• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Daun Meniran untuk Kesehatan Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Manfaat Daun Meniran untuk Kesehatan Tubuh

5 Manfaat Daun Meniran untuk Kesehatan Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 11 Agustus 2022

“Ada beberapa manfaat yang dipercaya dapat diperoleh dari daun meniran. Mulai dari membantu mengatasi batu ginjal, hingga berpotensi menurunkan tekanan darah.”

5 Manfaat Daun Meniran untuk Kesehatan Tubuh5 Manfaat Daun Meniran untuk Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Daun meniran yang yang dikenal dengan nama ilmiah Phyllanthus niruri, merupakan tanaman liar yang mudah ditemukan di alam bebas atau jalanan. Daun ini diketahui memiliki bentuk daun yang bulat berukuran kecil dan sekilas terlihat serupa dengan putri malu.

Nah, perlu diketahui kalau daun meniran kerap dipergunakan untuk pengobatan tradisional. Sebab, daun ini dikabarkan memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, kira-kira apa saja ya manfaat daun meniran untuk kesehatan tubuh? Yuk, simak ulasannya di sini!

Manfaat Daun Meniran untuk Kesehatan Tubuh 

Terdapat beberapa manfaat yang dipercaya dapat diperoleh dari daun meniran, antara lain: 

1. Membantu Mengatasi Batu Ginjal 

Batu ginjal merupakan kondisi yang terjadi akibat adanya penggumpalan materi keras menyerupai batu di dalam ginjal. Perlu diketahui bahwa penggumpalan yang menjadi batu ginjal berasal dari mineral dan garam. Selain itu, kondisi ini ditandai dengan beberapa gejala seperti sering buang air kecil, munculnya rasa sakit saat buang air kecil, hingga urin yang keluar hanya sedikit. 

Nah, daun meniran kerap dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengatasi batu ginjal. Sebab, ekstrak daun Phyllanthus niruri yang bersifat basa dikabarkan dapat mencegah serta mengatasi batu ginjal yang bersifat asam.

2. Mengatasi Tukak Lambung

Manfaat daun meniran selanjutnya adalah dapat mengatasi tukak lambung. Sebab, ekstrak daun meniran dikabarkan dapat membunuh bakteri penyebab sakit tukak lambung (Helicobacter pylori) pada sebuah penelitian tabung reaksi. Kendati demikian, penelitian lebih mendalam terutama pada manusia, masih perlu dilakukan guna menguji efektivitasnya. 

3. Meningkatkan Fungsi Hati  

Berkat kandungan antioksidannya, daun meniran diduga kuat dapat meningkatkan fungsi hati. Selain itu, daun Phyllanthus niruri juga diyakini dapat membantu melindungi hati dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Nah, radikal bebas sendiri merupakan senyawa tidak stabil yang dapat menyebabkan kerusakan ketika kadarnya terlalu tinggi pada tubuh. 

Menariknya lagi, penelitian pada hewan dan tabung percobaan yang dipublikasikan pada 2016 silam juga menunjukkan hasil yang menarik. Penelitian ini menemukan bahwa ekstrak tanaman meniran dapat membantu mengobati hepatitis B, yaitu infeksi virus dan peradangan hati. 

4. Membantu Meredakan Asam Urat

Serangan asam urat dapat terjadi ketika kadar asam urat yang tinggi menumpuk di dalam darah. Nah, suplemen daun meniran dikabarkan dapat membantu menyeimbangkan tingkat asam urat, sekaligus mencegah munculnya serangan kondisi ini. 

Bahkan, sebuah studi yang dipublikasikan pada U.S. National Library of Medicine pada tahun 2016 silam juga menunjukkan hasil menarik. Studi ini menjelaskan bahwa beberapa penelitian pada hewan menunjukkan penurunan kadar asam urat, pada hewan yang diberikan suplemen ekstrak Phyllanthus niruri. 

5. Berpotensi Menurunkan Tekanan Darah 

Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa daun meniran dapat membantu mengendurkan pembuluh darah. Hal ini pada akhirnya dapat mendorong penurunan tekanan darah pada tubuh. Namun, selayaknya beberapa manfaat yang potensial lainnya, manfaat daun meniran dalam menurunkan tekanan darah juga masih perlu diteliti lebih lanjut pada manusia. 

Itulah beberapa manfaat potensial daun meniran bagi kesehatan tubuh. Mulai dari membantu mengatasi batu ginjal, mengatasi tukak lambung, meningkatkan fungsi hati, membantu meredakan asam urat, hingga berpotensi menurunkan tekanan darah. 

Meski potensial, tapi beberapa manfaat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut, terutama pada manusia. Selain itu, hindari juga mengonsumsi daun meniran dalam jumlah yang berlebihan. 

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar manfaat daun meniran, segeralah tanyakan hal ini ke dokter. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter terpercaya untuk mendapatkan informasi kesehatan yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 

Healthline. Diakses pada 2022. Chanca Piedra: Benefits, Dosage, Side Effects, and More. 
NIH. Diakses pada 2022. The pharmacological potential of Phyllanthus niruri. 
Merdeka. Diakses pada 2022. 10 Manfaat Meniran untuk Kesehatan, Cegah Virus hingga Jaga Daya Tahan Tubuh.