• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Bunga Krisan yang Tak Boleh Dilewatkan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Bunga Krisan yang Tak Boleh Dilewatkan

5 Manfaat Bunga Krisan yang Tak Boleh Dilewatkan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 06 Desember 2022

“Karena kaya vitamin dan mineral, ada cukup banyak manfaat bunga krisan untuk kesehatan. Salah satunya adalah menyehatkan jantung.”

5 Manfaat Bunga Krisan yang Tak Boleh Dilewatkan5 Manfaat Bunga Krisan yang Tak Boleh Dilewatkan

Halodoc, Jakarta – Manfaat bunga krisan bagi kesehatan cukup banyak. Krisan adalah tanaman berbunga asli Asia Timur. Bunga yang dapat dimakan ini sering jadi hiasan taman dan pengendalian hama alami, tetapi juga memiliki aplikasi kuliner. 

Bunga krisan kuning atau putih bisa jadi teh herbal dengan berbagai manfaat kesehatan. Kamu bisa membuat teh krisan sendiri di rumah, atau membelinya di supermarket dan toko makanan kesehatan. Yuk ketahui apa saja manfaatnya untuk kesehatan melalui ulasan berikut ini!

Manfaat Bunga Krisan untuk Kesehatan

Vitamin, mineral, dan antioksidan dalam teh bunga krisan dapat memberikan manfaat kesehatan yang penting. Berikut ini di antaranya:

1. Sumber Potassium yang Penting

Kandungan potassium dalam bunga krisan dapat membantu jantung, ginjal, dan organ lain berfungsi dengan baik. Kadar potasium yang cukup dalam tubuh mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, radang sendi, kanker, gangguan pencernaan, dan kemandulan.

2. Mengontrol Tekanan Darah

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, teh krisan dianggap sebagai minuman antihipertensi. Artinya, ini dapat membantu menurunkan tekanan darah. 

3. Membantu Atasi Mabuk

Manfaat bunga krisan lainnya adalah untuk emmbantu atasi mabuk karena alkohol. Minum teh krisan membantu meningkatkan metabolisme alkohol, yang merupakan proses untuk memecah alkohol dan menghilangkannya dari sistem tubuh.

Selain itu, teh krisan juga dapat membantu melindungi hati dari kerusakan yang terkait dengan pemrosesan alkohol. 

4. Perawatan untuk Kutu

Bunga krisan adalah insektisida alami dan obat tradisional untuk kutu. Jika kamu sedang mencari alternatif alami untuk pengobatan kutu, teh bunga krisan dapat membantu.

5. Punya Efek Antibakteri

Minyak esensial dalam bunga krisan memiliki manfaat antibakteri dan antimikroba. Ini dapat membantu mencegah pertumbuhan dan penyebaran bakteri serta mikroorganisme lainnya. 

Meskipun relatif sedikit minyak atsiri tanaman yang masuk ke dalam teh seduhan, mungkin masih efektif dalam melawan infeksi. Sebab, ada cukup banyak kandungan mineral lain di dalamnya. 

Adakah Efek Sampingnya?

Meski manfaat bunga krisan cukup banyak, tetap ada risiko efek samping yang perlu kamu waspadai. Terutama jika kamu memiliki kecenderungan untuk mengalami reaksi alergi. 

Kamu mungkin mengalami ruam kulit (dermatitis kontak), termasuk kemerahan, bengkak, atau gatal. Kamu juga mungkin mengalami peningkatan kepekaan terhadap sinar matahari dan peningkatan kemungkinan terkena sengatan matahari. 

Selain itu, kamu sebaiknya tidak minum teh bunga krisan jika sedang mengonsumsi obat untuk menekan sistem kekebalan tubuh atau jika alergi terhadap ragweed.

Tak hanya itu, tidak ada cukup bukti untuk mengetahui bahwa mengonsumsi bunga krisan dalam jangka panjang itu aman. Jadi, sebaiknya jangan mengonsumsi teh bunga ini dalam jangka panjang.

Cara Membuat Teh Bunga Krisan

Karena manfaat bunga krisan cukup banyak, kamu perlu tahu cara mengolahnya. Teh bunga krisan sangat mudah dibuat. Jika menggunakan bunga krisan yang kamu tanam sendiri, petik bunganya.

Lalu biarkan mengering selama beberapa hari di tempat yang cerah atau gunakan dehidrator makanan. Kalau tidak mau repot, kamu juga bisa membeli bunga krisan kering di makanan kesehatan dan bahan makanan Asia.

Rebus air dan biarkan dingin selama sekitar satu menit. Kemudian masukkan 3-6 bunga kering untuk satu cangkir air. Biarkan terendam selama beberapa menit dan tambahkan madu sebagai pemanis. 

Itulah pembahasan mengenai manfaat bunga krisan untuk kesehatan. Jika kamu mengalami reaksi efek samping setelah mengonsumsi bunga ini, segera download Halodoc untuk membuat janji rumah sakit dengan dokter.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. How Chrysanthemum Tea Benefits Your Health.
Very Well Fit. Diakses pada 2022. Chrysanthemum Tea Benefits and Side Effects.
WebMD. Diakses pada 2022. Health Benefits of Chrysanthemum Tea.