18 July 2018

5 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan

Manfaat brokoli untuk kesehatan, brokoli, manfaat brokoli

Halodoc, Jakarta – Meski tidak semua orang menyukai rasanya, brokoli termasuk sumber makanan yang menyehatkan. Ini karena brokoli kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti vitamin, mineral, dan serat. Agar kamu lebih tahu, simak lima manfaat brokoli untuk kesehatan berikut ini, yuk!

Baca juga: 5 Khasiat Sayuran dan Buah Berwarna yang Belum Banyak Diketahui

Kandungan Nutrisi Brokoli

Berikut adalah kandungan nutrisi yang perlu diketahui:

  • Vitamin, antara lain: vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, C, D, E, dan K.
  • Mineral, antara lain: kromium, fosfor, mangan, postassiun, tembaga, magnesium, zinc, zat besi, kalsium, dan selenium.
  • Makronutrien, antara lain: protein, serat, dan asam lemak omega-3.
  • Kandungan lain, seperti sulfur, betakaroten, antioksidan, dan berbagai fitonutrien (zat kimia yang diproduksi oleh tumbuh-tumbuhan).

Manfaat Brokoli untuk Kesehatan

 

 

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Brokoli kaya akan vitamin C. Kandungan inilah yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas) saat kamu mengonsumsi brokoli. Dengan daya tahan tubuh yang baik, kamu bisa terhindari dari berbagai penyakit.

2. Menyehatkan Kulit

 

 

Brokoli banyak dikonsumsi untuk menyehatkan kulit, baik secara langsung atau dalam bentuk jus. Ini hal yang wajar, karena brokoli memang mengandung banyak antioksidan (termasuk vitamin C) yang bisa membantu melawan kerusakan kulit akibat polusi dan paparan sinar matahari. Brokoli juga dipercaya bisa melawan keriput dan membantu memperbaiki tekstur kulit, sehingga membuat kamu tampak lebih muda.

3. Membantu Proses Penurunan Berat Badan

 

 

Jika kamu sedang berencana menurunkan berat badan, tak ada salahnya untuk mengonsumsi brokoli. Sebab, brokoli kaya akan serat yang membuat kamu kenyang lebih lama, sehingga mencegah makan berlebih yang berdampak pada kenaikan berat badan.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

 

 

Kandungan mineral dalam brokoli juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Antara lain: kalium, magnesium, serat, dan asam lemak omega-3 yang bisa membantu menjaga kadar kolesterol jahat dalam tubuh (low density lipoprotein/LDL). Kalium dalam brokoli juga bisa berperan sebagai vasolidator (membuka atau melebarkan pembuluh darah) dan menurunkan tekanan darah dalam tubuh. Hal inilah yang bisa berdampak baik pada kesehatan jantung.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

 

 

Brokoli juga kaya akan kalsium, yaitu jenis mineral yang sangat penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan gigi serta tulang. Sehingga konsumsi brokoli bisa berkontribusi untuk menjaga kepadatan tulang yang lebih sehat, termasuk mencegah osteoporosis.

Cara Menjaga Nurisi dalam Brokoli

Kandungan brokoli perlu dijaga agar kamu bisa mendapat manfaat optimal saat mengonsumsinya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memasak brokoli:

  • Agar kesegaran brokoli terjaga, kamu bisa menyimpan brokoli di dalam kulkas.
  • Bersihkan bagian atas brokoli agar terbebas dari pestisida. Caranya dengan membersihkan dan mencelupkan bagian atas brokoli dalam air garam selama 30 menit dan cuci kembali dengan air dingin.
  • Manfaat terbaik brokoli bisa didapat saat kamu mengonsumsinya dalam keadaan mentah atau disajikan dalam bentuk hidangan salad. Konsumsilah secara segar dan pastikan brokoli sudah dalam keadaan bersih sebelum mengonsumsinya.
  • Jika hendak memasak brokoli, pastikan untuk tidak terlalu lama memasaknya. Batas waktu memasak brokoli antara lain: 20 menit jika menggunakan kompor, 3 menit jika menggunakan oven microwave, dan 5 menit jika memasak brokoli dengan cara menumis. Batas waktu ini bertujuan agar kandungan nutrisi tidak rusak.   

Itulah lima manfaat brokoli untuk kesehatan. Kalau kamu punya pertanyaan lain seputar manfaat brokoli, tanyakan saja pada dokter Halodoc. Kamu bisa bertanya pada dokter Halodoc kapan saja dan dimana saja melalui melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!