulas pada perut. Pada tingkat yang lebih parah, kamu mungkin juga akan merasa seperti terbakar, dan hal tersebut sangat terkait dengan penyakit mag.

(Baca juga: Asam Lambung Naik Saat Puasa? Begini Cara Mencegahnya)

 

  • Makanan pedas

 

Mengonsumsi makanan yang memiliki rasa terlalu pedas bisa menyebabkan masalah pada pencernaan. Apalagi jika dimakan dalam jumlah yang berlebihan, makanan pedas akan memicu naiknya asam lambung yang memberi rasa mulas pada bagian perut.

Sebaiknya jangan langsung mengonsumsi makanan pedas yang mengandung cabai atau lada saat berbuka puasa. Selain naiknya asam lambung, kebiasaan ini juga bisa menyebabkan pencernaan kacau, pada akhirnya dapat menyebabkan diare.

 

  • Cokelat

 

Siapa yang tak akan tergiur dengan segelas cokelat dingin saat berbuka puasa? Namun ternyata mengonsumsi cokelat saat berbuka puasa adalah hal yang harus dihindari karena dapat menyebabkan naiknya asam lambung.

Cokelat banyak mengandung lemak dan kokoa yang menjadi pemicu utama refluks. Ada juga beberapa kandungan lain yang sebenarnya tidak terlalu ramah dengan lambung dan pencernaan. Maka dari itu, sebaiknya hindari langsung mengonsumsi cokelat saat berbuka puasa.

(Baca juga: 4 Tips Cegah Maag Kambuh Saat Puasa)

 

  • Daging berlemak

 

Mencegah asam lambung naik artinya harus mengurangi konsumsi daging berlemak. Sebab jenis makanan ini ternyata juga merupakan pemicu produksi asam lambung berlebih. Daging penuh lemak biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Hal itu yang kemudian membuat asam lambung naik.

Jika mengalami masalah seputar pencernaan atau asam lambung naik selama puasa, coba bicarakan pada dokter di aplikasi Halodoc. Hubungi dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan tips puasa sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download sekarang di App Store dan Google Play!