13 June 2018

5 Makna Kedutan di Bagian Tubuh

makna kedutan, kedutan dari sisi medis, arti kedutan

Halodoc, Jakarta – Merasakan kedutan di bagian tubuh terkadang menjadi salah satu pengalaman yang kerap dihubungkan dengan mitos-mitos atau pengalaman mistis. Namun nyatanya, kedutan dalam sisi kesehatan diartikan sebagai suatu kondisi ketika otot-otot pada bagian yang kedutan menegang atau terasa seperti ditarik. Kedutan atau dikenal juga dengan istilah twitching memang kerap terjadi di beberapa bagian tubuh seperti kelopak mata, telapak tangan, wajah, dan betis.

Baca juga: Terlalu Sering Minum Soda Sebabkan Gangguan Ginjal?

Sebaiknya jauhkan pikiran kamu mengenai hal-hal mistis atau mitos yang kamu baca mengenai makna kedutan di beberapa bagian tubuh. Sebaliknya, kamu harus waspada terhadap beberapa gejala penyakit yang berisiko kamu alami. Biasanya pada saat kedutan, unit motorik yang dibangun oleh sel-sel neuron pada tubuh memberi sinyal pada otot untuk melakukan kontraksi berulang-ulang tanpa kendali. Inilah yang menyebabkan kedutan biasanya sering terjadi berulang dalam waktu yang berdekatan.

Jika kamu merasakan kedutan pada beberapa bagian tubuh kamu, artinya tubuh kamu mengirimkan beberapa tanda mengenai kondisi tubuh kamu yang harus diperhatikan.

1. Kedutan Bisa Terjadi karena Perasaan Gugup atau Cemas

Kedutan bisa menjadi salah satu tanda bahwa tubuh kamu mengalami perasaan gugup atau cemas. Dengan mengalami perasaan itu, seluruh bagian tubuh kamu mengirimkan tanda dan menangkap sinyal gugup, stres, dan cemas yang kemudian diterima oleh beberapa saraf yang akhirnya bereraksi dengan adanya kedutan di beberapa bagian tubuh kamu. Namun jangan khawatir, biasanya saat gugup, stres, atau cemas hilang, maka biasanya kedutan pada tubuh kamu juga akan berangsur hilang.

2. Mengonsumsi Terlalu Banyak Minuman yang Mengandung Kafein

Mengonsumsi terlalu banyak minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh nyatanya juga bisa membuat kamu merasakan kedutan di beberapa bagian tubuh kamu. Kafein adalah salah satu zat stimulan yang bisa memberikan efek samping. Nah, jika tubuh kamu cukup sensitif apalagi terhadap kafein, kemungkinan otot-otot pada bagian tubuh kamu bisa memberikan efek secara langsung berupa kontraksi pada otot di beberapa bagian tubuh.

3. Kekurangan Nutrisi

Kekurangan nutrisi pada tubuh juga bisa menyebabkan otot melakukan kontraksi, lho, Sehingga, kedutan menjadi tidak terkendali. Jika kamu mengalami kedutan di beberapa bagian seperti kelopak mata, betis, dan bagian tangan, tubuh kamu memberikan sinyal bahwa kamu membutuhkan beberapa asupan nutrisi seperti vitamin D, B6, B12, dan mineral.

4. Dehidrasi

Saat kamu mengalami dehidrasi, kemungkinan tubuh akan memberikan tanda melalui kedutan atau kontraksi otot pada beberapa bagian otot besar seperti pada bagian tangan dan kaki. Sebab, ketika saraf yang terhubung dengan otot tidak mendapatkan asupan sodium dan air yang cukup, saraf tersebut menjadi sangat sensitif dan mengalami kontraksi atau kedutan.

5. Kurang Istirahat

Terjadinya kontraksi otot pada beberapa bagian tubuh kamu juga bisa terjadi karena kelelahan atau kurangnya waktu istirahat. Biasanya, hal tersebut ditandai dengan kedutan di bagian kelopak mata.

Baca juga: 5 Buah yang Ampuh Cegah Dehidrasi

Sebaiknya tetap perhatikan kesehatan dan jangan lupa konsumsi nutrisi dan vitamin yang cukup untuk tubuh kamu. Jika ada keluhan, kamu bisa menghubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa melakukan Voice Call, Video Call, atau Chat dengan dokter ahli dan langsung mendapatkan jawaban mengenai keluhan yang kamu rasakan. Yuk, download di App Store atau Google Play!