08 February 2018

5 Makanan yang Buat Rambut Cepat Panjang

5 Makanan yang Buat Rambut Cepat Panjang

Halodoc, Jakarta – Ungkapan “rambut adalah mahkota perempuan” agaknya ada benarnya. Pasalnya, memiliki rambut yang indah dan sehat adalah hal yang penting bagi sebagian besar perempuan. Tak jarang para wanita rela melakukan segala hal, termasuk menghabiskan uang untuk mendapatkan rambut yang panjang dan terurai indah.

Memiliki rambut yang sehat memang bisa membuat seseorang lebih percaya diri. Tapi tahukah kamu ternyata selain melakukan perawatan, masih ada satu rahasia untuk membuat rambut lebih cepat panjang dan indah. Cepat atau lambatnya pertumbuhan rambut biasanya berbeda antara satu orang dengan lainnya. Namun, ternyata ada beberapa jenis makanan yang jika dikonsumsi bisa membantu rambut tumbuh lebih cepat. Apa saja?

  1. Ayam

Protein nabati adalah salah satu zat yang dibutuhkan untuk mendapatkan rambut yang panjang. Karena zat ini dapat membantu dan mempercepat produksi keratin. Kandungan ini ternyata bisa ditemukan dalam daging ayam.

Selain itu, protein juga merupakan perisai penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Tak hanya bagi rambut, nyatanya banyak mengonsumsi zat gizi ini juga baik untuk menjaga kesehatan kuku dan kulit.

  1. Ikan Salmon

Sama seperti dagin ayam, protein juga dapat ditemukan pada ikan salmon. Selain protein, setiap daging ikan salmon juga mengandung lemak omega 3 yang berkhasiat untuk mengencangkan rambut.

Omega 3 dapat membantu mengurangi risiko rambut patah, rusak dan rontok. Dan dalam waktu yang bersamaan, omega 3 bekerja sama dengan vitamin B12 membuat makanan ini juga dapat membantu rambut tumbuh lebih cepat.

  1. Telur Ayam

Setiap butir telur ayam mengandung banyak zat yang bisa membantu rambut tumbuh lebih cepat. Telur menjadi pilihan makanan yang paling baik untuk memanjangkan rambut secara alami.

Kandungan biotin dalam telur dapat membantu rambut panjang dan sehat lebih cepat terwujud. Agar lebih maksimal, pastikan kamu mengonsumsi semua bagian telur, yaitu bagian putih dan kuning telur.

Telur juga kaya akan vitamin B dan sulfur yang dapat membantu penyerapan zat tersebut. Selain dimakan, ternyata memanjangkan rambut dengan telur juga bisa dilakukan dengan cara lain. Yaitu dengan  menjadikannya masker rambut.

  1. Ubi Jalar

Rutin mengonsumsi ubi jalar dapat menjaga kulit kepala tetap sehat dan kuat. Hal ini tentu baik untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Ubi jalar juga mengandung antioksidan yang disebut beta karoten, yang kemudian oleh tubuh akan diubah menjadi vitamin A untuk melindungi rambut dari kekeringan. Vitamin A dapat merangsang produksi minyak di kepala sehingga kamu akan terhindar dari rambut kering yang bisa memicu masalah lain pada kulit kepala.

  1. Bayam

Menutrisi rambut juga bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi sayruan hijau, salah satunya adalah bayam. Bayam mengandung sejumlah nutrisi-nutrisi seperti vitamin A, zat besi, beta karoten, folat, dan vitamin C.

Semua nutrisi tersebut akan bekerja sama untuk kesehatan kulit kepala. Nutrisi-nutrisi ini pun akan membuat rambut lebih lembab serta tidak kering. Selain panjang rambut tentunya akan lebih sehat.  

Selain lewat makanan, kamu juga harus mengimbangi “kebiasaan baik” lain untuk mendapat rambut yang sehat dan panjang. Seperti rajin mencuci rambut dan menjaganya tetap lembab.

Punya masalah kesehatan dan butuh sara dokter, pakai aplikasi Halodoc. Download di App Store dan Google Play untuk mulai bicara dengan dokter lewat Video/Voice Call dan Chat. Membeli obat, produk kesehatan dan pemeriksaan laboratorium pun sangat mudah dan pesanan akan diantar ke rumah dalam waktu satu jam dengan Halodoc.